5 Siasat Jitu Memotivasi Diri Supaya Semangat Olahraga Pagi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 03/12/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Memulai gaya hidup sehat itu susah-susah gampang, salah satunya rutin olahraga. Saat Anda sedang giat dan tekun, rutinitas olahraga pasti tidak akan pernah absen. Namun ada kalanya, semangat mengendur dan menyebabkan Anda malas untuk olahraga, apalagi di pagi hari. Sementara untuk orang yang terbiasa bangun siang, olahraga pagi adalah rutinitas yang sangat sulit untuk dilakukan.

Bagaimana cara mengatasi dua hal tersebut? Supaya rencana olahraga pagi bukan sekadar wacana, simak tipsnya berikut ini.

Tips sukses olahraga pagi

Dilansir dari Women’s Health, Jordan Metzl, M.D., seorang ahli kesehatan olahraga di New York City Hospital, mengungkapkan bahwa bangun pagi dan olahraga adalah rutinitas yang sulit apalagi dilakukan secara terus-menerus. Padahal olahraga di pagi hari sangat bermanfaat, seperti mendukung kebugaran dan metabolisme tubuh. Berikut langkah-langkah agar Anda sukses olahraga di pagi hari.

1. Perhatikan makan malam

penderita diabetes makan larut malam

Cerdas memilih menu makan malam akan membantu Anda tidur lebih nyenyak dan bangun lebih awal. Makanan berat akan memakan waktu sekitar enam hingga delapan jam untuk benar-benar dicerna.

Hal ini menyebabkan Anda bangun dengan perut terasa penuh, tubuh terasa lesu dan akhirnya malas untuk olahraga. Makan makanan pedas juga bisa membuat Anda sakit perut ketika bangun dan melewatkan pagi Anda dengan buang air besar.

Untuk mencegah hal tersebut, coba untuk makan malam lebih awal dan pilih makanan yang lebih ringan, seperti nasi merah, brokoli kukus, atau makanan yang mengandung protein rendah lemak. Dengan demikian, Anda akan merasa  lebih segar dan siap untuk memulai berbagai aktivitas fisik di pagi hari.

2. Siapkan alarm

bangun pagi

Bila Anda termasuk orang yang sulit bangun pagi, menyetel alarm sebelum tidur bisa membantu Anda untuk bangun. Jadi, sebelum tidur pastikan jam weker atau alarm pada ponsel Anda aktif sesuai dengan waktu yang Anda inginkan. Bila perlu buat catatan pada alarm di ponsel Anda dengan kata-kata penyemangat agar Anda termotivasi untuk bangun pagi.

3. Bila perlu, ajak teman

olahraga bareng teman

Bila dengan bunyi alarm tidak cukup ampuh untuk membangunkan Anda, ajak teman untuk olahraga bersama. Minta bantuan pada teman Anda untuk membangunkan Anda, lewat pesan singkat atau chatting, telepon, bahkan datang ke rumah Anda.

Gangguan-gangguan tersebut pasti ampuh untuk membuat Anda benar-benar bangun pagi dan siap untuk olahraga.

4. Mliki waktu tidur yang cukup

mengingat mimpi

Banyak orang yang berpikir bahwa pagi hingga sore adalah waktu kerja sementara malam hari adalah waktu melepaskan diri dari pekerjaan. Ya, itu bisa dibilang benar bila Anda menggunakan malam hari untuk mengistirahatkan tubuh Anda bukan menonton TV, main game, atau chatting dengan teman Anda hingga larut malam.

Jadi, coba atur kembali waktu tidur Anda. Mulailah tidur lebih awal supaya Anda punya waktu cukup untuk beristirahat. Ganti kebiasaan membaca buku sebelum tidur dengan berendam sebentar dengan air hangat bisa membantu Anda tidur lebih cepat.

5. Ayo bangun dan olahraga

manfaat bangun pagi

Ketika alarm berbunyi, jangan justru mematikan atau menunda alarm tersebut. Tujuan menunda beberapa menit untuk tidur lagi justru membuat Anda lebih malas untuk bangun nantinya. Alhasil, Anda akan gagal lagi bangun pagi untuk olahraga. Jadi, sia-sia, kan?

Untuk itu, bila Anda mendengar alarm berbunyi, cobalah untuk mengambil posisi duduk, kemudian berilah motivasi dalam hati Anda, “Ayo bangun, olahraga, dan hidup sehat!”, misalnya. Kemudian, ambil posisi berdiri dan buka jendela kamar Anda supaya cahaya pagi membuat mata Anda terbuka.

Agar tubuh lebih bersemangat untuk memulai olahraga lakukan beberapa gerakan peregangan sederhana. Bila Anda berencana untuk olahraga di luar rumah, jangan lupa untuk membawa handuk kecil dan air minum supaya tubuh tetap terhidrasi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit