Suplemen Zat Besi untuk Ibu Hamil Penderita Anemia

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Wanita yang kekurangan zat besi pada masa kehamilan tidak dapat dipulihkan melalui pola makan saja, sehingga suplemen oral tambahan biasanya diperlukan.

Suplemen zat besi oral merupakan suplemen anemia untuk ibu hamil yang efektif, murah, dan aman untuk menggantikan kekurangan zat besi. Ferrous salt (garam besi) hanya menampilkan perbedaan kecil antara satu sama lain dalam efisiensi penyerapan zat besi. Ferric salt dapat diserap cukup baik. Dosis unsur besi yang dianjurkan untuk pengobatan defisiensi zat besi adalah 100-200mg sehari. Dosis yang lebih tinggi sebaiknya tidak diberikan karena penyerapan akan terganggu dan efek sampingnya meningkat.

Ferrous salt terdiri dari ferrous fumarate, ferrous sulphate, dan ferrous gluconate. Suplemen zat besi oral harus diminum pada saat perut kosong untuk menghindari gangguan penyerapan, termasuk faktor-faktor yang juga menggangu penyerapan zat besi heme non-makanan.

Dosis unsur besi untuk anemia defisiensi besi adalah 100-200mg per hari (1A). Konsumsi suplemen ini harus dilakukan pada saat perut kosong, 1 jam sebelum makan, dengan memberi tambahan asupan sumber vitamin C (asam askorbat) seperti jus jeruk untuk memaksimalkan penyerapan. Antasida atau obat-obatan lainnya tidak boleh diminum di saat yang bersamaan.

Indikasi suplementasi zat besi oral

Sesuai dengan pedoman perawatan antenatal rutin, ibu hamil wajib menjalani pemeriksaan darah lengkap saat kunjungan dokter dan saat usia kehamilan menginjak 28 minggu. Dengan demikian, penentuan suplementasi besi di awal kehamilan lebih mudah dilakukan walaupun tergantung pada sistem di tempat pemeriksaan hasil tes darah dan usaha tindak lanjut yang tepat untuk menghindari keterlambatan.

Wanita yang memiliki kadar Hb <110g / l sampai 12 minggu atau <105g / l di atas 12 minggu disarankan menjalani terapi zat besi. Berdasarkan temuan hemoglobinopati, ferritin serum harus diperiksa dan pasien akan ditawarkan terapi zat besi jika kadar feritin adalah <30 µg/l.

Pengobatan harus dimulai sesegera mungkin. Rujukan perawatan sekunder juga harus dipertimbangkan jika muncul gejala yang signifikan dan/atau anemia berat (Hb <70g / l) atau kehamilan lanjutan (> 34 minggu) atau jika tidak ada kenaikan Hb dalam 2 minggu.

Wanita dengan Hb> 110g / l sampai 12 minggu masa kehamilan dan Hb> 105g / l melebihi 12 minggu tidak termasuk anemia. Pada wanita non-anemia (yang berisiko kekurangan zat besi atau wanita yang dulunya pernah mengalami anemia), kehamilan ganda, kehamilan berturut-turut dengan interval waktu kurang dari satu tahun, dan vegetarian, memerlukan ferritin serum. Pasien lain yang perlu dipertimbangkan mengonsumsi suplemen anemia untuk ibu hamil adalah remaja yang hamil dan wanita yang berisiko tinggi mengalami perdarahan.

Jika feritin menunjukkan <30 mg / l, 65 mg, suplemen unsur besi perlu diberikan 1 kali sehari. FBC (full blood count) dan ferritin harus diperiksa 8 minggu kemudian.

Skrining umum dengan penggunaan rutin feritin serum biasanya tidak dianjurkan, karena biayanya tergolong mahal dan dapat disalahgunakan, sehingga menyebabkan ketidakakuratan hasil hitung darah. Namun, penelitian harus tetap dilakukan pada penduduk lokal, khususnya prevalensi perempuan “berisiko” tinggi.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Fungsi hormon FSH dan LH berperan penting pada sistem reproduksi pria dan wanita. Ketahui apa saja fungsi kedua hormon tersebut lebih lanjut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Janin Dalam Kandungan?

Detak jantung janin mulai berdegup di sekitar minggu keenam kehamilan, tapi kadang suaranya masih terlalu lemah untuk Anda bisa dengar. Kapan waktunya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Daftar Makanan Penambah Darah untuk Orang Anemia (Plus Pantangannya)

Anemia umumnya bisa diatasi dengan mudah. Anda bisa mengonsumsi makanan penambah darah ataupun menjauhi pantangan untuk anemia. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 22 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Vitamin E untuk Kesuburan, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ingin mencoba suplemen vitamin E supaya cepat hamil? Eits, simak dulu penjelasan lengkap dari berbagai penelitian soal manfaat vitamin E untuk kesuburan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 22 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minyak kelapa untuk bayi

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Mulai dari Mengatasi Eksim Sampai Melebatkan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
perkembangan jantung janin

Mengenal 4 Tahap Perkembangan Jantung Janin di Tiap Trimester

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit
pembukaan persalinan

Kenapa Gerakan Janin Berkurang Menjelang Persalinan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
pengalaman program bayi tabung

Pengalaman 4 Kali Gagal Program Bayi Tabung, Kini Kami Dianugerahi 4 Bayi Kembar

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit