Tekanan Darah Naik Setelah Operasi, Bahaya Atau Tidak?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Setelah menjalani operasi medis tertentu, memang ada beberapa reaksi tubuh yang membuat Anda merasa kurang nyaman, misalnya mual. Bahkan, kadang tekanan darah bisa naik dan tidak kunjung turun setelah lebih dari dua hari. Hal ini mungkin membuat Anda waswas. Karena itu, pelajari lebih jauh soal tekanan darah naik setelah operasi di bawah ini. 

Mengenal tekanan darah

Tekanan darah normal berkisar pada 120 mmHg untuk tekanan darah atas (sistolik) dan 80 untuk tekanan darah bawah (diastolik). Anda bisa tergolong hipertensi (tekanan darah tinggi) apabila angkanya menunjukkan sistolik lebih dari 140 dan diastolik lebih dari 90. 

Secara umum, tekanan darah tinggi patut diwaspadai. Masalahnya, semakin tinggi tekanan darah, semakin keras pula kerja dari jantung untuk memompa darah keluar dari tubuh. Hal ini dapat meningkatkan risiko aterosklerosis, gagal ginjal hingga serangan stroke dan serangan jantung.

Apa artinya jika tekanan darah naik setelah operasi?

Pada dasarnya, semua proses operasi atau pembedahan bisa menimbulkan efek samping. Salah satunya adalah kenaikan tekanan darah. Ternyata, tekanan darah naik setelah operasi memang mungkin saja terjadi dan bisa dijelaskan secara medis. Gejala ini bisa terjadi pada siapa saja, bahkan ketika Anda tidak memiliki gejala hipertensi sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab tekanan darah naik setelah operasi.

Nyeri

Nyeri bisa terjadi setelah dilakukan tindakan operasi. Proses nyeri dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dari biasanya. Namun, peningkatan tekanan darah tersebut bersifat sementara dan tekanan darah akan kembali normal setelah nyeri diatasi. Misalnya dengan minum obat pereda nyeri.

Berhenti minum obat hipertensi

Jika Anda secara rutin mengonsumsi obat untuk mengurangi tekanan darah kemudian harus memberhentikan konsumsi obat, Anda bisa saja mengalami kenaikan tekanan darah. Biasanya sebelum menjalani operasi memang pasien diminta untuk melakukan puasa terlebih dulu. Akibatnya, Anda mungkin melewatkan dosis obat hipertensi yang biasa dikonsumsi. Maka dari itu, penting untuk mendiskusikan kondisi kesehatan Anda kepada tim medis sebelum dilakukannya operasi.

Efek obat bius

Obat-obatan yang digunakan untuk membuat Anda tidur ketika operasi berlangsung juga bisa berefek pada tekanan darah Anda. Bahkan, ketika Anda baru saja tertidur, tekanan darah bisa meningkat drastis yang berkisar antara 20 hingga 30mmHg.

Kadar oksigen tubuh

Ketika Anda dibius, jaringan dalam tubuh Anda membutuhkan banyak oksigen. Nah, bisa jadi ada beberapa jaringan pada tubuh yang tidak mendapatkan oksigen dengan baik. Kondisi ini disebut dengan hipoksemia. Hal inilah yang akan menyebabkan tekanan darah naik setelah operasi.

Obat-obatan

Ada beberapa jenis obat yang sangat banyak tersedia di pasaran dan bisa meningkatkan tekanan darah. Beberapa di antaranya adalah pereda nyeri yaitu paracetamol (acetaminophen), ibuprofen, naproxen, hingga piroxicam.

Apakah tekanan darah naik saat operasi berbahaya?

Pada dasarnya, perubahan tekanan darah setelah operasi adalah hal yang umum terjadi. Tekanan darah yang tinggi atau hipertensi akan berkurang secara terus-menerus pasca operasi. Biasanya juga tak membutuhkan waktu yang lama sampai angka tekanan darah mencapai batas normal lagi, yaitu antara satu hingga 48 jam.

Jika sudah dua hari lebih tekanan darah Anda belum juga turun, bahkan terjadi hingga berhari-hari setelahnya, Anda perlu menghubungi dokter lebih lanjut. 

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bisakah Mengetahui Keperawanan Wanita Lewat Ciri Fisiknya?

Banyak yang percaya gadis perawan memiliki ciri-ciri khusus. Tapi bagaimana dengan pandangan medis soal tes keperawanan wanita? Benarkah bisa dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Anda mungkin cukup familier dengan manfaat kunyit untuk meredakan mual. Nah, ternyata masih ada khasiat lain dari kunyit yang mungkin belum Anda tahu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 25 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Wabah Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kesehatan Masyarakat

Rasa kesepian banyak dialami oleh masyarakat modern. Bahkan, kondisi psikologis ini bisa dianggap sebagai salah satu ancaman kesehatan yang serius.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Ragam Makanan dengan Kandungan Bakteri yang Baik untuk Usus

Tubuh kita membutuhkan bakteri dalam usus untuk menjaga fungsinya. Cari tahu makanan yang baik untuk usus dalam artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Pencernaan 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tidak bisa kentut susah kentut

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
cara mengusir semut

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Seks setelah haid

Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit