backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

10 Manfaat Menakjubkan dari Buah Ceri untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 03/12/2021

10 Manfaat Menakjubkan dari Buah Ceri untuk Ibu Hamil

Makan buah apel saat hamil mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana jika makan buah ceri selama kehamilan? Bolehkan ibu hamil makan ceri dan adakah manfaat dari buah ini untuk kehamilan? Ulasan berikut akan membantu ibu hamil untuk mengetahui jawaban tersebut.

Apakah ibu hamil boleh makan buah ceri?

Tentu saja boleh. Ibu boleh makan buah ceri saat hamil selama tidak memiliki alergi terhadap buah ini.

Pasalnya, ada banyak kandungan gizi dari buah ceri yang bisa ibu hamil peroleh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

Bukan sekadar memenuhi kebutuhan nutrisi, kandungan gizi dalam buah ceri juga bisa memberi ragam manfaat untuk ibu hamil yang sayang jika dilewatkan.

Memangnya apa saja kandungan gizi dalam buah ceri?

Merangkum data FoodData Central yang dirilis US Department of Agriculture, kandungan gizi dalam 100 gram buah ceri sebagai berikut.

  • Air: 82,2 gram
  • Karbohidrat: 16 gram
  • Serat: 2,1 gram
  • Kalsium: 13 mg
  • Magnesium: 11 mg
  • Fosfor: 21 mg
  • Kalium: 222 mg
  • Vitamin C: 7 mg
  • Hal yang juga penting, ceri merupakan buah dengan kalori yang relatif rendah serta mengandung polifenol dan karotenoid yang bersifat antioksidan.

    Adapun kandungan polifenol utama dalam ceri, yaitu antosianin, yang merupakan senyawa pemberi warna merah pada buah ini.

    Selain itu, ceri merupakan sumber triptofan, serotonin, dan melatonin yang baik sehingga bermanfaat untuk kesehatan.

    Ragam manfaat buah ceri untuk ibu hamil

    Berkat kandungan gizi tersebut, ada banyak manfaat buah ceri yang bisa ibu hamil dapatkan. Apa saja itu? Berikut adalah daftar manfaatnya.

    1. Meningkatkan kekebalan tubuh

    Sifat antioksidan dari vitamin C dan antosianin dalam buah ceri dapat membantu melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

    Adapun hal ini dapat membantu tubuh ibu hamil lebih kuat sehingga terhindar dari berbagai penyakit, termasuk infeksi selama kehamilan.

    2. Meredakan kaki kram

    Jika Anda menderita kaki kram saat hamil, Anda mungkin dapat mengonsumsi buah ceri untuk membantu meredakannya.

    Pasalnya, buah ceri kaya kandungan kalium. Adapun kekurangan kalium sering menjadi salah satu penyebab kramnya kaki selama kehamilan.

    3. Mengurangi pembengkakan

    Bukan cuma kram, manfaat buah ceri lainnya adalah untuk mengurangi pembengkakan pada kaki ibu hamil.

    Ini bisa terjadi karena kandungan kalium dalam buah ceri dapat mengurangi retensi cairan yang merupakan penyebab dari kaki dan pergelangan kaki ibu hamil bengkak.

    4. Menjaga tekanan darah

    Tak hanya mengatasi masalah kaki, kandungan kalium dalam buah ceri juga dapat membantu menjaga tekanan darah selama kehamilan.

    Adapun menjaga tekanan darah sangat penting bagi ibu hamil. Pasalnya, tekanan darah tinggi selama kehamilan bisa meningkatkan risiko preeklampsia.

    5. Mengatasi sembelit

    Hal yang tak kalah penting, ceri merupakan salah satu buah dengan kandungan serat yang cukup tinggi.

    Mengonsumsi makanan berserat dapat membantu mencegah dan mengatasi sembelit pada ibu hamil. Adapun sembelit merupakan masalah yang umum terjadi selama kehamilan.

    6. Meningkatkan kualitas tidur

    tidur terlalu lama saat hamil

    Bagi ibu hamil yang mengalami masalah tidur, mengonsumsi buah ceri bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya.

    Pasalnya, buah ceri mengandung melatonin yang memiliki manfaat untuk membantu mengatur siklus tidur, termasuk pada ibu hamil.

    7. Menjaga kenaikan berat badan

    Meski berat badan bertambah, ibu hamil tetap perlu menjaga kenaikan berat badannya agar tidak overweight yang bisa memicu berbagai komplikasi kehamilan.

    Salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan mengonsumsi camilan yang rendah kalori, seperti sayur dan buah-buahan, termasuk buah ceri.

    8. Mencegah dehidrasi

    Dehidrasi saat hamil bisa berbahaya bagi ibu dan janin karena dapat meningkatkan risiko cacat lahir atau masalah pada air ketuban.

    Oleh karena itu, ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan cairan. Selain minum air putih, makan buah ceri yang kaya akan air juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya.

    9. Mencegah anemia

    Meski hanya kecil, buah ceri juga mengandung zat besi yang berperan dalam produksi hemoglobin dan mencegah anemia saat hamil.

    Manfaat ini juga bisa ibu hamil dapat karena kandungan vitamin C dalam buah ceri yang bisa membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

    10. Mendukung perkembangan janin

    Beberapa nutrisi dalam ceri dapat mendukung perkembangan janin, seperti folat dan vitamin B. Meski tak tinggi, dua kandungan ini dapat membantu mendukung perkembangan otak dan sistem saraf janin.

    Selain itu, manfaat ini bisa ibu hamil peroleh berkat kandungan karotenoid dan antosianin yang bersifat antioksidan di dalamnya.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Damar Upahita

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 03/12/2021

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan