home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Punya Tekstur Daging Mirip Ikan Tuna, Simak 5 Manfaat Kesehatan Ikan Lemadang

Punya Tekstur Daging Mirip Ikan Tuna, Simak 5 Manfaat Kesehatan Ikan Lemadang

Sedari kecil, Anda mungkin sering mendapat anjuran untuk rajin makan ikan karena manfaatnya yang berlimpah. Nah, di Indonesia, banyak jenis ikan yang biasa dikonsumsi masyarakat sehari-hari, salah satunya yaitu ikan lemadang alias mahi-mahi. Ikan dengan tekstur daging yang serupa dengan ikan tuna ini kaya nutrisi yang baik untuk tubuh. Kira-kira, apa saja manfaat kesehatan dan kandungan gizi dari ikan lemadang? Berikut ulasannya.

Kandungan nutrisi di dalam ikan lemadang

kandungan dan manfaat ikan lemadang

Ikan lemadang atau ikan mahi-mahi adalah salah satu jenis ikan laut dangkal yang masuk ke dalam genus Coryphaena. Nama lain dari ikan ini adalah Coryphaena hippurus.

Lemadang banyak ditemukan di perairan Meksiko, Hawaii, dan Samudra Hindia. Tekstur daging ikan lemadang mirip dengan tuna, tetapi paparan merkurinya jauh lebih rendah.

Hampir seluruh jenis ikan laut memiliki manfaat untuk kesehatan, termasuk ikan lemadang.

Berikut adalah kandungan protein, lemak, vitamin, dan mineral yang terdapat di dalam 100 gram (g) ikan lemadang:

  • Energi: 82 Kal
  • Protein: 3,53 g
  • Lemak: 0,59 g
  • Kalsium: 12 mg
  • Zat besi: 1,27 mg
  • Kalium: 329 mg
  • Natrium: 88 mg

Ikan lemadang memiliki kandungan lemak jahat yang rendah serta merupakan sumber vitamin B12, fosfor, vitamin B6, niasin, dan selenium yang baik.

Manfaat kesehatan dari ikan lemadang

makan ikan

Setelah mengetahui apa saja kandungan gizi yang ada dalam ikan lemadang, tak mengherankan jika ikan ini memberi banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah beragam manfaat yang bisa Anda peroleh dengan makan ikan lemadang:

1. Baik untuk menjaga berat badan

Anda mungkin pernah dengar bahwa ikan adalah pilihan menu terbaik untuk diet. Nah, ikan lemadang bisa menjadi pilihan Anda yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan.

Ikan ini kaya kandungan protein yang baik untuk mendukung fungsi metabolisme tubuh. Dengan metabolisme tubuh yang baik, pembakaran lemak dan kalori pun akan semakin cepat.

Tak hanya itu, protein dari ikan lemadang juga membantu meningkatkan massa otot tubuh Anda.

2. Mencegah anemia

Manfaat selanjutnya dari ikan lemadang yakni mengurangi risiko terkena anemia.

Sebagian besar kasus anemia terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Tanpa zat besi yang cukup, darah di dalam tubuh tidak dapat mengantarkan oksigen dengan baik.

Dengan mengonsumsi ikan lemadang, Anda akan mendapatkan asupan zat besi yang cukup agar darah dapat mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

3. Menjaga kesehatan jantung

Ikan lemadang juga memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Hal ini berkat kandungan asam lemak yang ada di dalam ikan tersebut. Asam lemak, khususnya omega-3, terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Menurut situs American Heart Association, Anda dianjurkan makan 2 porsi ikan dalam seminggu untuk jantung yang sehat.

4. Memelihara kesehatan mata

Tak disangka-sangka, ikan lemadang ternyata punya manfaat baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegahnya kerusakan. Sekali lagi, asam lemak omega-3 dalam ikan tersebut berperan untuk kesehatan mata.

Menurut sebuah studi dari jurnal Nutrient, asam lemak omega-3 dipercaya dapat menurunkan risiko gangguan mata di usia tua, seperti degenerasi makula.

Tak hanya itu, asam lemak ini juga menghindarkan Anda dari risiko mata kering.

5. Memaksimalkan kinerja otak

Banyak orang yang percaya bahwa rajin makan ikan bisa membuat otak lebih cerdas. Hal ini ternyata benar adanya.

Ikan lemadang, serupa dengan jenis ikan lainnya, baik untuk fungsi otak Anda. Manfaat dari ikan lemadang yang satu ini didukung oleh kandungan asam lemak serta vitamin B6 di dalamnya.

Kandungan nutrisi di dalam ikan lemadang tersebut dapat membantu memaksimalkan kinerja otak serta berpotensi mengurangi risiko penyakit Alzheimer di usia lanjut.

Hal yang harus diperhatikan sebelum makan ikan lemadang

Deretan manfaat yang terdapat di ikan lemadang memang menggiurkan. Namun, sebelum buru-buru memakannya, ada hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan.

Usahakan Anda tidak makan ikan lemadang dalam porsi yang berlebihan. Pasalnya, tak menutup kemungkinan ikan ini mengandung zat beracun seperti ciguatoxin.

Ciguatoxin terdapat di dalam ikan lemadang karena spesies ikan ini tergolong sebagai karnivora yang memakan ikan lain. Nah, ciguatoxin ini didapat dari ikan-ikan lainnya yang disantap oleh ikan lemadang.

Namun, kadar racun yang ada di dalam ikan lemadang akan bergantung pada proses penyimpanan serta memasaknya.

Jadi, pastikan Anda memahami proses penyimpanan dan pengolahan ikan lemadang yang tepat agar kandungan gizi dan manfaat yang diperoleh bisa optimal.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

FishWatch Species Information: Mahi-mahi (Dolphinfish) – NOAA Fisheries. (n.d.). Retrieved March 5, 2021, from https://repository.library.noaa.gov/view/noaa/15882/noaa_15882_DS4.ppt 

Pacific Mahimahi – NOAA Fisheries. (n.d.). Retrieved March 5, 2021, from https://www.fisheries.noaa.gov/species/pacific-mahimahi 

Mahi-mahi Fillet – FoodData Central. (2019). Retrieved March 5, 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/592080/nutrients 

Advice about Eating Fish – FDA. (2020). Retrieved March 5, 2021, from https://www.fda.gov/food/consumers/advice-about-eating-fish 

Fish and Omega-3 Fatty Acids – American Heart Association. (2017). Retrieved March 5, 2021, from https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/fats/fish-and-omega-3-fatty-acids 

Omega-3 Fatty Acids – Cleveland Clinic. (2019). Retrieved March 5, 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/17290-omega-3-fatty-acids 

Foods linked to better brainpower – Harvard Health Publishing. (2018). Retrieved March 5, 2021, from https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/foods-linked-to-better-brainpower 

Iron Rich Foods – American Red Cross. (n.d.). Retrieved March 5, 2021, from https://www.redcrossblood.org/donate-blood/blood-donation-process/before-during-after/iron-blood-donation/iron-rich-foods.html 

Iron-deficiency anemia – Women’s Health. (2019). Retrieved March 5, 2021, from https://www.womenshealth.gov/a-z-topics/iron-deficiency-anemia 

Protein and Weight Loss: How Much Protein Should You Eat to Lose Weight? – NASM. (n.d.). Retrieved March 5, 2021, from https://blog.nasm.org/nutrition/how-much-protein-should-you-eat-per-day-for-weight-loss 

Zhang, A., Singh, S., Craig, J., & Downie, L. (2020). Omega-3 Fatty Acids and Eye Health: Opinions and Self-Reported Practice Behaviors of Optometrists in Australia and New Zealand. Nutrients, 12(4), 1179. https://dx.doi.org/10.3390%2Fnu12041179

Vega-Sánchez, B., Ortega-García, S., Ruelas-Inzunza, J., Frías-Espericueta, M., Escobar-Sánchez, O., & Jara-Marini, M. (2019). Selenium and mercury in dolphinfish (Coryphaena hippurus) from the Gulf of California: inter-annual variations and selenium health benefit value. Environmental Science And Pollution Research, 27(2), 2311-2318. https://doi.org/10.1007/s11356-019-06795-3 

Thenu, JL., Lokollo, E., Wenno, MR. (2017). Chemical Compositions and Amino Acids of Dolphin Fish (Coryphaena hippurus) Roes. Proceedings of the 3rd International Seminar of Basic Sciences, 77-82.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 15/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.