backup og meta
Kategori

2

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

Amankah Buah Rambutan untuk Ibu Hamil? Ini yang Perlu Diperhatikan

Ditinjau secara medis oleh dr. Amanda Rumondang Sp.OG · Kebidanan dan Kandungan · Brawijaya Hospital Duren Tiga


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 10/05/2022

Amankah Buah Rambutan untuk Ibu Hamil? Ini yang Perlu Diperhatikan

Selain rasanya yang sangat manis dan menyegarkan, buah rambutan juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Nah, karena hal ini, makan rambutan saat hamil boleh dan aman dilakukan. Meski begitu, sebelum ibu hamil makan buah rambutan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Manfaat makan rambutan untuk ibu hamil

Tak hanya rasanya yang enak, menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, buah rambutan memiliki banyak nutrisi, sehingga baik untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.

Apa saja nutrisinya? Berikut adalah beberapa nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah rambutan segar.

  • Air: 80,5 gram
  • Energi: 69 kalori
  • Protein: 0,9 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Karbohidrat: 18,1 gram
  • Serat: 0,8 gram
  • Kalsium: 16 mg
  • Fosfor: 16 mg
  • Zat besi: 0,5 mg
  • Natrium: 16 mg
  • Kalium: 104,2 mg
  • Tembaga: 0,17 mg
  • Zinc: 0,1 mg
  • Vit. B2: 0,07 mg
  • Niasin atau vit. B3: 0,5 mg
  • Vit. C: 58 mg

Faktanya, semua nutrisi buah rambutan di atas bukan hanya menyehatkan ibu hamil, tetapi juga janin yang ada di dalam kandungannya.

Lantas, apa saja manfaat makan buah rambutan saat hamil? Berikut adalah beberapa manfaat yang mungkin bisa didapat ibu hamil dan janin jika makan buah rambutan.

1. Mendukung kesehatan sistem pencernaan

efek operasi usus buntu, hamil sakit perut

Rambutan dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil karena kandungan serat dan air di dalamnya.

Serat yang terkandung dalam rambutan berperan untuk menyerap air sehingga tekstur feses jadi lunak dan mudah dibuang dari tubuh.

Hal ini tentu dapat membantu mengurangi risiko ibu hamil mengalami sembelit. Sembelit ini sendiri umum terjadi saat hamil karena faktor perubahan hormon selama kehamilan.

2. Meningkatkan persediaan darah

Saat hamil, persediaan darah akan meningkat karena janin membutuhkan pasokan darah. Untuk membuat sel-sel darah, tubuh membutuhkan mineral zat besi.

Nah, makan rambutan saat hamil disebut bisa membantu memenuhi kebutuhan darah tersebut karena kandungan zat besi di dalamnya.

Apalagi, buah ini juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Bahkan, bila asupan zat besi tercukupi, risiko anemia saat hamil juga bisa berkurang.

3. Memperkuat kekebalan tubuh

Selain membantu penyerapan zat besi, vitamin C dan antioksidan pada buah rambutan juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Ini artinya, ibu hamil akan jauh lebih kebal terhadap serangan penyakit, seperti flu. Apalagi, sistem kekebalan tubuh ibu hamil cenderung lemah sehingga lebih rentan sakit.

Oleh karena itu, manfaat rambutan bisa membantu mencegah berbagai penyakit infeksi yang mungkin terjadi pada ibu hamil.

4. Membantu pembentukan tulang janin

Makan rambutan juga membantu memenuhi kebutuhan fosfor serta kalsium untuk ibu hamil.

Mineral-mineral ini diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang saat hamil sekaligus membantu pembentukan tulang janin di dalam kandungan.

Baby Center menyebut, kalsium ini utamanya dibutuhkan selama trimester akhir kehamilan ketika bayi tumbuh dengan cepat dan kebutuhan kalsiumnya paling besar.

Hal yang harus diperhatikan jika ibu hamil ingin makan rambutan

kandungan buah rambutan

Meskipun manfaatnya melimpah, makan buah rambutan untuk ibu hamil juga harus diperhatikan.

Alangkah lebih baik, jika ibu hamil konsultasi lebih dulu pada dokter sebelum menambahkan buah rambutan sebagai camilan.

Pasalnya, meski belum terbukti secara pasti, ibu hamil yang makan rambutan secara berlebihan mungkin akan berdampak buruk bagi kesehatan dirinya dan bayi dalam kandungannya.

Mengapa demikian? Ini karena buah rambutan yang sudah matang diketahui memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Sementara asupan gula berlebih selama kehamilan bisa meningkatkan kadar gula darah ibu hamil yang bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin.

Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya tidak makan buah rambutan terlalu banyak. Dalam porsi wajar, makan rambutan saat hamil aman dan boleh dilakukan.

Bahkan, ada manfaat yang bisa ibu hamil peroleh dengan mengonsumsi buah ini.

Meski begitu, sejauh ini, belum ada penelitian yang mengemukakan berapa batas konsumsi rambutan yang aman untuk ibu hamil.

Selain terkait porsi, ibu hamil yang ingin makan rambutan juga perlu memperhatikan hal-hal lainnya seperti di bawah ini.

  • Pilih buah rambutan yang berwarna merah, jingga, atau kuning, yang artinya bahwa buah ini sudah matang.
  • Jangan pilih buah yang sudah gembur.
  • Bila perlu, pilih buah rambutan yang baru matang dan dipetik dari pohon. Sebab, buah rambutan paling enak dinikmati saat masih segar.
  • Buah rambutan yang belum habis bisa disimpan di kulkas dalam beberapa hari.
  • Sebelum mengonsumsinya, kupas kulit buah rambutan yang tampak seperti rambut dan makan daging buah yang berwarna putih.
  • Hati-hati saat makan rambutan, jangan sampai menggigit atau menelan biji yang ada di dalam daging buah karena terasa pahit.

Selain makan rambutan yang masih segar, ibu hamil juga bisa mengupas daging buah dan mencampurnya ke dalam salad bersama dengan buah-buah lainnya.

Mengonsumsi rambutan dalam bentuk salad bisa memperkaya nutrisi makanan untuk ibu hamil dan juga terasa lebih lezat. Selamat mencoba!

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Amanda Rumondang Sp.OG

Kebidanan dan Kandungan · Brawijaya Hospital Duren Tiga


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 10/05/2022

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan