backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Mengulik 10 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Fidhia Kemala · Tanggal diperbarui 17/04/2024

Mengulik 10 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Kacang panjang tentu buka nama sayuran yang terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Konon katanya, salah satu manfaat kacang panjang adalah memperbesar ukuran payudara. Apakah benar? Cari tahu khasiat kacang panjang untuk kesehatan dalam ulasan ini.

Kandungan nutrisi dalam kacang panjang

Kacang panjang umumnya diolah menjadi tumisan atau dicampurkan ke dalam sayur.

Meskipun jarang disajikan sebagai hidangan utama, makan kacang panjang bisa melengkapi kebutuhan gizi harian Anda.

Berdasarkan informasi Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram (g) kacang panjang kukus terdapat komposisi gizi berikut.

  • Kalori: 39 kkal.
  • Air: 88.2 gram (g).
  • Protein: 3 g.
  • Serat: 1,7 g.
  • Karbohidrat: 7,6 g.
  • Vitamin C: 20 miligram (mg).
  • Kalsium: 100 mg.
  • Beta karoten: 131 mikrogram (mcg).
  • Kalium: 100 mg.
  • Fosfor: 91 mg.
  • Natrium: 28 mg.
  • Vitamin B2 (Riboflavin): 0,1 mg.
  • Niasin: 0,3 mg.

Berdasarkan kandungan zat gizinya, kacang panjang memiliki sejumlah antioksidan yang penting untuk tubuh, seperti vitamin C, riboflavin, dan beta-karoten.

Selain itu, kacang panjang segar merupakan salah satu sumber vitamin B9 atau folat terbaik. Setiap 100 gram kacang panjang mengandung 62 mg folat, setara 15% dari total kebutuhan folat harian.

Manfaat kacang panjang untuk kesehatan

resep bobor lembayung daun kacang panjang

Kandungan gizi kacang panjang tak hanya bisa membantu mencukupi kebutuhan gizi harian, tetapi juga berpotensi memberikan beragam manfaat.

Berikut adalah berbagai khasiat yang bisa Anda peroleh dengan makan kacang panjang.

1. Meringankan nyeri haid

Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan mineral mangan yang terdapat pada kacang panjang. Mangan merupakan mineral yang berperan penting dalam siklus reproduksi wanita.

Kandungan mangan pada kacang panjang dapat membantu meringankan rasa sakit karena kram perut selama menstruasi (dismenore).

Hal ini tentunya akan memperbaiki mood atau suasana hati Anda saat mengalami menstruasi.

2. Menyehatkan kulit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kacang panjang mengandung salah satu vitamin esensial, yaitu vitamin C.

Konsumsi vitamin C dapat mengurangi munculnya keriput, mengatasi kulit kering dan kemerahan, serta memperlambat proses penuaan.

Selain itu, menu makanan yang kaya vitamin C, seperti kacang panjang, punya manfaat untuk mencegah perkembangan kanker kulit.

3. Baik untuk kesehatan jantung

jantung

Satu porsi kacang panjang (100 gram) mampu mencukupi kebutuhan serat harian Anda hingga 12 persen.

Nah, kandungan serat larut yang dalam kacang panjang dapat membantu menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.

Itu sebabnya, kacang panjang berkhasiat untuk membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal.

Bukan hanya itu, manfaat kacang panjang juga mengurangi peradangan di pembuluh darah dan membantu menjaga kesehatan jantung.

4. Mencegah kanker

Kacang panjang mengandung sederet antioksidan nabati, termasuk flavonoid, dan riboflavin (vitamin B2).

Dua senyawa tersebut diketahui dapat berpotensi mengurangi pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Di samping itu, kacang panjang tinggi asam folat. Tubuh yang kekurangan asam folat berisiko menyebabkan pertumbuhan sel kanker pada usus besar, payudara, serviks, paru-paru, dan kanker otak.

5. Mengurangi risiko asam urat

Manfaat ini masih berkaitan dengan kandungan vitamin C pada kacang panjang. Vitamin C adalah antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas, polusi, dan bahan kimia beracun.

Penumpukan radikal bebas dapat menyebabkan sejumlah penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan artritis (radang sendi).

Nah, peradangan sendi yang tidak diobati dapat berujung pada komplikasi asam urat. Saat kadar asam urat dalam tubuh tinggi, lama-lama terbentuk kristal pada sendi.

Kondisi ini umumnya menyerang jempol kaki. Namun, kabar baiknya, kacang panjang berkhasiat untuk menurunkan risiko asam urat ini berkat kandungan gizi di dalamnya.

6. Membesarkan payudara

Kacang panjang mengandung fitoestrogen, yakni senyawa estrogen alami yang terdapat pada tanaman. Senyawa fitoestrogen bisa berupa flavonoid dan isoflavon.

Nah, kandungan fitoestrogen dalam kacang panjang dapat memicu pertumbuhan sel epitel dalam payudara saat menempel di reseptor estrogen.

Hal ini yang pada akhirnya memicu perkembangan ukuran payudara. Namun, masih diperlukan pengujian klinis lebih lanjut untuk membuktikkan manfaat kacang panjang dalam memperbesar payudara.

Apakah kacang panjang boleh dimakan mentah?

Kacang mentah sebaiknya dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan. Anda bisa merebus atau menumisnya. Kacang panjang mentah dapat mengandung bakteri E.coli atau Salmonella yang berisiko menyebabkan gangguan pencernaan.

7. Menurunkan kadar glukosa

Dalam World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, diketahui kacang panjang mengandung sifat antihiperglikemik sehingga mampu menurunkan sensitivitas tubuh terhadap gula darah (glukosa).

Pada penelitian tersebut, dilakukan uji tes toleransi glukosa pada hewan di laboratorium. Berdasarkan hasil tes, ditemukan bahwa ekstrak kacang panjang mampu mengurangi kadar glukosa.

Akan tetapi, penelitian ini belum memiliki bukti klinis pada manusia dan hasil penelitian yang ada pun masih pengujian tahap awal.

Oleh karena itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat kacang panjang yang efektif menurunkan gula darah, terlebih pada penyandang diabetes.

8. Mencegah cacat lahir

Cacat fisik saat lahir dan malformasi jantung pada anak bisa disebabkan oleh defisiensi (kekurangan) folat.

Asupan cukup asam folat dalam menu makan Anda selama masa subur dan kehamilan dapat mencegah risiko cacat lahir, seperti spina bifida dan anencephaly pada bayi.

Hal ini karena folat sangat penting untuk replikasi DNA dan pertumbuhan sel janin. Menyantap makanan yang kaya kandungan folat dapat mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf bayi hingga 26 persen.

Nah, salah satu makanan tinggi kandungan folat yang bisa jadi pilihan Anda adalah kacang panjang.

9. Memelihara kesehatan tulang

olahraga untuk sakit tulang ekor

Manfaat kacang panjang lainnya adalah membantu menjaga kesehatan tulang. Jenis kacang ini mengandung kalium dan kalsium yang tinggi. 

Kedua jenis mineral tersebut berperan penting dalam membantu menjaga kepadatan mineral tulang. 

Sebuah studi dalam jurnal Nutrition Research and Practice menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi kalium secara rutin dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis pada wanita setelah menopause.

10. Berpotensi menurunkan berat badan

Kacang panjang juga bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang baik untuk program diet sehat. Kacang ini termasuk makanan rendah kalori.

Selain itu, kacang panjang merupakan makanan tinggi serat yang memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga mencegah Anda makan berlebihan.

Kacang panjang memiliki beragam potensi untuk kesehatan. Meski begitu, sebagian besar manfaat kacang panjang untuk kesehatan masih membutuhkan pengujian yang lebih masif dan menyeluruh.

Namun, Anda tetap bisa mengonsumsi kacang panjang dengan aman sekaligus mendapatkan manfaatnya untuk mencukupi kebutuhan gizi harian.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Fidhia Kemala · Tanggal diperbarui 17/04/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan