7 Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil di Masa Trimester Kedua

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Mei 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tak terasa, kehamilan sudah memasuki trimester kedua. Anda mungkin akan lebih mudah melewati semester ini dibandingkan dengan trimester pertama. Segala keluhan yang Anda alami selama trimester pertama mungkin akan perlahan menghilang dengan sendirinya. Namun, ada berbagai perubahan tubuh lainnya di trimester 2 ini.

Berbagai perubahan tubuh selama trimester 2

Pada trimester 2, berbagai perubahan tubuh banyak terjadi dan mulai terlihat. Apa saja?

1. Perut makin membesar

Anda bisa menunjukkan perut besar Anda pada trimester kedua ini dengan bangga. Pada trimester ini, tonjolan perut Anda sudah jelas sekali terlihat. Hal ini karena perut Anda harus lebih banyak menyediakan ruang untuk janin Anda yang juga sedang berkembang semakin besar. Pada saat ini, Anda mungkin sudah butuh untuk memakai baju ibu hamil.

Anda juga akan mengalami kenaikan berat badan. Per bulan, Anda mungkin akan menambah berat badan sebesar 1,5-2 kg. Hal ini didukung dengan nafsu makan Anda yang sudah muncul kembali. Morning sickness Anda pada trimester pertama mungkin sudah berangsur menghilang.

Namun, jika Anda sudah mengalami kelebihan berat badan saat hamil, Anda mungkin akan disarankan untuk tidak banyak mengalami kenaikan berat badan. Sebaiknya, sesuaikan kenaikan berat badan saat hamil dengan berat badan Anda sebelum hamil.

2. Payudara makin besar

Payudara Anda juga semakin membesar pada trimester kedua. Penumpukan lemak pada payudara semakin bertambah dan kelenjar susu juga makin besar dalam payudara untuk memproduksi susu. Anda mungkin masih merasakan nyeri pada payudara, tapi payudara Anda sudah tidak selembut pada trimester pertama.

Kulit di sekitar puting Anda akan lebih menggelap dan mungkin ada beberapa benjolan kecil di sekitar puting. Benjolan kecil ini adalah kelenjar yang menghasilkan minyak untuk menjaga puting agar tidak kering. Puting yang kering akan lebih rentan mengalami iritasi.

3. Perubahan pada kulit

Perubahan kulit masih terjadi selama trimester kedua. Namun, jangan khawatir karena biasanya perubahan pada kulit akan menghilang dengan sendirinya jika Anda sudah melahirkan. Ini terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh.

Anda mungkin akan menemukan bercak hitam di wajah Anda, garis gelap dari pusar ke kemaluan (linea nigra), dan stretch mark di perut, payudara, bokong, dan paha. Stretch mark muncul karena kulit Anda meregang saat hamil dan mungkin juga Anda akan merasa gatal karena hal ini. Menjaga kulit Anda tetap lembab dapat membantu mengurangi rasa gatal yang Anda rasakan.

4. Merasakan pergerakan bayi dalam kandungan

Di trimester kedua ini, Anda sudah bisa merasakan berbagai pergerakan bayi dalam kandungan, seperti tendangan bayi. Biasanya Anda sudah bisa merasakannya pada usia kehamilan 20 minggu, tapi mungkin ini berbeda-beda antar ibu.

Jika Anda belum merasakan gerakan bayi pada usia kehamilan ini, sebaiknya jangan khawatir. Beberapa ibu hamil mungkin belum merasakan pergerakan bayi sampai bulan keenam kehamilan.

5. Pertumbuhan rambut

Perubahan hormon saat hamil juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut Anda. Rambut kepala Anda bisa menjadi lebih tebal. Anda juga bisa menemukan rambut di tempat-tempat yang tidak ada sebelumnya, seperti di wajah, lengan, dan punggung.

6. Sakit punggung

Pertambahan berat Anda selama beberapa bulan kehamilan dapat memberikan tekanan berlebih pada punggung Anda, sehingga Anda dapat merasakan pegal dan sakit pada punggung.

Untuk mengurangi tekanan pada punggung Anda, sebaiknya duduk yang tegak dan gunakan kursi yang memberi dukungan pada punggung Anda saat duduk, tidur menghadap sisi kiri Anda, jangan membawa barang berat, dan hindari menggunakan high heels selama hamil.

7. Kaki kram

Semakin usia kehamilan Anda bertambah, mungkin Anda akan lebih sering mengalami kaki kram, terutama saat tidur. Hal ini disebabkan oleh tekanan dari bayi Anda yang semakin besar pada pembuluh darah dan saraf yang menuju kaki Anda.

Jika hal ini sering terjadi, sebaiknya Anda tidur menghadap sisi kiri Anda. Meregangkan otot betis sebelum tidur, minum banyak air, atau mandi air hangat juga bisa mengurangi hal ini.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Setelah Kuret, Kapan Bisa Menstruasi Lagi Seperti Biasa?

Setelah kuret, seringkali wanita merasa khawatir dengan siklus menstruasinya. Kapan menstruasi terjadi kembali setelah keguguran?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Persalinan, Melahirkan, Kehamilan 11 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

6 Hal yang Katanya Bisa Menentukan Jenis Kelamin Bayi. Mitos atau Fakta?

Faktor-faktor berikut ini mungkin turut andil dalam menentukan apakah bayi Anda perempuan atau laki-laki, tapi mungkin juga hanya kebetulan belaka.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Trimester 2, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 8 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Janin Berhenti Bergerak, Apakah Harus Periksa ke Dokter?

Tendangan janin dapat menunjukkan janin dalam kondisi sehat dalam kandungan. Tapi, bagaimana jika janin berhenti bergerak? Apa yang harus dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Daftar Jamu yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Jamu menjadi minuman tradisional yang menyehatkan. Namun ada beberapa bahan jamu yang dilarang untuk ibu hamil, salah satunya kunyit asam.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 6 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara menggugurkan kandungan

Cara Menggugurkan Kandungan Ketika Kehamilan Bermasalah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
tanda hamil atau haid

Positif Hamil Atau Gejala Mau Haid? Begini 10 Cara Membedakannya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit
berat badan janin ideal

Pertumbuhan Berat Badan Janin dalam Kandungan di Setiap Trimester Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
Memahami Tumbuh Kembang Gigi dan Rahang Anak

7 Trik Membujuk Anak Agar Tak Takut ke Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit