backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Menu Diet untuk Mengecilkan Paha dan Bokong

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

    10 Menu Diet untuk Mengecilkan Paha dan Bokong

    Apakah Anda merasa bentuk paha dan bokong kurang ideal? Jika ingin mengurangi tumpukan lemak di kedua bagian ini, mengatur pilihan makanan bisa jadi salah satu solusi. Dalam diet untuk mengecilkan paha dan bokong, Anda sebaiknya mengonsumsi menu tinggi protein, serat, dan kandungan lain yang lebih banyak membakar lemak.

    Daftar menu diet untuk mengecilkan paha dan bokong

    Agar tidak bingung dalam menentukan menu diet rendah kalori untuk mengurangi lemak di bagian tubuh tertentu, berikut daftar makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi.

    1. Kopi

    Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di seluruh dunia. Selain karena rasanya yang enak, kopi mengandung kafein yang baik saat ingin menurunkan berat badan.

    Kafein dalam kopi dapat membantu membakar lemak sehingga dapat mengecilkan paha dan bokong. 

    Dikutip dari salah satu penelitian dalam jurnal Food and Chemical Toxicology, agar manfaatnya maksimal sebaiknya konsumsi tidak lebih dari 400 mg kopi. Hal ini untuk menghindari risiko efek samping berupa insomnia dan kecemasan.

    2. Telur rebus

    telur rebus

    Telur juga termasuk dalam menu diet mengecilkan paha dan bokong karena kandungan protein yang tinggi. 

    Protein dapat mengatur nafsu makan dan membuat kenyang lebih lama sehingga Anda tidak makan berlebihan. 

    Anda bisa mengonsumsi telur rebus sebagai menu sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Selain disantap langsung, makanan ini bisa diolah menjadi berbagai resep, misalnya egg mayo untuk isian roti tangkup, telur balado, atau pelengkap gado-gado.

    3. Ikan

    Menu diet mengecilkan paha dan bokong selanjutnya yaitu ikan. Jenis ikan laut atau ikan air tawar, seperti sarden, gurame, emas, dan ikan lele mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membakar lemak tubuh.

    Ikan juga mengandung protein yang membantu membuat kenyang lebih lama dan meningkatkan proses metabolisme.

    Saat mengolah ikan, sebaiknya hindari menggoreng dengan banyak minyak. Anda dapat mengukus atau memanggang ikan untuk menghindari tambahan kalori dari minyak goreng.

    4. Green tea

    membakar lemak

    Selain mengandung kafein, green tea atau teh hijau mengandung epigallocatechin gallate, yaitu salah satu jenis antioksidan yang ditemukan dalam tanaman teh. 

    Jenis antioksidan ini memiliki efek termogenik yang dapat meningkatkan produksi panas dalam tubuh dan meningkatkan penggunaan energi.

    Efek inilah yang dikaitkan dengan peningkatan pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

    Namun, khasiat ini masih perlu diteliti lebih lanjut mengingat setiap tubuh orang bisa menunjukkan reaksi yang berbeda-beda.

    Apa yang harus dihindari agar paha dan bokong tidak besar?


    • Makanan yang mengandung tinggi garam, lemak jahat, dan gula sederhana,
    • Makanan olahan dan cepat saji.
    • Stres berlebihan.
    • Kurang konsumsi air putih.
    • Hindari gaya hidup yang tidak aktif.
      

    5. Whey protein

    Anda juga dapat memasukan minuman whey protein sebagai menu diet untuk mengecilkan paha dan bokong.

    Minuman ini dapat menekan nafsu makan dengan merangsang pelepasan hormon rasa kenyang, seperti PYY (Peptida YY) dan GLP-1 (Glucagon-Like Peptide 1).

    Hormon-hormon ini mengatur rasa kenyang dan membuat seseorang merasa lebih puas setelah makan. Alhasil, Anda tidak ingin makan berlebih dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

    Selain itu, whey protein dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh, terutama jika disertai dengan olahraga secara teratur.

    6. Alpukat

    Alpukat bisa menjadi pilihan buah untuk diet sehat yang bertujuan mengecilkan paha dan bokong. Hal ini karena kandungan serat di dalamnya.

    Alpukat mengandung serat yang tinggi yang dapat membantu menjaga sensasi kenyang bertahan lebih lama dan mengontrol nafsu makan. 

    Buah ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang dikenal baik untuk kesehatan jantung dan bisa membantu meningkatkan metabolisme yang berpengaruh terhadap pembakaran lemak.

    7. Buah beri

    Beberapa jenis buah beri, seperti strawberry dan blueberry, juga dapat dijadikan menu diet sehat untuk mengecilkan paha dan bokong. 

    Buah beri umumnya rendah kalori, sehingga dapat menjadi pilihan camilan yang baik untuk membantu mengurangi asupan kalori dan mendukung penurunan berat badan.

    Buah beri juga mengandung antioksidan, seperti flavonoid yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membantu pembakaran lemak.

    8. Makanan pedas

    makan makanan pedas

    Tahukah Anda bahwa makanan pedas yang mengandung cabai, terutama cabai merah, baik untuk proses pembakaran lemak? 

    Capsaicin dalam cabai dikaitkan dengan peningkatan oksidasi lemak, yaitu proses di mana tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar untuk energi. 

    Efek tersebut dapat membantu proses pengurangan lemak tubuh, termasuk di bagian paha dan bokong.

    9. Brokoli

    Memasukkan brokoli ke dalam diet sehari-hari juga dapat mengecilkan paha dan bokong.

    Sayuran hijau ini rendah kalori dan tinggi serat sehingga bisa mempertahankan sensasi kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan makan berlebihan. 

    Perlu diingat, Anda sebaiknya memasak brokoli dengan cara yang tepat, yaitu dikukus atau direbus. Jika ingin lebih kaya rasa, Anda bisa mencoba resep tumis brokoli dan menambahkan sayuran lainnya, seperti wortel atau kol.

    10. Oatmeal

    Oatmeal mengandung serat larut yang tinggi yang dapat mengurangi rasa lapar dan mengontrol asupan kalori secara keseluruhan.

    Selain itu, karbohidrat kompleks dalam oatmeal memberikan energi yang bisa Anda gunakan saat berolahraga. Aktivitas fisik secara teratur penting dijalankan untuk meningkatkan pembakaran lemak.

    Oatmeal juga mengandung berbagai zat gizi penting, termasuk zat besi, magnesium, fosfor, dan vitamin B, yang penting untuk metabolisme tubuh yang sehat.

    Nah, itu tadi pilihan makanan yang bisa Anda masukan dalam menu diet untuk mengecilkan paha dan bokong.

    Untuk mendapatkan bentuk paha dan bokong yang diidamkan, Anda juga harus melakukan olahraga yang berfokus mengecilkan kedua bagian tubuh ini, seperti lunge, squat, atau jumping jacks.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Andreas Wilson Setiawan

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan