home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Manfaat Labu Siam, dari Menurunkan Darah Tinggi Sampai Cegah Kanker

7 Manfaat Labu Siam, dari Menurunkan Darah Tinggi Sampai Cegah Kanker

Di balik warnanya yang hijau, labu siam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Kabar baiknya, sayuran yang punya getah ini mudah ditemukan di pasaran dan mudah diolah menjadi beragam masakan, entah dibuat sayur asam, ditumis, dibuat sayur bening, dan lainnya. Penasaran apa saja kandungan gizi labu siam sehingga membuatnya punya beragam manfaat baik? Berikut ulasannya.

Kandungan nutrisi labu siam

resep sayur labu siam

Sechium edule, atau yang lebih dikenal dengan labu siam, adalah salah satu jenis sayur yang sering dimakan masyarakat Indonesia.

Sayuran ini dapat langsung dinikmati dengan cara direbus bersama kulitnya maupun diolah menjadi berbagai masakan dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Rasanya yang enak dan manis membuat sayuran ini mudah untuk diolah. Selain itu, sayuran ini memiliki manfaat kesehatan yang tidak kalah banyak dengan jenis sayuran lainnya.

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat labu siam, pahami terlebih dahulu kandungan di dalamnya.

Berikut kandungan nutrisi di dalam 100 gram (g) labu siam:

  • Air: 92,3 g
  • Energi: 30 kalori (Kal)
  • Protein: 0,6 g
  • Lemak: 0,1 g
  • Karbohidrat (CHO): 6,7 g
  • Serat: 6,2 g
  • Abu (ASH): 0,3 g
  • Kalsium (Ca): 14 miligram (mg)
  • Fosfor (P): 25 mg
  • Besi (Fe): 0,5 mg
  • Natrium (Na): 3 mg
  • Kalium (K): 167,1 mg
  • Tembaga (Cu): 0,16 mg
  • Seng (Zn): 1,0 mg
  • Beta-Karoten: 48 mikrogram (mcg)
  • Karoten Total (Re): 20 mcg
  • Thiamin (Vit. B1): 0,02 mg
  • Niasin (Niacin): 0,6 mg
  • Vitamin C (Vit. C): 18 mg

Selain padat kandungan karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral, labu siam juga kaya kandungan folat yang membantu pembentukan sel dan sintesis DNA.

Selain itu, sayuran ini juga nyatanya mengandung sejumlah kecil antioksidan poliponon, aglikon, flavonoid yang sangat penting dalam membantu memerangi radikal bebas.

Manfaat labu siam bagi kesehatan

Labu siam adalah salah satu jenis sayuran yang rendah kalori karena tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh.

Oleh karena itu, sayuran ini sering direkomendasikan bagi orang yang ingin menurunkan kolesterol dan mengurangi berat badan.

Berikut beberapa manfaat labu siam yang perlu Anda ketahui:

1. Baik untuk wanita hamil

Kandungan folat (vitamin B9) dalam labu siam sangat bagus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu selama kehamilan.

Kekurangan folat saat kehamilan akan menyebabkan masalah kesehatan bagi bayi seperti, cacat tabung saraf, masalah jantung, malformasi ekstremitas, bahkan keguguran.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menjaga kesehatan tubuh Anda dan janin, sebaiknya masukkan labu siam ke dalam menu makanan harian Anda.

2. Menjaga kolesterol

kolesterol normal

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, labu siam mengandung sedikit kalori dan tidak ada lemak jenuh atau kolesterol.

Hal ini menjadikan labu siam sebagai salah satu makanan yang baik untuk menjaga agar kadar kolesterol Anda berada di batas normal.

Dikutip dari Mayo Clinic, kolesterol tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah sehingga menyulitkan darah mengalir melalui arteri.

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

3. Mengontrol tekanan darah tinggi

hipertensi pulmonal

Manfaat labu siam lainnya adalah membantu Anda mengontrol tekanan darah karena memiliki sifat diuretik yang ringan.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Pharmaceutical Biology membuktikan manfaat labu siam tersebut pada hewan percobaan.

Hasilnya, senyawa pada labu siam dapat membantu mengendurkan pembuluh darah sehingga meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah.

4. Membantu mengatasi anemia

pencegahan anemia

Kekurangan zat besi dapat membuat seseorang rentan mengalami anemia.

Salah satu penyebab anemia adalah kurangnya asupan zat besi dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari.

Menariknya, ternyata labu siam mengandung cukup zat besi sehingga berpotensi membantu mengatasi anemia.

Ini karena kandungan zat besi dalam labu siam dapat membantu agar hemoglobin bisa mengikat oksigen. Nah, dengan makan sayuran ini, gejala anemia mungkin bisa Anda hindari.

5. Menangkal radikal bebas

manfaat vitamin c

Labu siam adalah sumber vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan sendiri adalah zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain menangkal radikal bebas, kandungan vitamin C dalam labu siam membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas penyebab penuaan dini.

Singkatnya, manfaat labu siam ini berpotensi untuk membantu Anda terlindung dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

6. Antikanker

cara mencegah pencegahan kanker lambung perut

Seperti yang telah disebutkan, kandungan antioksidan flavonoid poli fenolik pada labu siam bisa mengikat radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Radikal bebas ini bisa memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients menyebutkan bahwa senyawa yang terdapat pada labu siam berpotensi menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Itu sebabnya, salah satu manfaat makan labu secara rutin yakni berpeluang untuk membantu mencegah penyakit kanker.

7. Merawat kesehatan organ hati

cara menjaga kesehatan hati

Manfaat labu siam selanjutnya adalah membantu merawat kesehatan organ hati Anda. Khasiat labu siam ini telah dibuktikan dalam beberapa penelitian.

Journal of Agricultural and Food Chemistry menampilkan sebuah pengamatan tentang manfaat ekstrak labu siam terhadap kesehatan hati melalui percobaan di laboratorium.

Hasilnya, labu siam memiliki potensi sebagai makanan sehat untuk mencegah dan menyembuhkan lemak hati.

Pada intinya, labu siam merupakan makanan yang sangat mudah untuk disajikan, terlebih manfaat yang ada di dalamnya begitu beragam.

Anda bisa langsung makan bersama kulitnya setelah direbus ataupun diolah menjadi masakan terlebih dahulu.

Tidak ada efek samping khusus akibat konsumsi labu siam. Namun, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter jika Anda mengalami gejala mengkhawatirkan setelah makan sayuran ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda . (2021). Retrieved 19 February 2021, from http://panganku.org/id-ID/semua_nutrisi

Chayote, fruit, raw. (2021). Retrieved 19 February 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/170402/nutrients

Folate for pregnant women. (2021). Retrieved 19 February 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/folate-for-pregnant-women#

High cholesterol – Symptoms and causes. (2021). Retrieved 19 February 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/symptoms-causes/syc-20350800

Ibarra-Alvarado, C., Rojas, A., Mendoza, S., Bah, M., Gutiérrez, D., Hernández-Sandoval, L., & Martínez, M. (2010). Vasoactive and antioxidant activities of plants used in Mexican traditional medicine for the treatment of cardiovascular diseases. Pharmaceutical Biology, 48(7), 732-739. doi: 10.3109/13880200903271280

Salazar-Aguilar, S., Ruiz-Posadas, L., Cadena-Iñiguez, J., Soto-Hernández, M., Santiago-Osorio, E., & Aguiñiga-Sánchez, I. et al. (2017). Sechium edule (Jacq.) Swartz, a New Cultivar with Antiproliferative Potential in a Human Cervical Cancer HeLa Cell Line. Nutrients, 9(8), 798. doi: 10.3390/nu9080798

Aguiñiga-Sánchez, I., Soto-Hernández, M., Cadena-Iñiguez, J., Ruíz-Posadas, L., Cadena-Zamudio, J., & González-Ugarte, A. et al. (2015). Fruit Extract from ASechium eduleHybrid Induce Apoptosis in Leukaemic Cell Lines but not in Normal Cells. Nutrition And Cancer, 67(2), 250-257. doi: 10.1080/01635581.2015.989370

Carr, A., & Maggini, S. (2017). Vitamin C and Immune Function. Nutrients, 9(11), 1211. doi: 10.3390/nu9111211

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Fajarina Nurin
Tanggal diperbarui 25/03/2021
x