Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Daftar Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Selama Trimester Kedua

Daftar Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Selama Trimester Kedua

Tak kalah dari trimester pertama kehamilan, pada trimester kedua kehamilan ibu hamil juga masih membutuhkan nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janinnya. Pada trimester kedua kehamilan, janin dalam kandungan masih mengalami berbagai pertumbuhan dan perkembangan penting yang bisa berdampak pada kehidupan selanjutnya. Apa saja nutrisi trimester kedua kehamilan yang harus dipenuhi ibu hamil?

Apa yang terjadi selama trimester kedua kehamilan?

Pada trimester kedua kehamilan, janin dalam kandungan makin banyak menunjukkan perkembangannya. Hampir semua organ dan bagian tubuh bayi sudah terbentuk.

Pada minggu ke-15 kehamilan, tulang bayi sudah mulai terbentuk dan kemudian akan mulai memadat. Pola kepala dan rambut bayi juga sudah mulai terlihat di gambar USG. Tak hanya itu, bahkan, organ, saraf, dan ototnya sudah mulai berfungsi. Pada akhir trimester kedua (yaitu pada usia kehamilan 27 minggu), sistem saraf dan paru-paru bayi mulai matang.

Untuk mendukung semua perkembangan bayi ini, tentu dibutuhkan banyak nutrisi penting yang harus dipenuhi ibu hamil.

Apa saja nutrisi trimester kedua yang harus dipenuhi ibu hamil?

Nutrisi trimester kedua kehamilan tak jauh berbeda dari trimester pertama kehamilan. Beberapa nutrisi penting selama trimester pertama masih harus dipenuhi selama trimester kedua. Berikut ini merupakan nutrisi trimester kedua yang penting dipenuhi oleh ibu hamil:

1. Folat

Ya, kebutuhan folat masih perlu Anda penuhi selama trimester kedua. Kebutuhan folat yang harus Anda penuhi selama trimester kedua adalah sebesar 600 mikrogram per hari. Pemenuhan kebutuhan folat ini penting untuk mengurangi risiko bayi cacat lahir, seperti spina bifida. Anda bisa mendapatkan folat dari berbagai makanan, seperti sayuran hijau, jeruk, ayam, ikan kerang, dan kacang-kacangan.

2. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 dibutuhkan untuk meningkatkan perkembangan otak dan saraf bayi sejak dalam kandungan. Pemenuhan asam lemak omega-3 yang baik selama kehamilan dapat berdampak pada perkembangan penglihatan, memori, dan pemahaman bahasa di masa selanjutnya. Anda butuh asam lemak omega-3 sebesar 1,4 g selama kehamilan. Kebutuhan asam lemak omega-3 bisa Anda penuhi dari konsumsi ikan berlemak (seperti salmon, tuna, dan sarden), minyak walnut,dan telur yang diperkaya dengan omega-3.

3. Kalsium

Pada trimester kedua ini, terjadi pembentukan tulang dan juga pemadatan tulang dalam tubuh bayi. Sehingga, kebutuhan kalsium ibu hamil cukup tinggi dan penting untuk dipenuhi. Kebutuhan kalsium ibu hamil pada saat ini adalah sebesar 1200 mg. Anda bisa memenuhi kebutuhan ini dengan mengonsumsi susu, keju, yogurt, sayuran hijau (seperti brokoli, bayam, dan daun kale), ikan bertulang (seperti sarden dan ikan teri), kacang kedelai dan produknya, serta telur.

4. Zat besi

Kebutuhan zat besi ibu hamil makin tinggi mendekati waktu persalinan. Zat besi diperlukan untuk mendukung pembentukan sel darah merah yang makin meningkat. Kebutuhan zat besi Anda selama trimester kedua adalah 35 mg. Anda bisa memenuhi kebutuhan zat besi ini dari daging merah, sayuran hijau, kuning telur, dan kacang-kacangan. Beberapa dari Anda mungkin juga membutuhkan suplemen zat besi.

5. Seng

Sama seperti zat besi, kebutuhan seng makin meningkat selama trimester kedua dan ketiga kehamilan. Kebutuhan zat gizi seng pada trimester kedua adalah sebesar 14 mg. Kebutuhan seng yang tidak terpenuhi dapat meningkatkan risiko bayi cacat lahir, keterbatasan pertumbuhan bayi, dan kelahiran prematur. Untuk itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan seng ini dari berbagai makanan, seperti daging merah, seafood, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Perhatikan kenaikan berat badan Anda

Anda mungkin akan lebih jelas melihat perubahan bentuk tubuh Anda saat memasuki trimester kedua. Trimester kedua merupakan waktu Anda mendapatkan kenaikan berat badan yang cukup banyak. Kenaikan berat badan saat kehamilan ini bisa disesuaikan dengan berat badan Anda sebelum hamil, sehingga Anda tidak mengalami kelebihan berat badan saat hamil. Kenaikan berat badan selama kehamilan ini bertujuan untuk menyediakan makanan untuk bayi selama dalam kandungan dan juga untuk disimpan sebagai persediaan untuk menyusui setelah Anda melahirkan.


Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai info menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Penambahan Berat Badan Kehamilan

Perhitungan ini dapat digunakan untuk perempuan yang ingin melihat kisaran kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan berdasarkan berat badan mereka sebelum hamil.

28

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Schlosberg, S. Nutrition During Pregnancy: 10 Do’s and Don’ts. [online] Available at: https://www.fitpregnancy.com/nutrition/prenatal-nutrition/10-safe-and-healthy-foods-pregnancy [Accessed 5 Apr. 2017].

Healthline. Can You Eat Well in the Second Trimester and Like It?. [online] Available at: http://www.healthline.com/health/pregnancy/second-trimester-diet-nutrition#3 [Accessed 5 Apr. 2017].

Mayo Clinic. (2015). Fetal development: The 2nd trimester – Mayo Clinic. [online] Available at: http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/fetal-development/art-20046151?pg=2 [Accessed 5 Apr. 2017].

Kementerian Kesehatan RI. (2013). Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui Aug 16, 2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team