9 Langkah Membersihkan Buah dan Sayuran Agar Bebas Pestisida

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Tidak bisa dipungkiri, buah dan sayuran yang Anda beli di pasar atau tukang sayur pasti mengandung pestisida. Zat kimia yang digunakan untuk membunuh hama pada tumbuhan ini masih menjadi pilihan para petani buah dan sayur di Indonesia untuk mencegah gagal panen. Namun, jangan keburu anti dengan buah dan sayuran pak petani, yang perlu Anda lakukan hanya mengetahui cara mencuci buah dengan tepat supaya pestisida yang menempel pada buah dan sayuran hilang.

Sepele memang, namun jangan-jangan selama ini Anda hanya mencuci buah dan sayur asal-asalan. Ketahui cara membersihkan buah dan sayur dari pestisida di bawah ini.

Buah dan sayur yang paling banyak dilekati sisa pestisida

Penggunaan pestisida sering menimbulkan pro dan kontra di kalangan para petani dan aktivitis pegiat lingkungan, banyak yang mengatakan bahwa residu pestisida yang menempel pada buah dan sayuran bisa menimbulkan masalah pada kesehatan. Jadi, tidak salah jika Anda berpikir bahwa pestisida berbahaya.

Penelitian yang dilakukan oleh Purdue University di Indiana, Amerika Serikat, menemukan bahwa 98% apel mengandung residu atau sisa pestisida dan menempati urutan teratas, urutan kedua ditempati oleh seledri sebanyak 95%. Sayuran dan buah lain yang ada di dalam daftar penelitian ini adalah stroberi, buah persik atau peach, anggur, bayam, paprika, kentang, kale, dan sawi.

Menurut United States Department Agriculture seperti yang dilansir oleh ABC news, residu pestisida sebesar 90% ditemukan pada 8 buah-buahan dan sayuran populer di masyarakat. Penggunaan pestisida di Indonesia menurut Departemen Perlindungan Tanaman Universitas Gadjah Mada (UGM), Andi Trisyono, seperti yang dilansir di Kompas sangat mencemaskan.

Para petani ini memerlukan panduan yang jelas tentang penggunaan pestisida, dosis, dan frekuensi penyemprotan karena mereka tidak memiliki kemampuan literasi untuk memahami label aturan penggunaan pestisida. Akibatnya, mereka menaikkan dosis pestisida delapan kali lipat dari anjuran pemerintah.

Bagaimana cara mencuci buah dan sayuran agar bebas pestisida dan bakteri?

Jangan pernah memakan buah dan sayuran tanpa dicuci terlebih dahulu.Bukan hanya takut dengan pestisida, Anda juga harus waspada terhadap kuman dan bakteri berbahaya seperti salmonella dan e.colli yang sering ada di buah-buahan dan sayuran mentah. Lantas, bagaimana cara membersihkan buah yang benar supaya Anda terhindar dari penyakit? Berikut ini caranya.

1. Cuci tangan sebelum mencuci buah

Sebelum Anda mencuci buah atau sayuran, ada baiknya cuci tangan Anda terlebih dahulu, hal yang sama juga harus Anda lakukan setelah Anda selesai membersihkan buah.

2. Pisahkan buah dan sayur dengan bahan makanan lain

Selalu pisahkan buah-buahan dan sayuran mentah yang baru Anda beli dengan makanan yang siap langsung dimakan atau makanan matang yang sudah dimasak. Hal ini untuk memastikan paparan peptisida tidak menyebar ke makanan Anda.

3. Potong bagian yang rusak

Diantara semua buah dan sayuran yang Anda beli, pasti ada yang tampilannya tidak sempurna. Jika ada bagian buah atau sayuran yang rusak, Anda bisa memilih dan memotongnya terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan tidak ada ulat atau organisme lainnya di dalam buah atau sayuran dan pastikan pisau Anda bersih.

4. Gunakan air mengalir

Cuci buah dan sayuran Anda di bawah air mengalir. Jangan menempatkan air di dalam suatu wadah dan mencucinya di wadah tersebut. Cara ini tidak dianjurkan.

5. Bersihkan dari bagian yang kotor

Bersihkan seluruh bagian buah dan sayuran, jangan ada yang dilewatkan. Mulailah dengan bagian yang paling kotor.

6. Gunakan sabun khusus pencuci buah dan sayur

Untuk memastikan buah dan sayuran Anda bebas pestisida, Anda juga bisa menggunakan produk berbahan alami yang dapat digunakan khusus untuk mencuci buah-buahan dan sayuran.

Cari produk yang mengandung jeruk nipis sebagai agen anti bakteri yang mampu membersihkan bakteri pada buah dan sayur.

7. Gosok buah

Gunakan sikat untuk menggosok kotoran yang keras seperti tanah. Namun, pastikan sikat tidak terlalu kasar karena akan melukai kulit buah, gunakanlah sikat yang lembut. Jika Anda mencuci buah atau sayuran berkulit halus seperti tomat atau anggur gosok secara lembut menggunakan tangan. Hal ini untuk mencegah terjadinya robekan pada kulitnya buah.

8. Bilas buah dan sayuran

Setelah Anda mencuci buah dan sayuran dan memastikannya sudah bersih dari kotoran dan pestisida. Bilas dengan air mengalir hingga bersih.

9. Keringkan dan simpan buah

Setelah memastikan tidak ada lagi kotoran atau pestisida yang menempel pada buah dan sayuran, keringkan dengan menggunakan handuk bersih yang tidak digunakan untuk apapun. Setelah kering, tempatkan buah ke dalam wadah yang bersih. 

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Buah Strawberry, si Cantik nan Asam yang Menyimpan Segudang Manfaat

Selain rasa yang enak, jus strawberry juga baik bagi kesehatan. Apa saja kandungan gizi dan manfaat strawberry? Yuk simak penjelasan berikut.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Tips Makan Sayuran Agar Mudah Dicerna oleh Tubuh

Tahukah Anda jika cara makan sayuran dan penyajiannya tidak tepat, membuat sayur jadi sulit dicerna tubuh. Simak tips berikut untuk mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Pencernaan, Konstipasi 8 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

6 Manfaat Daun Selada yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Daun selada sudah sering kali menemani santapan Anda. Namun, sudah tahu belum apa saja manfaat daun selada buat kesehatan? Ini dia jawabannya!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 30 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Daftar Makanan Sumber Energi yang Tak Akan Bikin Gemuk

Jika Anda masih ingin berdiet ria tanpa harus kehabisan tenaga, beragam pilihan makanan sumber energi ini tetap aman untuk dimakan tanpa harus takut gemuk.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Fakta Gizi, Nutrisi 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sayur goreng

Meski Lezat, Sayur Goreng Sehat Apa Tidak, Sih?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
kenikir

4 Manfaat Daun Kenikir, Sayuran yang Kerap Disantap Sebagai Lalapan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
buah yang bisa bikin gemuk

Hati-Hati, 5 Buah-buahan Ini Justru Bisa Bikin Gemuk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
makanan untuk penderita batu empedu

7 Jenis Makanan yang Aman untuk Penderita Batu Empedu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit