6 Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil Selain Mencegah Sembelit

    6 Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil Selain Mencegah Sembelit

    Pada masa kehamilan, ibu membutuhkan makanan yang bernutrisi termasuk buah. Hal ini bermanfaat untuk membantu perkembangan serta pertumbuhan janin dalam kandungan. Salah satu buah yang mempunyai manfaat adalah jambu biji. Bolehkah ibu hamil makan jambu biji? Apa saja manfaat jambu biji atau jambu kristal untuk ibu hamil? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, Bu!

    Manfaat jambu biji untuk ibu hamil

    Mengutip dari National Health Service, mengonsumsi buah serta sayuran pada masa kehamilan bermanfaat untuk kesehatan karena menambah asupan vitamin, mineral, dan juga serat.

    Bosan dengan buah yang itu-itu saja? Ibu bisa memilih buah jambu biji sebagai camilan untuk menambah nutrisi harian.

    Ibu juga perlu mengetahui bahwa selain jambu biji berwarna merah, ada pula jambu biji berwana putih dan juga jambu kristal.

    Perbedaannya, jambu kristal mempunyai lebih sedikit biji daripada yang berwarna merah. Tak hanya dapat menjaga kesehatan saat hamil, jambu biji juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan.

    Akan tetapi, masih perlu penelitian lebih lanjut pada manusia mengenai hal tersebut.

    Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, jambu biji mengandung banyak nutrisi seperti serat, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, dan berbagai vitamin yang bermanfaat untuk tubuh.

    Banyaknya kandungan nutrisi ini tentu sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja oleh ibu hamil.

    Berikut adalah manfaat jambu biji atau jambu kristal lainnya untuk kesehatan ibu hamil.

    1. Mencegah komplikasi kehamilan

    kompres hangat saat melahirkan

    Sebuah studi pada jurnal yang berjudul Macronutrient and Micronutrient Intake during Pregnancy: An Overview of Recent Evidence menyebutkan bahwa buah jambu biji kaya akan vitamin C.

    Ini merupakan salah satu sumber vitamin untuk ibu hamil karena di dalamnya terdapat kandungan asam askorbat yang memiliki banyak peran bagi tubuh.

    Vitamin C bekerja sama dengan vitamin E untuk meningkatkan antioksidan sehingga mampu menghambat radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh.

    Itu artinya, sel-sel tubuh akan terlindungi dari peradangan sehingga jambu biji atau jambu kristal untuk ibu hamil ini bermanfaat untuk membantu mencegah komplikasi kehamilan.

    2 Mencegah bayi lahir dengan berat rendah

    komplikasi melahirkan komplikasi persalinan

    Bukan hanya untuk ibu, jambu biji juga memberikan manfaat untuk perkembangan janin. Pasalnya, jambu biji mengandung zat besi, yakni nutrisi yang dibutuhkan dua kali lebih besar saat hamil.

    Kebutuhan zat besi yang meningkat ini bermanfaat untuk memproduksi ekstra darah untuk di bayi.

    Darah yang mengandung hemoglobin ini menjadi media bagi bayi dalam kandungan untuk mendapatkan asupan makanan dan oksigen dari ibu.

    Maka dari itu, zat besi dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan bayi sekaligus mencegah terjadinya berat badan lahir rendah serta anemia pada ibu.

    3. Mendukung perkembangan otak bayi

    trimester 2

    Sama seperti zat besi, asam folat juga menjadi nutrisi yang sangat penting selama masa kehamilan.

    Asam folat bermanfaat bagi tubuh untuk memproduksi sel darah merah sekaligus membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang.

    Nah, ibu hamil bisa mendapatkan manfaat asam folat untuk kesehatan dengan makan jambu biji atau jambu kristal.

    Jika ibu hamil kekurangan asam folat, tabung saraf bayi mungkin tidak tertutup dengan benar. Akibatnya, bayi berisiko mengalami cacat tabung saraf, seperti spina bifida atau anencephaly.

    4. Mengurangi risiko pegal dan kram otot

    isk infeksi saluran kemih pada ibu hamil

    Manfaat jambu biji atau jambu kristal untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengurangi risiko terjadinya pegal dan kram tubuh.

    Sebagian besar ibu hamil rentan dengan masalah sendi dan otot, terutama di sepanjang tulang belakang sehingga mengakibatkan sakit pinggang saat hamil.

    Kondisi ini terjadi karena janin memberikan beban dan tekanan di perut yang memengaruhi tulang belakang. Namun, ini bisa juga menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan mineral tertentu.

    Untuk mengatasi dan mencegah kondisi ini, dokter tentu akan merekomendasikan ibu hamil untuk makan sayur dan buah, jambu biji salah satunya.

    5. Melancarkan pencernaan

    manfaat jambu biji untuk ibu hamil

    Masalah pencernaan seperti sembelit kerap menjadi salah satu keluhan ibu hamil. Hal ini membuat ibu perlu makanan yang mampu melancarkan pencernaan tetapi tidak menimbulkan efek samping.

    Makanan sehat ini salah satunya adalah jambu biji yang mempunyai kandungan serat serta air yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

    Mengutip dari American Pregnancy Association, makanan tinggi serat seperti buah, sayuran, dan cairan dapat membantu mempermudah buang air besar.

    Namun, manfaat jambu biji atau jambu kristal untuk ibu hamil yang satu ini masih perlu penelitian lebih lanjut pada manusia.

    6. Menurunkan tekanan darah

    Salah satu tanda atau gejala dari preeklamsia adalah tekanan darah yang meningkat saat hamil padahal tidak memiliki riwayat hipertensi sebelumnya.

    Untuk mencegah hal tersebut, ibu bisa mengonsumsi makanan tertentu untuk menjaga keseimbangan tekanan darah.

    Jambu biji atau kristal bermanfaat untuk ibu hamil karena adanya enzim untuk bantu menurunkan tekanan darah.

    Akan tetapi, masih perlu penelitian lebih lanjut serta terbaru pada manusia mengenai manfaat jambu biji yang satu ini.

    Bagaimana mengonsumsi jambu biji untuk ibu hamil?

    Dari penjelasan di atas, ibu bisa melihat ada cukup banyak manfaat jambu biji atau kristal untuk ibu hamil.

    Akan tetapi, sebaiknya ibu tetap mengonsumsi secukupnya agar tidak menambah kalori harian.

    Jambu biji memiliki tinggi akan serat. Jadi, sebaiknya ibu menyeimbangkan dengan air mineral atau pun susu hamil supaya tidak menyebabkan gangguan pencernaan.

    Pilihlah buah yang kondisinya baik dan segar karena kandungan nutrisinya masih tinggi. Penting untuk mencuci buah dengan air bersih mengalir supaya kuman dan sisa pestisida hilang.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Damar Upahita

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 27/06/2021

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan