home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Mengatasi Mual

6 Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Mengatasi Mual

Memperhatikan asupan makanan pada masa kehamilan adalah hal yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. Salah satunya adalah dengan memilih buah yang kaya nutrisi sehingga bermanfaat untuk Anda dan juga bayi dalam kandungan. Dari berbagai macam buah, Anda juga bisa mengonsumsi buah sirsak. Apa saja manfaat buah sirsak untuk ibu hamil? Simak penjelasan lengkapnya.

Kandungan gizi buah sirsak untuk ibu hamil

Sirsak, soursop, atau Annona muricata mungkin bukan menjadi pilihan utama Anda dalam mengonsumsi buah pada masa kehamilan.

Padahal, sirsak cukup populer karena teksturnya yang berbeda sekaligus menyegarkan tubuh. Tak hanya itu saja, ada berbagai macam kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Berikut adalah kandungan gizi serta nutrisi buah sirsak untuk ibu hamil, seperti:

  • Kalori: 65
  • Air: 81,7 gram
  • Serat 3,2 gram
  • Kalsium: 14 mg
  • Sodium: 14 mg
  • Fosfor: 27 mg
  • Kalium: 289,9 mg
  • Folat: 14 mcg
  • Beta karoten: 10 mcg
  • Vitamin C: 20 mg
  • Vitamin B2: 0,08 mg

Berbagai macam manfaat sirsak untuk ibu hamil

Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan gizi pada masa kehamilan dapat membantu bayi untuk tumbuh sekaligus berkembang dengan baik.

Mengutip dari National Health Service, makan buah dan sayur yang kaya vitamin serta mineral juga dapat membantu ibu hamil untuk mendapatkan keseimbangan nutrisi.

Begitu juga dengan buah sirsak yang mempunyai tekstur creamy serta rasa yang tidak kalah menyegarkan dengan jeruk, nanas, atau strawberry.

Berikut adalah manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yang sayang jika dilewatkan.

1. Mengatasi rasa mual

Mual atau morning sickness adalah kondisi yang umum terjadi pada ibu hamil di trimester pertama. Penyebabnya adalah ketidakseimbangan hormon, penciuman yang sensitif, hingga kurang nutrisi.

Apabila memungkinkan, ibu bisa mengonsumsi sirsak untuk mengatasi rasa mual. Kandungan serat dalam buah sirsak bermanfaat untuk mengurangi produksi asam lambung pada ibu hamil.

Lalu, ada pula kandungan seperti sodium juga kalium. Mengutip dari Mayo Clinic, kedua kandungan ini bermanfaat untuk menjaga asupan cairan yang hilang karena mual dan muntah mengakibatkan dehidrasi.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Sembelit saat hamil adalah hal yang cukup umum terjadi karena perubahan hormon, ukuran rahim yang membesar, serta kurangnya asupan serat.

Kandungan air serta serat dalam buah sirsak juga bermanfaat untuk mengatasi susah BAB karena dapat membantu melancarkan sistem pencernaan ibu hamil.

Anda juga perlu menjaga asupan cairan untuk meningkatkan kemampuan serat dalam melunakkan kotoran yang terhambat.

Ada juga komponen anti peradangan dalam buah sirsak seperti alkaloid dan kuinolon untuk membantu mengurangi parasit serta iritasi dalam perut.

3. Menjaga keseimbangan gula darah

Jika saat hamil mengalami diabetes gestasional, ini membuat Anda membutuhkan makanan yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

Buah sirsak pada ibu hamil bermanfaat untuk mengatur serta mengurangi kadar gula darah. Ada kemungkinan, dapat mengurangi kadar gula hingga 75%.

Akan tetapi, manfaat sirsak untuk ibu hamil yang satu ini masih perlu penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

4. Mengurangi stres

Kehamilan dapat menimbulkan berbagai perubahan suasana hati seperti rasa bahagia, cemas, hingga stres. Tidak perlu khawatir karena ini merupakan keluhan ibu hamil yang normal.

Sebaiknya, hindari rasa cemas dan stres berlebihan karena berpengaruh buruk untuk kesehatan Anda. Salah satu cara menguranginya adalah dengan beristirahat serta mengonsumsi makanan sehat.

Manfaat buah sirsak lainnya untuk ibu hamil adalah meredakan gelisah. Hal ini sesuai dengan penelitian berjudul Characterization of anxiolytic compounds from Annona muricata leaf extract.

Penelitian tersebut menjelaskan bahwa ada khasiat anti inflamasi untuk menenangkan kecemasan dalam buah sirsak.

5. Menjaga kesehatan kandungan

Anti oksidan mempunyai manfaat untuk mendetoksifikasi sekaligus mencegah terjadinya penyakit kronis termasuk bagi ibu hamil.

Tak hanya anti oksidan, ada pula kandungan vitamin C dalam buah sirsak yang juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun serta membantu tubuh ibu hamil menyerap zat besi.

Ternyata, buah sirsak juga mempunyai kandungan folat yang juga penting pada masa kehamilan. Hal ini karena asam folat bermanfaat untuk menjaga perkembangan janin.

Manfaat lainnya dari asam folat adalah untuk mencegah terjadinya cacat lahir serta keguguran.

6. Membentu mengurangi kram

Keluhan lainnya yang biasa ibu hamil rasakan adalah kelelahan serta kram pada sebagian area tubuh. Tak hanya cukup beristirahat, coba perhatikan asupan makanan yang mengandung kalium.

Kalium adalah jenis mineral yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan serta membantu otot berkontraksi dengan baik.

Ternyata, buah sirsak mempunyai kandungan kalium yang cukup tinggi sehingga dapat Anda manfaatkan untuk mengurangi rasa kram.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Komposisi Gizi Sirsak. Data Komposisi Pangan Indonesia. (2021). Retrieved 8 April 2021, from https://www.panganku.org/id-ID/view

Have a healthy diet in pregnancy. (2020). Retrieved 8 April 2021, from https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/have-a-healthy-diet/

Fruit. (2021). Retrieved 8 April 2021, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/fruit

Morning sickness – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2021). Retrieved 8 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/morning-sickness/diagnosis-treatment/drc-20375260

Zamudio-Cuevas, Y., Díaz-Sobac, R., Vázquez-Luna, A., Landa-Solís, C., Cruz-Ramos, M., & Santamaría-Olmedo, M. et al. (2014). The antioxidant activity of soursop decreases the expression of a member of the NADPH oxidase family. Food Funct., 5(2), 303-309. doi: 10.1039/c3fo60135h

Viera, G., Mourão, J., Ângelo, Â., Costa, R., & Vieira, R. (2010). Antibacterial effect (in vitro) of Moringa oleifera and Annona muricata against Gram positive and Gram negative bacteria. Revista Do Instituto De Medicina Tropical De São Paulo, 52(3), 129-132. doi: 10.1590/s0036-46652010000300003

Lallier, B. (2014). Characterization of anxiolytic compounds from Annona muricata leaf extract: a computational and experimental approach. Retrieved 8 April 2021, from https://rucore.libraries.rutgers.edu/rutgers-lib/43546/

Mechanisms of Analgesic and Anti-Inflammatory Properties of Annona muricat Linn. (Annonaceae) Fruit Extract in Rodents. (2021). Journal Of Medicinal Food. Retrieved from https://www.liebertpub.com/doi/abs/10.1089/jmf.2013.0088

Stress and pregnancy. (2021). Retrieved 8 April 2021, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/stress-and-pregnancy

Potassium. (2014). Retrieved 8 April 2021, from https://lpi.oregonstate.edu/mic/minerals/potassium

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal diperbarui 13/02/2017
x