Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Mengulik Kandungan dan Manfaat Kurma Sukari

    Mengulik Kandungan dan Manfaat Kurma Sukari

    Pernahkah Anda mendengar nama kurma sukari? Kurma sukari merupakan salah satu jenis kurma yang memiliki rasa sangat manis dengan daging yang lembut. Tak hanya manis dan lezat, kurma sukari juga punya banyak manfaat.

    Lantas, apa saja kandungan di dalam kurma yang satu ini dan sederet manfaatnya bagi kesehatan? Yuk, simak!

    Kandungan nutrisi dalam kurma sukari

    kurma untuk diabetes

    Nama “sukari” berasal dari Bahasa Arab, yakni “sukkur” yang berarti gula. Di Arab Saudi sendiri, kurma sukari adalah salah satu jenis kurma dengan kualitas premium dan cukup terkenal.

    Secara umum, buah kurma merupakan sumber antioksidan dan asam amino yang baik.

    Itu sebabnya, sama seperti buah-buahan lainnya, kurma juga baik bagi kesehatan sistem pencernaan, termasuk kurma sukari.

    Bahkan, ketimbang pisang, kandungan kalsium, zat besi, dan magnesium di dalam kurma bisa lebih banyak.

    Kurma sukari memang mengandung banyak gula. Namun, buah yang satu ini bisa menjadi sumber energi dan serat yang baik.

    Berikut berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalam kurma sukari:

    • Karbohidrat
    • Protein
    • Lemak
    • Serat
    • Kalium
    • Asam amino
    • Karotenoid
    • Flavonoid
    • Antioksidan

    Kurma ini pun menyumbang cukup banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

    Melihat berbagai kandungan nutrisi tersebut, tak heran kalau jenis kurma yang satu ini bermanfaat bagi kesehatan.

    Beragam manfaat kurma sukari

    kurma buah penambah darah

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kurma adalah pilihan camilan sehat yang kaya sumber energi, vitamin, dan mineral.

    Begitu pula sukari yang ternyata merupakan sumber energi dan serat yang baik.

    Bahkan, menurut Journal of Food Science and Technology, kurma sukari dinilai bergizi dan baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh.

    Berikut beberapa manfaat kurma sukari berdasarkan zat gizi yang dimiliki.

    1. Sumber energi

    Kurma khas dengan rasa manisnya, termasuk pada jenis kurma ini. Rasa manis dari gula alami yang ada di dalam sukari tak sekadar memberi cita rasa, tapi juga menawarkan energi.

    Ya, ketika dimakan, gula alami yang ada di dalam buah kuma akan diserap oleh sistem pencernaan, kemudian digunakan sebagai sumber energi oleh sel-sel tubuh.

    Sama halnya dengan kandungan karbohidrat di dalam sukari yang juga dimanfaatkan sebagai sumber tenaga.

    Tanpa adanya asupan gula dan karbohidrat, tubuh harus mencari sumber energi alternatif sehingga menggunakan badan keton (zat yang diproduksi oleh hati) sebagai bahan bakar.

    Ketika sudah dalam kondisi ini, artinya tubuh sedang dalam keadaan lapar.

    2. Menjaga tekanan darah tetap stabil

    Bagi Anda yang punya tekanan darah tinggi atau tidak tapi ingin menjaganya agar tetap baik, coba perbanyak makan makanan sumber kalium.

    Ini karena kandungan kalium dapat menurunkan efek natrium yang bisa memicu risiko tekanan darah tinggi (hipertensi).

    Bahayanya, tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko terserang penyakit penyakit jantung, gagal ginjal, hingga stroke.

    Salah satu makanan sumber kalium yang bisa jadi pilihan adalah kurma sukari. Semakin banyak asupan kalium, akan semakin banyak pula peluang natrium keluar dari tubuh melalui urine.

    Tak berhenti sampai di situ, kalium juga membantu mengurangi dinding pembuluh darah yang tegang sehingga akhirnya menurunkan tekanan darah tinggi.

    3. Mengoptimalkan kesehatan pencernaan

    Kandungan serat di dalam buah kurma sukari juga punya manfaat, lho!

    Selain menjaga kesehatan sistem pencernaan, serat di dalam jenis kurma ini dapat membantu menahan rasa lapar lebih lama dan menjaga gula darah.

    Menariknya lagi, manfaat serat di dalam kurma sukari turut menurunkan risiko berkembangnya berbagai penyakit. Penyakit tersebut termasuk penyakit jantung, diabetes, hingga sembelit.

    Hal ini karena di dalam usus, serat menghasilkan efek anti-inflamasi (antiperadangan) yang mampu mengurangi risiko munculnya peradangan kronis pada tubuh.

    4. Menjaga kesehatan tulang

    Di antara berbagai mineral yang ada di dalam kurma sukari, beberapa kandungan yang tertinggi yakni kalium, kalsium, dan magnesium.

    Ketiganya baik untuk menjaga kesehatan tulang dan metabolisme tubuh Anda. Asupan kalsium pun penting untuk jantung, otot, dan saraf agar bisa berfungsi dengan baik.

    Sementara magnesium juga berperan penting untuk, menghasilkan energi, menjaga tekanan darah dan gula darah hingga fungsi normal tubuh seperti kontraksi otot dan detak jantung.

    5. Mencegah radikal bebas

    Di awal sempat disebutkan kalau jenis kurma ini mengandung antioksidan.

    Kabar baiknya, antioksidan dapat membantu melindungi tubuh Anda dari serangan radikal bebas.

    Radikal bebas sendiri adalah molekul yang dihasilkan saat tubuh memproses makanan atau ketika Anda terpapar asap tembakau maupun radiasi.

    Nah, antioksidan yang didapat dari makanan, termasuk kurma sukari, berperan penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan lainnya.

    6. Mengoptimalkan fungsi tubuh

    Selain berbagai manfaat yang sudah dijabarkan sebelumnya, manfaat kurma sukar juga bagus untuk mengoptimalkan berbagai fungsi tubuh.

    Ini misalnya mendukung sistem kekebalan tubuh serta membangun otot-otot. Jenis kurma yang satu ini juga rendah kalori dan kaya kandungan fitonutrien.

    Hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi kurma sukari

    manfaat kurma untuk ibu hamil

    Ada berbagai cara mengonsumsi kurma sukari yang bisa Anda pilih, seperti dimakan langsung maupun icampur bersama oatmeal.

    Meski lezat, penting untuk tetap memerhatikan jumlah kurma yang Anda konsumsi.

    Mengingat kandungan gulanya yang tidak sedikit, terlalu banyak mengonsumsi kurma dapat membuat kadar gula darah Anda meningkat pesat.

    Hal ini perlu dihindari terutama bagi orang-orang dengan penyakit diabetes mellitus. Selain itu, kandungan kalium di dalam kurma bila dikonsumsi terlalu banyak juga bisa memicu gangguan ginjal.

    Sebab, kerja ginjal jadi kurang optimal untuk mengeluarkan kalium dari darah. Alhasil, kalium menumpuk di dalam ginjal dan dapat memicu penyakit.

    health-tool-icon

    Kalkulator Kebutuhan Kalori

    Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Fiber. Retrieved 9 September 2022, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/carbohydrates/fiber/

    How Potassium Can Help Control High Blood Pressure. Retrieved 9 September 2022, from https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/changes-you-can-make-to-manage-high-blood-pressure/how-potassium-can-help-control-high-blood-pressure

    Hipertensi, Penyakit Jantung, dan Pembuluh Darah. Retrieved 9 September 2022, from http://p2ptm.kemkes.go.id/informasi-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah

    Facts About Sugar and Sugar Substitutes. Retrieved 9 September 2022, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/facts-about-sugar-and-sugar-substitutes

    7 Foods that are High in Magnesium. Retrieved 9 September 2022, from https://health.clevelandclinic.org/foods-that-are-high-in-magnesium/

    Antioxidants. (2022). Retrieved 9 September 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/multimedia/antioxidants/sls-20076428

    Aljutaily, T., Barakat, H., Moustafa, M., & Rehan, M. (2021). Incorporation of Sukkari Date in Probiotic-Enriched Fermented Camel Milk Improves the Nutritional, Physicochemical, and Organoleptical Characteristics. Fermentation8(1), 5. doi: 10.3390/fermentation8010005

    Siddeeg, A., Zeng, X., Ammar, A., & Han, Z. (2018). Sugar profile, volatile compounds, composition and antioxidant activity of Sukkari date palm fruit. Journal Of Food Science And Technology56(2), 754-762. doi: 10.1007/s13197-018-3534-y

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 3 weeks ago
    Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita
    Next article: