home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

8 Risiko Ibu Kelebihan Berat Badan saat Hamil, Apakah Berbahaya?

8 Risiko Ibu Kelebihan Berat Badan saat Hamil, Apakah Berbahaya?

Kehamilan yang sehat dan tanpa gangguan menjadi harapan sebagian besar wanita. Namun, tak menutup kemungkinan ada kondisi yang bisa memengaruhi kesehatan seperti kelebihan berat badan saat hamil. Apa saja risiko yang bisa terjadi dan bagaimana cara menjaga agar tubuh tetap sehat? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Risiko kelebihan berat badan saat hamil

kelebihan berat badan saat hamil

Memiliki berat badan yang ideal sebelum hamil menjadi salah satu hal yang bisa ibu lakukan untuk mencegah komplikasi kehamilan.

Mengutip dari Mayo Clinic, memiliki indeks massa tubuh (BMI) tinggi saat hamil mempunyai efek yang cukup besar untuk kesehatan ibu dan juga bayi dalam kandungan.

Hal ini karena berat badan dapat memengaruhi status gizi dan juga kesehatan saat hamil. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menjaga berat badan saat merencanakan kehamilan.

Berikut adalah kemungkinan risiko hingga komplikasi kehamilan bagi ibu dan bayi ketika Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas saat hamil.

1. Diabetes gestasional

Pada pemeriksaan kehamilan, ada kemungkinan dokter akan mendiagnosis apakah ada gejala diabetes gestasional atau tidak.

Walaupun umum terjadi saat hamil, ini bisa membuat ibu mengalami resitensi insulin serta berisiko lebih tinggi terkena diabetes setelah melahirkan.

2. Preeklamsia

Risiko lainnya dari kelebihan berat saat hamil adalah terjadinya preeklamsia. Gangguan tekanan darah tinggi ini tergolong cukup serius karena bisa memengaruhi kondisi tubuh.

Selain tekanan darah, organ lainnya seperti ginjal dan hati juga mungkin tidak berfungsi dengan baik.

3. Sleep apnea

Kelebihan berat badan atau obesitas pada masa kehamilan juga berhubungan dengan kondisi gangguan tidur seperti sleep apnea.

Kondisi ini dapat membuat ibu menjadi lebih cepat lelah, mengalami tekanan darah tinggi, hingga gangguan jantung dan juga paru-paru.

4. Keguguran

Wanita yang mempunyai kondisi kelebihan berat badan saat hamil mempunyai risiko lebih tinggi mengalami keguguran. Yaitu, bayi meninggal sebelum usia kehamilan mencapai 20 minggu.

5. Stillbirth

Obesitas saat hamil juga meningkatkan risiko ibu mengalami stillbirth. Yaitu, kondisi saat bayi meninggal dalam rahim setelah usia kehamilan 20 minggu.

Peningkatan berat badan ini juga berkaitan hampir sekitar 25% bayi lahir mati yang terjadi pada usia kehamilan 37 – 42 minggu.

6. Bayi lahir prematur

Kelahiran bayi prematur juga bisa terjadi apabila kelebihan berat badan saat hamil berkaitan dengan preeklamsia.

Hal ini karena preeklamsia dapat menjadi penyebab terhambatnya nutrisi ke janin yang bisa mengganggu perkembangan.

7. Makrosomia

Selain pada ibu, kelebihan berat badan saat hamil juga dapat memengaruhi pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Kondisi ini disebut sebagai makrosomia, yaitu bayi baru lahir yang jauh lebih besar dari rata-rata sehingga berisiko mengalami cedera dan masalah kesehatan lainnya.

8. Penggumpalan darah

Masalah penggumpalan darah yang berbahaya dari kondisi kelebihan berat badan pada masa kehamilan adalah tromboemboli vena.

Ini adalah kondisi ketika gumpalan darah pecah dan mengalir ke organ tubuh lainnya seperti otak, paru-paru, hingga jantung.

Penambahan berat badan yang umum saat hamil

Meskipun ibu mengalami kelebihan berat badan saat hamil, Anda tetap perlu menaikkan berat badan sesuai dengan kebutuhan gizi serta anjuran dokter.

Berikut adalah pedoman penambahan berat badan saat hamil yang dianjurkan, di antaranya adalah:

  • Kondisi kehamilan underweight, penambahan berat badan sekitar 12 – 18 kg.
  • Hamil dengan berat badan ideal, penambahan berat badan sekitar 11 – 15 kg.
  • Hamil dengan overweight, penambahan berat badan sekitar 6 – 11 kg.

Ibu hamil tidak perlu fokus untuk menurunkan berat badan. Hal yang terpenting adalah bagaimana menjaga kehamilan tetap sehat walaupun dengan kondisi obesitas atau kelebihan berat badan.

Apabila Anda mencoba menurunkan berat badan saat hamil tanpa pantauan dokter, bisa menimbulkan risiko serta komplikasi kehamilan lainnya.

Cara menjaga kesehatan tubuh saat hamil

kelebihan berat badan saat hamil

Masalah kelebihan berat badan saat hamil ini dapat terjadi pada siapa saja. Walaupun mempunyai risiko, Anda tidak boleh merasa patah semangat atau khawatir berlebihan.

Apalagi, ibu dengan kondisi obesitas juga tetap bisa mempunyai kehamilan yang sehat. Ini membutuhkan pantauan dokter baik dari segi makanan hingga aktivitas fisik.

Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga kesehatan walaupun dengan kondisi kelebihan berat badan saat hamil, seperti:

1. Melakukan pemeriksaan kehamilan

Perawatan prenatal adalah perawatan medis yang bisa ibu dapatkan selama kehamilan. Walaupun Anda merasa baik-baik saja, tetap berkonsultasi dengan dokter secara rutin.

Anda perlu melakukannya untuk pemeriksaan tes skrining glukosa, berat badan, serta USG.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Konsultasikan pula dengan dokter mengenai nutrisi dan gizi yang tepat agar tidak meningkatkan risiko kelebihan berat badan saat hamil.

Perhatikan pula makanan sehat untuk ibu hamil agar kandungan protein, kalsium, zat besi, hingga vitamin tercukupi

Jika Anda sering merasa lapar, lebih baik bagi jadwal makan menjadi lebih sering tetapi dengan kebutuhan kalori yang sama.

3. Melakukan aktivitas fisik

Jangan lupa bahwa saat hamil bukan berarti ibu mengurangi segala aktivitas fisik. Konsultasikan pula dengan dokter mengenai aktivitas serta olahraga yang baik saat hamil.

Dalam kondisi kelebihan berat badan saat hamil, Anda bisa mulai dengan latihan seperti berjalan kaki atau berenang 5 – 10 menit dalam sehari.

Kebiasaan ini perlu Anda latih hingga bisa tetap aktif setidaknya selama 30 menit dalam sehari.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Weight Gain During Pregnancy | Pregnancy | Maternal and Infant Health | CDC. (2021). Retrieved 18 May 2021, from https://www.cdc.gov/reproductivehealth/maternalinfanthealth/pregnancy-weight-gain.htm

Pregnancy and obesity: Know the risks. (2021). Retrieved 18 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-and-obesity/art-20044409

Overweight and pregnant. (2020). Retrieved 18 May 2021, from https://www.nhs.uk/pregnancy/related-conditions/existing-health-conditions/overweight/

Weight Gain During Pregnancy. (2021). Retrieved 18 May 2021, from https://www.acog.org/clinical/clinical-guidance/committee-opinion/articles/2013/01/weight-gain-during-pregnancy

Fetal macrosomia – Symptoms and causes. (2021). Retrieved 18 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/fetal-macrosomia/symptoms-causes/syc-20372579

Obesity and Pregnancy. (2021). Retrieved 18 May 2021, from https://www.acog.org/womens-health/faqs/obesity-and-pregnancy

Healthy pregnancy for women who are overweight. (2021). Retrieved 18 May 2021, from https://raisingchildren.net.au/pregnancy/health-wellbeing/healthy-lifestyle/healthy-pregnancy-overweight#weight-control-other-things-to-consider-nav-title

Being overweight during pregnancy. (2021). Retrieved 18 May 2021, from https://www.marchofdimes.org/pregnancy/being-overweight-during-pregnancy.aspx

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x