5 Siasat Jitu Memotivasi Diri Supaya Semangat Olahraga Pagi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Memulai gaya hidup sehat itu susah-susah gampang, salah satunya rutin olahraga. Saat Anda sedang giat dan tekun, rutinitas olahraga pasti tidak akan pernah absen. Namun ada kalanya, semangat mengendur dan menyebabkan Anda malas untuk olahraga, apalagi di pagi hari. Sementara untuk orang yang terbiasa bangun siang, olahraga pagi adalah rutinitas yang sangat sulit untuk dilakukan.

Bagaimana cara mengatasi dua hal tersebut? Supaya rencana olahraga pagi bukan sekadar wacana, simak tipsnya berikut ini.

Tips sukses olahraga pagi

Dilansir dari Women’s Health, Jordan Metzl, M.D., seorang ahli kesehatan olahraga di New York City Hospital, mengungkapkan bahwa bangun pagi dan olahraga adalah rutinitas yang sulit apalagi dilakukan secara terus-menerus. Padahal olahraga di pagi hari sangat bermanfaat, seperti mendukung kebugaran dan metabolisme tubuh. Berikut langkah-langkah agar Anda sukses olahraga di pagi hari.

1. Perhatikan makan malam

penderita diabetes makan larut malam

Cerdas memilih menu makan malam akan membantu Anda tidur lebih nyenyak dan bangun lebih awal. Makanan berat akan memakan waktu sekitar enam hingga delapan jam untuk benar-benar dicerna.

Hal ini menyebabkan Anda bangun dengan perut terasa penuh, tubuh terasa lesu dan akhirnya malas untuk olahraga. Makan makanan pedas juga bisa membuat Anda sakit perut ketika bangun dan melewatkan pagi Anda dengan buang air besar.

Untuk mencegah hal tersebut, coba untuk makan malam lebih awal dan pilih makanan yang lebih ringan, seperti nasi merah, brokoli kukus, atau makanan yang mengandung protein rendah lemak. Dengan demikian, Anda akan merasa  lebih segar dan siap untuk memulai berbagai aktivitas fisik di pagi hari.

2. Siapkan alarm

bangun pagi

Bila Anda termasuk orang yang sulit bangun pagi, menyetel alarm sebelum tidur bisa membantu Anda untuk bangun. Jadi, sebelum tidur pastikan jam weker atau alarm pada ponsel Anda aktif sesuai dengan waktu yang Anda inginkan. Bila perlu buat catatan pada alarm di ponsel Anda dengan kata-kata penyemangat agar Anda termotivasi untuk bangun pagi.

3. Bila perlu, ajak teman

olahraga bareng teman

Bila dengan bunyi alarm tidak cukup ampuh untuk membangunkan Anda, ajak teman untuk olahraga bersama. Minta bantuan pada teman Anda untuk membangunkan Anda, lewat pesan singkat atau chatting, telepon, bahkan datang ke rumah Anda.

Gangguan-gangguan tersebut pasti ampuh untuk membuat Anda benar-benar bangun pagi dan siap untuk olahraga.

4. Mliki waktu tidur yang cukup

mengingat mimpi

Banyak orang yang berpikir bahwa pagi hingga sore adalah waktu kerja sementara malam hari adalah waktu melepaskan diri dari pekerjaan. Ya, itu bisa dibilang benar bila Anda menggunakan malam hari untuk mengistirahatkan tubuh Anda bukan menonton TV, main game, atau chatting dengan teman Anda hingga larut malam.

Jadi, coba atur kembali waktu tidur Anda. Mulailah tidur lebih awal supaya Anda punya waktu cukup untuk beristirahat. Ganti kebiasaan membaca buku sebelum tidur dengan berendam sebentar dengan air hangat bisa membantu Anda tidur lebih cepat.

5. Ayo bangun dan olahraga

manfaat bangun pagi

Ketika alarm berbunyi, jangan justru mematikan atau menunda alarm tersebut. Tujuan menunda beberapa menit untuk tidur lagi justru membuat Anda lebih malas untuk bangun nantinya. Alhasil, Anda akan gagal lagi bangun pagi untuk olahraga. Jadi, sia-sia, kan?

Untuk itu, bila Anda mendengar alarm berbunyi, cobalah untuk mengambil posisi duduk, kemudian berilah motivasi dalam hati Anda, “Ayo bangun, olahraga, dan hidup sehat!”, misalnya. Kemudian, ambil posisi berdiri dan buka jendela kamar Anda supaya cahaya pagi membuat mata Anda terbuka.

Agar tubuh lebih bersemangat untuk memulai olahraga lakukan beberapa gerakan peregangan sederhana. Bila Anda berencana untuk olahraga di luar rumah, jangan lupa untuk membawa handuk kecil dan air minum supaya tubuh tetap terhidrasi.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca