home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Minum Air Kelapa, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan Jantung?

Minum Air Kelapa, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan Jantung?

Air kelapa kaya akan elektrolit yang bermanfaat untuk tubuh. Minuman alami ini biasanya dikonsumsi untuk meningkatkan keseimbangan cairan tubuh setelah berolahraga atau saat sakit guna mencegah dehidrasi. Tak hanya itu, beberapa penelitian menemukan potensi manfaat air kelapa untuk kesehatan jantung.

Jika mengonsumsi minyak kelapa bisa meningkatkan kadar kolesterol yang berisiko menyebabkan berbagai penyakit jantung, minum air dari buah kelapa justru mengurangi risikonya.

Air kelapa menurunkan kadar kolesterol

kolesterol

Air kelapa mengandung berbagai mineral dan komponen aktif seperti kalsium, magnesium, kalium, l-arginin, asam askorbat, yang dapat memengaruhi kadar kolesterol dalam darah.

Sebuah studi awal yang terbit di Journal of Medicinal Food menyebut bahwa air kelapa dapat mengurangi jumlah kolesterol dan trigliserida dalam darah. Pengujian ini dilakukan pada tikus albino jantan yang diberikan air kelapa dengan dosis 4 ml per 100 gram berat badan.

Sebelumnya tikus tersebut disuntikkan kolesterol yang langsung meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida di dalam darah. Kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang terlalu tinggi bisa menyebabkan gangguan pada sistem kardiovaskular yang menyebabkan jantung koroner, gagal jantung, dan serangan jantung.

Setelah tikus diberi air kelapa, kadar kolesterol dan trigliserida pun berangsur menurun. Selain itu, pemberian air kelapa pada tikus ikut menurunkan kadar lemak di dalam hati, ginjal, dan jantung.

Kondisi tersebut disebabkan oleh air kelapa yang membantu meningkatkan aktivitas enzim HMG-CoA yang mengatur metabolisme lemak di hati. Selain itu, komponen aktif pada air kelapa juga mempercepat kerja lipoprotein lipase, yaitu enzim yang berfungsi memecah lemak di jantung dan jaringan lemak di sekitar ginjal.

Penelitian lanjutan manfaat air kelapa untuk jantung

Peneliti kemudian melakukan pengujian lebih lanjut. Kali ini mereka membandingkan manfaat air kelapa untuk jantung dengan obat statin yang berfungsi menurunkan kolesterol. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Food Chemical and Toxicology.

Studi dilakukan dengan cara memberi makan makanan tinggi lemak pada tikus selama 45 hari. Pangan tinggi lemak itu kemudian meningkatkan kadar lemak jahat dan trigliserida dalam darah tikus. Peneliti kemudian mengukur seberapa baik penurunan kadar kolesterol setelah tikus diberikan kelapa muda dan statin.

Hasil penelitian menunjukkan air kelapa memiliki efek yang hampir mirip dengan obat statin dalam menurunkan kolesterol pada tikus. Akan tetapi, hasil penelitian ini belum dapat menunjukkan sepenuhnya bahwa air kelapa memiliki manfaat besar untuk kesehatan jantung karena pengujian masih dilakukan pada hewan.

Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan efek pemulihan yang sangat positif bahkan hampir setara dengan obat kolesterol. Untuk itu, pengujian perlu dilakukan lebih dalam, terutama pada manusia atau pasien yang mengalami gangguan jantung.

Air kelapa dapat mengurangi risiko hipertensi

hipertensi

Dalam 240 ml air terdapat 600 mg kalium. Mineral ini memiliki manfaat penting untuk mengontrol tekanan darah sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung akibat hipertensi.

Sebuah penelitian di tahun 2014 mencoba menguji manfaat air kelapa terhadap penyakit hipertensi dan dipublikasikan di jurnal Procedia Chemistry. Dalam studi ini, pengujian dilakukan pada tikus jantan yang disuntikkan larutan NaCl berkonsentrasi tinggi untuk meningkatkan tekanan darah.

Setelah itu, tikus dibagi ke dalam 5 kelompok. Selama 14 hari, salah satu tikus tidak diberikan obat apapun, tapi 4 lainnya diberikan air mineral, minuman isotonik, air kelapa, dan obat-obatan penurun tekanan darah.

Peneliti selanjutnya melakukan pengukuran denyut jantung pada 5 kelompok tikus tersebut. Hasil penelitian menunjukkan kelompok tikus yang diberi air kelapa mengalami penurunan detak jantung secara drastis, padahal kondisi hipertensi kelompok tikus ini paling serius dibandingkan kelompok lainnya.

Pemberian air kelapa pada tikus yang mengidap hipertensi bahkan menunjukkan hasil pemulihan yang lebih baik daripada pemberian minuman isotonik. Namun, manfaat air kelapa tersebut tidak menyebabkan penurunan denyut jantung sebaik pengaruh obat-obatan medis.

Peneliti menyebutkan hasil pengujian dipengaruhi oleh kandungan kalium pada air kelapa yang berperan penting dalam melancarkan peredaran darah di pembuluh arteri. Oleh sebab itu, konsumsi air kelapa bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Namun, memang masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat air kelapa untuk kesehatan jantung ini. Dari beberapa penelitian, kandungan elektrolit dan mineral dalam air kelapa diketahui memiliki potensi menurunkan kadar kolesterol dan risiko hipertensi.

Efek konsumsi air kelapa ini tentunya memberikan manfaat untuk kesehatan jantung. Meski begitu, penelitian dalam skala besar pada manusia perlu dilakukan guna mengetahui pengaruh konsumsi air kelapa yang sebenarnya untuk penyakit jantung.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Syafriani, R., Sukandar, E. Y., Apriantono, T., & Sigit, J. I. (2014). The effect of coconut water (Cocos nucifera L.) and an isotonic drink on the change of heart rate frequency in the rats induced hypertension. Procedia Chemistry13, 177-180. https://doi.org/10.1016/j.proche.2014.12.023 

Yong, J., Ge, L., Ng, Y., & Tan, S. (2009). The Chemical Composition and Biological Properties of Coconut (Cocos nucifera L.) Water. Molecules, 14(12), 5144-5164. doi: 10.3390/molecules14125144

Sandhya, V., & Rajamohan, T. (2008). Comparative evaluation of the hypolipidemic effects of coconut water and lovastatin in rats fed fat–cholesterol enriched diet. Food And Chemical Toxicology, 46(12), 3586-3592. doi: 10.1016/j.fct.2008.08.030

Sandhya, V., & Rajamohan, T. (2006). Beneficial Effects of Coconut Water Feeding on Lipid Metabolism in Cholesterol-Fed Rats. Journal Of Medicinal Food, 9(3), 400-407. doi: 10.1089/jmf.2006.9.400

Mayo Clinic. (2021). Coconut water: Healthy drink or marketing scam?. Retrieved 26 July 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/coconut-water/faq-20207812

The National Heart Foundation of New Zealand. (2021). Is coconut good for you?. Retrieved 26 July 2021, from https://www.heartfoundation.org.nz/wellbeing/healthy-eating/nutrition-facts/is-coconut-healthy

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fidhia Kemala Diperbarui 14/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.