backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Manfaat Air Kelapa untuk Diet dan Tips Mengonsumsinya

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 29/11/2023

Manfaat Air Kelapa untuk Diet dan Tips Mengonsumsinya

Air kelapa merupakan sumber elektrolit alami yang tinggi mineral kalsium, natrium, fosfor, hingga kalium. Jika tidak ditambahkan gula atau pemanis lainnya, air kelapa termasuk minuman rendah kalori. Dari keunggulannya ini, adakah khasiat minum air kelapa untuk menurunkan berat badan? Telusuri jawabannya dalam artikel ini.

Apakah air kelapa bagus untuk diet?

Air kelapa bagus untuk diet karena termasuk minuman rendah kalori dan gula. Kalori satu buah air kelapa (206 gram) sebanyak 39 kkal dan kandungan gulanya sebanyak 5,38 gram. 

Tidak hanya itu, air kelapa memiliki berbagai kandungan zat gizi lainnya seperti protein, serat, karbohidrat, kalium, vitamin C, dan magnesium yang baik untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh.  

Air kelapa juga mudah dicerna oleh tubuh dan sebagian besar terdiri dari air, sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat dan mencegah makan berlebihan. 

Hal inilah yang membuat air kelapa bisa jadi pilihan minuman yang mengenyangkan dan sehat untuk diet sebagai pengganti minuman manis. 

Manfaat air kelapa untuk diet

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini belum ada penelitian yang membahas mengenai manfaat langsung mengonsumsi air kelapa untuk menurunkan berat badan.

Namun, air kelapa rendah kalori dan mengandung mineral yang dapat membantu proses menurunkan berat badan. Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

minum air kelapa saat haid

Salah satu manfaat air kelapa untuk diet adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme adalah serangkaian proses kimia berupa penyerapan zat gizi makanan untuk diubah menjadi energi.

Semakin cepat laju metabolisme, semakin cepat pula tubuh membakar kalori dan lemak. Hal ini dapat membantu terjadinya penurunan berat badan jika disertai dengan peningkatan aktivitas fisik dan pola makan rendah kalori. 

2. Lebih cepat kenyang

Manfaat air kelapa untuk diet selanjutnya dapat membuat Anda lebih cepat kenyang.

Pasalnya, air kelapa terdiri dari 94% air yang mudah dicerna dan dapat dengan cepat mengisi perut. Irisan buah kelapanya juga mengandung serat yang bisa mempertahankan rasa kenyang. 

Anda bisa minum segelas air kelapa tanpa gula di antara jam makan utama. Ini membantu Anda mengelola rasa lapar dan menghindari makan atau ngemil berlebihan.

3. Menghidrasi tubuh setelah berolahraga

Manfaat yang satu ini tidak berkaitan langsung dengan penurunan berat badan, tapi membantu pemulihan setelah olahraga ketika Anda diet.

Selain enak dan menyegarkan, air kelapa membuat tubuh tetap terhidrasi. Air kelapa sebagian besar terdiri dari air dan elektrolit yang bisa mengembalikan cairan yang hilang setelah berolahraga.

Studi dalam jurnal Sports mengungkapkan bahwa air kelapa bisa dijadikan sebagai minuman isotonik alami yang memberi manfaat yang sama seperti minuman olahraga yang telah diformulasi. 

Tips mengonsumsi air kelapa untuk diet

cara menghilangkan bekas narkoba dengan air kelapa

Berikut yang beberapa cara langsing dengan air kelapa yang bisa Anda terapkan untuk program diet Anda.

  • Baca label informasi nilai gizi pada kemasan produk air kelapa sebelum membeli. Pastikan untuk memilih produk yang mengandung 100% air kelapa dan tidak mengandung tambahan gula atau pengawet.
  • Hindari menambahkan gula atau pemanis lainnya ke dalam air kelapa.
  • Konsumsi air kelapa sebagai pengganti camilan atau pelengkap menu utama saat menurunkan berat badan.
  • Hindari menyimpan air kelapa lebih dari satu hari, air kelapa segar umumnya lebih cepat membusuk jika disimpan lebih dari satu hari. 

Air kelapa bisa jadi pilihan menu minuman dalam diet sehat Anda. Namun, jika Anda sedang dalam pengobatan tekanan darah, sebaiknya hindari mengonsumsi air kelapa.

Pasalnya mengonsumsi air kelapa dapat menurunkan tekanan darah terlalu banyak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Ringkasan


  • Air kelapa bagus untuk menurunkan berat badan karena memiliki kandungan kalori dan gula yang rendah serta tinggi mineral. 
  • Air kelapa dapat meningkatkan metabolisme tubuh, mengatur gula darah, serta membuat Anda merasa lebih cepat kenyang. 
  • Pastikan untuk memilih produk air kelapa yang tidak mengandung gula atau pemanis lainnya untuk menyukseskan program diet Anda. 

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 29/11/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan