Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

7 Manfaat Air Putih untuk Ibu Hamil Selain Mencegah Dehidrasi

7 Manfaat Air Putih untuk Ibu Hamil Selain Mencegah Dehidrasi

Setiap orang perlu memenuhi kebutuhan cairan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Begitu juga bagi ibu pada masa kehamilan. Tak hanya dari makanan, nutrisi dan gizi juga bisa berasal dari air putih. Berikut adalah berbagai macam penjelasan mengenai manfaat air putih untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

Manfaat air putih untuk ibu hamil

Manfaat air putih untuk ibu hamil

Pada masa kehamilan Anda membutuhkan lebih banyak air putih atau mineral daripada rata-rata orang biasa. Mengutip American College of Obstetricians and Gynecologists, ibu hamil sebaiknya memenuhi kebutuhan cairan dari air putih sebanyak 8 – 12 gelas setiap harinya.

Hal ini karena saat tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup, maka Anda juga bisa menurunkan risiko terjadinya masalah pada masa kehamilan.

Apabila Anda masih sulit mengubah kebiasaan malas minum air putih, coba pikirkan kembali. Berikut adalah beberapa manfaat minum air putih untuk ibu hamil.

1. Mencegah dehidrasi

Kondisi cepat lelah, berkeringat, hingga sakit pada masa kehamilan dapat memicu kondisi dehidrasi. Untuk itu, perhatikan asupan air putih karena bermanfaat untuk mencegah dehidrasi pada ibu hamil.

Ibu juga perlu memahami bahwa dehihdrasi dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan yang selama ini Anda hindari. Bahkan, dehidrasi dapat memengaruhi produksi ASI hingga menjadi penyebab bayi cacat lahir karena kekurangan air.

2. Membantu perkembangan bayi

Tak hanya untuk ibu, mengutip dari American Pregnancy Association, air putih juga berperan penting untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Manfaat air putih untuk ibu hamil serta perkembangan janin adalah membantu pembentukan plasenta agar ia bisa mendapatkan nutrisi dari makanan. Air putih juga membantu membentuk kantung ketuban sehingga dapat melindungi janin hingga waktunya melahirkan nanti.

3. Melancarkan pencernaan

Sembelit saat hamil adalah salah satu masalah bagi sebagian besar ibu. Umumnya, Anda merasakan ketidaknyamanan, jarang buang air besar, hingga feses yang keras.

Sebelum pergi ke dokter, perhatikan terlebih dahulu apakah Anda sudah minum air putih secara teratur. Hal ini karena manfaat air putih untuk ibu hamil adalah melancarkan pencernaan.

Asupan serat serta air putih yang cukup dapat membantu mempermudah pergerakan usus serta melunakkan feses.

4. Mengurangi pembengkakan

Pembengkakan selama kehamilan menjadi kondisi yang normal terjadi karena tubuh memproduksi sekitar 50% darah dan cairan untuk memenuhi perkembangan bayi. Contoh kondisi ini adalah bengkak pada kaki, tangan, wajah, hingga pergelangan kaki.

Pembengkakan ini semakin terlihat pada trimester ketiga kehamilan. Kondisi ini dapat ibu atasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium seperti pisang juga minum air putih.

Manfaat air putih untuk mengatasi masalah pembengkakan pada ibu hamil karena air dapat membantu menjaga keseimbangan aliran tubuh sehingga mengurangi air yang tertahan.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

5. Mengatasi tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi saat hamil menjadi salah satu masalah yang juga cukup umum terjadi. Akan tetapi, ibu perlu berhati-hati karena bisa menjadi penyebab komplikasi kehamilan.

Agar tidak membahayakan Anda serta bayi dalam kandungan, konsultasikan dengan dokter secara berkala, jalani gaya hidup sehat serta cukupi kebutuhan minum air putih.

Air putih bermanfaat untuk menjaga konsistensi darah serta hidrasi tubuh ibu hamil sehingga mencegah hipertensi.

6. Mengatasi sakit kepala

Sakit kepala pada masa kehamilan dapat terjadi karena meningkatnya produksi volume darah, perubahan hormonal, dehihdrasi, serta waktu tidur yang kurang.

Maka dari itu, penting untuk minum air putih yang cukup karena bermanfaat untuk meringankan sakit kepala karena bisa membantu melancarkan aliran darah.

Namun, ibu juga tetap harus waspada karena peningkatan sakit kepala pada akhir kehamilan juga bisa menjadi salah satu tanda kemungkinan preeklamsia.

7. Meningkatkan suasana hati

Perubahan hormon juga dapat memengaruhi suasana hati ibu hamil. Maka dari itu, tak jarang Anda merasa lebih sensitif pada setiap trimester kehamilan.

Tahukah Anda bahwa manfaat air putih termasuk untuk ibu hamil adalah dapat meningkatkan suasana hati? Alasannya, dehidrasi ringan dapat memengaruhi fungsi kognitif dan suasana hati sehingga Anda perlu minum air yang cukup.

Tips agar ibu lebih banyak minum air putih

manfaat air putih dan infused water untuk ibu hamil

Namun sebagian dari Anda mungkin kurang menggemari minum air putih sehingga ini terasa sulit saat hamil. Berikut adalah cara atau tips agar ibu hamil lebih banyak minum agar mendapatkan manfaat dari air putih.

  • Membuat infused water dengan campuran buah agar terasa lebih segar.
  • Dengarkan tubuh saat sudah mulai haus dan ingat janin dalam kandungan.
  • Minum sedikit demi sedikit tetapi sesuai dengan takaran botol.
  • Kombinasikan dengan makan buah yang mengandung tinggi air.

[embed-community-8]

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How much water should I drink during pregnancy?. (2021). Retrieved 25 May 2021, from https://www.acog.org/womens-health/experts-and-stories/ask-acog/how-much-water-should-i-drink-during-pregnancy

How Hydration During Pregnancy Can Benefit You and Your Baby. (2021). Retrieved 25 May 2021, from https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/live-well/2017/07/how-hydration-during-pregnancy-can-benefit-you-and-your-baby/

Water and Healthier Drinks. (2021). Retrieved 25 May 2021, from https://www.cdc.gov/healthyweight/healthy_eating/water-and-healthier-drinks.html

How much water do you need to stay healthy?. (2021). Retrieved 25 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water/art-20044256

Dehydration During Pregnancy | American Pregnancy Association. (2014). Retrieved 25 May 2021, from https://americanpregnancy.org/womens-health/dehydration-pregnancy-9901/

Constipation During Pregnancy | American Pregnancy Association. (2020). Retrieved 25 May 2021, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/constipation-during-pregnancy-964/

High blood pressure and pregnancy: Know the facts. (2021). Retrieved 25 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy/art-20046098

Swelling During Pregnancy | American Pregnancy Association. (2012). Retrieved 25 May 2021, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/swelling-during-pregnancy-1017/

Headaches in Early Pregnancy. (2021). Retrieved 25 May 2021, from https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=headaches-in-early-pregnancy-134-3

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita