Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

6 Manfaat Sehat Kacang Panjang untuk Ibu Hamil

6 Manfaat Sehat Kacang Panjang untuk Ibu Hamil

Menjaga asupan makanan pada masa kehamilan bukan berarti ibu harus makan sebanyak mungkin. Hal yang paling penting adalah apa yang Anda makan sehingga kebutuhan gizi ibu hamil terpenuhi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi sayuran seperti kacang panjang. Apa saja kandungan gizi serta manfaat kacang panjang untuk ibu hamil? Ini penjelasannya.

Kandungan gizi kacang panjang

manfaat kacang panjang untuk diabetes

Di Indonesia, kacang panjang adalah sayuran yang sudah tidak asing lagi. Sayuran ini bisa dimakan secara mentah, menjadi lalapan, atau diolah sesuai keinginan.

Mengutip Better Health, saat hamil ibu perlu mengonsumsi makanan kaya nutrisi serta bervariasi agar terjaga keseimbangannya. Gizi yang Anda butuhkan sebagian bersumber dari sayuran karena mengandung vitamin, mineral, dan serat.

Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi Anda. Bentuk sayuran ini cukup ini karena lebih panjang dan ramping, namun mempunyai kandungan yang bervariasi.

Berikut adalah berbagai kandungan kacang panjang yang bermanfaat untuk ibu hamil.

  • Kalori: 30
  • Air: 90,9 gram
  • Karbohidrat: 5,8 gram
  • Serat: 1,4 gram
  • Kalsium: 71 mg
  • Fosfor: 68 mg
  • Natrium: 24 mg
  • Kalium: 114,5 mg
  • Beta karoten: 128 mcg
  • Vitamin C: 15 mg

Manfaat kacang panjang untuk ibu hamil

manfaat kacang panjang untuk ibu hamil

Ada berbagai macam makanan sehat untuk ibu hamil. Tak perlu mahal, sayuran dengan harga terjangkau pun mempunyai manfaat tersendiri untuk Anda seperti kacang panjang. Jenis sayur satu ini mempunyai beberapa jenis mineral yang ibu butuhkan untuk perkembangan janin.

Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat kacang panjang untuk ibu hamil.

1. Menjaga keseimbangan tekanan darah

Kacang panjang mempunyai kandungan potasium atau kalium yang cukup tinggi bahkan setelah direbus. Selain kalsium, magnesium, serta fosfor, ibu juga membutuhkan asupan kalium pada masa kehamilan.

Pada kondisi tertentu ibu hamil yang mengalami darah tinggi dapat berisiko mengalami preeklamsia. Kalium pada kacang panjang dapat membantu menjaga keseimbangan tekanan darah ibu saat hamil.

Kalium juga bermanfaat membantu meringankan keluhan ibu hamil seperti rasa sakit, nyeri, hingga kram.

Fokus


2. Mengembalikan energi yang hilang

Perubahan hormon selama kehamilan tak menutup kemungkinan membuat ibu merasa lebih cepat lelah dari biasanya. Anda tetap perlu mengonsumsi makanan agar berenergi dan tidak lemas terus menerus.

Selain mengonsumsi karbohidrat seperti nasi, Anda juga bisa menambah asupan dengan kacang panjang. Kacang panjang mempunyai manfaat untuk menambah energi serta membantu ibu hamil merasa lebih kenyang karena kandungan karbohidrat di dalamnya.

3. Membantu perkembangan bayi

Beta karoten merupakan turunan dari vitamin A yang tergolong aman untuk ibu hamil. Kandungan ini terdapat dalam kacang panjang dan bermanfaat membantu perkembangan janin dalam kandungan.

Beta karoten dapat membantu perkembangan organ dalam, mata, tulang, sirkulasi pernapasan, hingga sistem saraf pusat. Tak hanya itu saja, beta karoten juga berfungsi membantu perbaikan jaringan setelah melahirkan.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

4. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium adalah jenis mineral yang paling melimpah dalam tubuh termasuk ibu hamil. Maka dari itu, selama hamil Anda perlu asupan mineral tambahan untuk perkembangan tulang dan giginya.

Tak hanya dari susu dan suplemen, ibu bisa mengonsumsi sayuran yang mempunyai kandungan kalsium seperti kacang panjang.

Kalsium dalam kacang panjang juga mempunyai manfaat menjaga kesehatan tulang ibu hamil serta mencegah terjadinya osteoporosis.

5. Menjaga fungsi tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas bahwa perubahan hormon saat hamil membuat sebagian ibu jadi lebih sulit beraktivitas. Maka dari itu, Anda membutuhkan energi dari kandungan mineral lainnya seperti fosfor.

Fosfor dalam kacang panjang bermanfaat untuk ibu hamil untuk membantu fungsi tubuh berfungsi dengan baik. Sebagai contoh, fosfor berperan dalam pergerakan otot, pembekuan darah, fungsi ginjal serta saraf, hingga memperbaiki jaringan sel yang rusak.

6. Mengatasi sembelit

Keluhan ibu hamil lainnya adalah metabolisme yang terhambat sehingga ada kemungkinan Anda mengalami sembelit.

Perhatikan asupan buah serta sayuran dengan kandungan serat untuk membantu melancarkan saluran pencernaan.

Salah satunya adalah kacang panjang yang mempunyai kandungan serat. Ini berfungsi untuk mengatur kadar gula darah serta membantu mengatasi masalah sembelit saat hamil.

[embed-community-8]

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda . (2021). Retrieved 30 April 2021, from https://www.panganku.org/id-ID/view

Have a healthy diet in pregnancy. (2020). Retrieved 30 April 2021, from https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/have-a-healthy-diet/

Pregnancy and diet | betterhealth.vic.gov.au. (2021). Retrieved 30 April 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/pregnancy-and-diet

Eating During Pregnancy (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2021). Retrieved 30 April 2021, from https://kidshealth.org/en/parents/eating-pregnancy.html

Long Beans | New Entry Sustainable Farming Project. (2021). Retrieved 30 April 2021, from https://nesfp.org/world-peas-food-hub/world-peas-csa/produce-recipes/long-beans

Chinese Long Beans – Have A Plant. (2021). Retrieved 30 April 2021, from https://fruitsandveggies.org/fruits-and-veggies/chinese-long-beans-nutrition-selection-storage/

Constipation During Pregnancy | American Pregnancy Association. (2020). Retrieved 30 April 2021, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/constipation-during-pregnancy-964/

supplement, A. (2021). Betacarotene | HSIS. Retrieved 30 April 2021, from https://www.hsis.org/a-z-food-supplements/betacarotene/

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita