home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

5 Cara Mengecilkan Paha agar Lebih Ramping

5 Cara Mengecilkan Paha agar Lebih Ramping

Tidak hanya di perut, lemak berlebihan juga dapat menumpuk di paha. Alhasil, paha terlihat besar dan kesulitan memilih celana sesuai ukuran. Tak perlu khawatir, Anda bisa memiliki paha kecil yang menawan. Simak cara mengecilkan paha berikut ini.

Cara mudah mengecilkan paha

nyeri otot paha

Bila ingin mengecilkan paha, artinya Anda perlu membakar lemak yang menumpuk pada daerah tersebut. Umumnya, jenis sel lemak pada paha ialah lemak subkutan atau lemak yang berada di bawah kulit.

Oleh sebab itu, cara mengecilkan paha pun akan sedikit berbeda dengan metode lainnya. Di bawah ini berbagai tips yang bisa dicoba guna mendapat paha yang lebih ramping.

1. Pola makan lebih sehat

Salah satu cara menurunkan berat badan yang berpengaruh terhadap lemak di paha yaitu mengubah pola makan. Meski belum ada diet sehat khusus untuk membakar lemak paha, membakar kalori lebih banyak dibandingkan yang dikonsumsi lebih baik.

Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berat badan bisa turun dan paha terlihat ramping.

  • Memperbanyak konsumsi buah dan sayur.
  • Memilih sumber serat seperti nasi merah dan roti gandum.
  • Mengonsumsi makanan berprotein sesuai kebutuhan.
  • Memakai minyak sehat, seperti minyak zaitun.
  • Menjalani diet rendah karbohidrat.

Meski belum benar-benar terbukti apakah diet sehat ini berpengaruh besar terhadap lemak di paha, tidak ada salahnya untuk mencoba. Diet sehat setidaknya dapat meningkatkan kesehatan tubuh dalam banyak hal.

2. Mencoba latihan kekuatan

Latihan kekuatan (strength training) merupakan jenis olahraga yang bertujuan membangun kekuatan dan daya tahan otot. Salah satu cara mengecilkan paha ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan resistance band.

American College of Sports Medicine merekomendasikan untuk berlatih kekuatan sebanyak 8 hingga 10 kali dalam dua atau tiga kali seminggu. Latihan yang dimaksud yakni multi-joint exercise untuk melatih otot secara bersamaan.

Dengan begitu, tubuh akan lebih banyak membakar kalori dan mendorong penurunan berat badan lebih cepat. Ada pun beberapa jenis multi-joint exercise yang bisa Anda coba di rumah meliputi:

  • squats,
  • deadlifts,
  • leg presses, dan
  • hamstring curls.

Bagaimana dengan gerakan memperkuat otot paha?

Beberapa gerakan latihan kekuatan di atas memang membantu membakar lemak, terutama pada paha dan kaki. Namun, salah satu cara mengecilkan paha yang paling digemari orang adalah gerakan lunges.

Lunges yaitu latihan kaki yang dinilai efektif sebagai olahraga mengecilkan otot paha. Untuk mempraktikkan gerakan ini, di bawah ini beberapa langkah yang perlu diikuti.

  • Berdiri tegak dan letakkan tangan di samping tubuh.
  • Langkahkan kaki kanan ke depan dan kaki kiri ke belakang.
  • Lakukan gerakan tersebut dengan menekuk lutut kaki kanan hingga 90 derajat.
  • Pastikan lutut kanan tidak melewati batas tangan yang ada di atas kepala.
  • Tumpuan berat tubuh pada tumit dan tahan selama beberapa detik.
  • Kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan ini dengan kaki yang berbeda.

3. Latihan aerobik

Sudah bukan rahasia umum lagi bila olahraga aerobik bisa digunakan untuk mengecilkan paha, bagaimana bisa?

Latihan aerobik yaitu olahraga yang dapat meningkatkan detak jantung dan laju pernapasan. Jenis olahraga mengecilkan paha ini membantu membakar kalori, sehingga mengurangi jumlah lemak secara keseluruhan.

Hal ini dibuktikan dalam penelitian kecil yang dimuat dalam Canadian Science Publishing. Penelitian tersebut menilai efektivitas lari dalam mengurangi massa lemak.

Hasilnya, cara ini ternyata cukup efektif untuk mengurangi lemak tubuh rata-rata sebesar 8 persen., terutama pada wanita. Beberapa jenis olahraga aerobik antara lain:

  • berlari,
  • bersepeda,
  • berenang,
  • senam, serta
  • berjalan.

4. Minum air putih sesuai kebutuhan

Selain mencegah dehidrasi, minum air bermanfaat bagi tubuh. Pasalnya, minum air putih membantu menghilangkan kelebihan garam dan cairan tubuh lainnya yang tidak dibutuhkan.

Minum air dapat meningkatkan produksi urine dan melancarkan buang air besar. Hal ini dikarenakan air melunakkan feses. Artinya, semakin tubuh terhidrasi, semakin mudah sistem pencernaan bergerak, sehingga risiko sembelit dan kembung berkurang.

Minum air putih ternyata juga baik bagi orang yang ingin mengurangi lemak pada paha. Itu sebabnya, penuhi kebutuhan cairan setiap harinya agar tubuh lebih sehat dan tampak ideal.

Beragam Tanda Pencernaan yang Sehat dan Tips Memeliharanya

5. Operasi sedot lemak

Bila pola makan sehat dan rutinitas olahraga tidak berhasil mengecilkan paha Anda, alternatif lain yang bisa dicoba adalah operasi sedot lemak. Operasi sedot lemak (liposuction) yaitu tindakan medis untuk mengurangi lemak di area yang tak diinginkan.

Prosedur menghilangkan lemak ini bisa memakan waktu 1 – 3 jam dan Anda mungkin akan menjalani rawat inap di rumah sakit. Perlu diingat bahwa liposuction akan berfungsi dengan baik pada orang yang ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Sebenarnya, cara mengecilkan paha tidak jauh berbeda dengan tips membakar lemak, terutama lemak di perut. Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi dokter atau ahli gizi guna mendapatkan solusi yang tepat.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Resistance training for health. (2019). American College of Sports Medicine. Retrieved 2 March 2021, from https://www.acsm.org/blog-detail/acsm-certified-blog/2019/07/31/acsm-guidelines-for-strength-training-featured-download 

Eating & Physical Activity to Lose or Maintain Weight. (2017). National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease. Retrieved 2 March 2021, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/weight-management/adult-overweight-obesity/eating-physical-activity 

Hazell, T., Hamilton, C., Olver, T., & Lemon, P. (2014). Running sprint interval training induces fat loss in women. Applied Physiology, Nutrition, And Metabolism, 39(8), 944-950. https://doi.org/10.1139/apnm-2013-0503. Retrieved 2 March 2021. 

Yes, drinking more water may help you lose weight. (2020). John Hopkins University. Retrieved 2 March 2021, from https://hub.jhu.edu/at-work/2020/01/15/focus-on-wellness-drinking-more-water/ 

What’s the Best Way to Lose Body Fat (and Keep It Off)?. (2019). Cleveland Clinic. Retrieved 2 March 2021, from https://health.clevelandclinic.org/whats-the-best-way-to-lose-body-fat-and-keep-it-off/

Vargo, K. (2018). 5 Lunge Variations for Leaner Legs. Ace Fitness. Retrieved 2 March 2021, from https://www.acefitness.org/education-and-resources/lifestyle/blog/6971/5-lunge-variations-for-leaner-legs/

Perry, E. (2011). Targeted Fat Loss: Myth or Reality?. Yale Science. Retrieved 17 March 2019, from http://www.yalescientific.org/2011/04/targeted-fat-loss-myth-or-reality/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 01/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro