Intip 5 Tips Membuat Sushi yang Sehat dan Lezat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Sushi termasuk ke dalam salah satu makanan yang banyak digemari, terutama bagi mereka pecinta makanan laut. Jika dilihat dari bahan-bahannya, sushi mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun, salah mengolah sushi bisa membuat kesehatan Anda terpengaruh karena adanya bagan mentah yang digunakan. Jadi, seperti apa tips membuat sushi yang sehat?

Sekilas mengenai sushi

Sushi merupakan makanan khas Jepang. Makanan ini disebut-sebut sebagai salah satu makanan menyehatkan bagi masyarakat Jepang. Makanan ini dibuat dari nasi, potongan ikan atau seafood, timun, rumput laut kering, biji wijen, dan dilengkapi dengan soyu (kecap asin khas Jepang) serta wasabi.

Sebelum mengulas tips apa saja untuk membuat sushi yang sehat, kenali dulu berbagai macam jenis sushi. Beberapa macam jenis sushi ini bisa dijadikan bekal  makan siang Anda, pasangan, ataupun si buah hati.

Menurut laman Eat Right, beberapa jenis sushi yang umum dikonsumsi, antara lain:

  • Nigiri. Jenis sushi yang disajikan dengan meletakkan potongan ikan mentah di atas bola nasi. Selain ikan mentah, Anda bisa menggunakan telur dadar gulung (tamago), atau seafood lainnya.
  • Maki. Sushi ini dinamakan juga sushi roll. Nasi dan rumput laut digulung dan membungkus isian daging, ikan, atau sayur. Ini adalah jenis sushi yang paling umum dibuat.
  • Gunkanmaki. Sushi ini merupakan kombinasi dari nigiri dan maki. Bola nasi diselimuti dengan onigiri, lalu bagian atasnya diisi dengan potongan ikan dan sayur atau telur ikan.

Tips membuat sushi sehat dan enak

Sumber: Her Campus

Tanpa harus selalu ke restoran Jepang, Anda juga bisa membuat sushi di rumah. Selain lebih terjaga kebersihannya, Anda juga bisa berkreasi. Supaya sushi yang Anda buat tetap higienis, sehat, dan tentunya lezat, ikuti beberapa tips membuat sushi yang sehat.

1. Pilih ikan yang segar dan rendah merkuri

manfaat salmon untuk kulit

Ikan mengandung protein tinggi. Makanan ini tentu sangat baik untuk pertumbuhan tubuh. Sayangnya, beberapa jenis mengandung merkuri yang bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Untuk itu, tips pertama membuat sushi yang sehat adalah memilih ikan dan bahan makanan lainnya yang masih dalam kondisi segar.

Dalam hal ini, ikan salmon menjadi pilihan terbaik. Ikan ini cenderung rendah merkuri dan mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk otak. Selain itu, pastikan ikan yang Anda beli kondisinya masih segar.

Ikan yang segar akan memiliki mata yang menonjol dan tekstur yang kenyal ketika disentuh. Bagian insangnya juga akan berwarna merah terang bukan keabuan. Sisiknya juga akan tampak mengilat dan tidak berbau amis menyengat.

2. Pastikan sayur dan bahan lainnya segar

menu buka puasa sehat dengan sayur

Tips untuk membuat sushi sehat selanjutnya adalah memastikan kesegaran bahan lain yang digunakan, selain ikan. Anda bisa menambahkan sayur atau buah lain, contohnya selada, timun jepang, alpukat, tahu, jamur, bawang bombai, dan wortel.

Jangan lupa untuk mencucinya dengan air mengalir dan tempatkan pada wadah bersih.

Setelah itu, potong sayuran sesuai dengan ukuran sushi yang ingin Anda buat. Biasanya potong kecil seperti lidi dengan ukuran sekitar 3 cm.

3. Pakai sarung tangan plastik bila perlu

Sumber: Kayla Itsines

Setelah bahan makanan disiapkan, lengkapi berbagai peralatan untuk membuat sushi. Siapkan makisu (tatakan bambu untuk menggulung sushi) dan sendok untuk meratakan nasi.

Nah, sebelum memulai membuat sushi, Anda bisa menggunakan sarung tangan plastik lebih dulu. Dengan begitu, makanan lebih bersih dan tangan tidak kotor.

Cara membuat sushi maki cukup mudah seperti berikut ini:

  • Rentangkan makisu di atas meja. Kemudian, letakkan rumput laut kering di atasnya.
  • Tambahkan nasi dan ratakan memenuhi seluruh permukaan rumput laut.
  • Letakkan isian sushi di bagian tengah memanjang ke sisi samping (membentuk garis horizontal)
  • Setelah dirapikan, tarik bagian atas makisu dan gulung ke bawah.
  • Tekan lembut gulungan sushi dan lepaskan makisu. Selanjutnya, gunakan pisau untuk memotong sushi ke berbagai ukuran.

4. Perhatikan seberapa banyak soyu yang Anda gunakan

ibu menyusui makan sushi

Soyu sebagai bumbu pelengkap sushi bisa Anda beli di toko. Agar lebih sehat, jangan gunakan soyu terlalu banyak. Soyu yang rasanya asin ini mengandung banyak garam.

Ingat, makan makanan yang mengandung tinggi garam bisa menaikkan tekanan darah Anda. Jadi, gunakan soyu secukupnya saja.

5. Bila ingin dagingnya digoreng, gunakan minyak zaitun sedikit

makanan yang digoreng

Jika Anda tidak suka sushi mentah, Anda bisa menggoreng sushi atau isiannya saja.

Supaya lebih sehat, cobalah gunakan minyak yang sehat untuk memasak, seperti minyak zaitun. Gunakan minyak secukupnya, dan tiriskan dulu sebelum dimasukkan sebagai isian sushi.

Sumber foto: Tokyo Weekender.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Oktober 5, 2019 | Terakhir Diedit: Oktober 1, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca