Jika Anda atau anak Anda alergi susu sapi, tidak ada salahnya untuk mencoba susu kacang polong. Anda mungkin tak pernah membayangkan seperti apa rasanya susu yang terbuat dari kacang-kacangan. Namun, jangan salah. Susu kacang polong ternyata bisa diandalkan sebagai pengganti susu sapi karena kandungan nutrisinya yang melimpah, lho. Penasaran apa saja kebaikan yang terkandung dalam susu dari kacang polong ini? Yuk, cari tahu lebih dalam lewat ulasan berikut ini.

Apa rasanya minum susu kacang polong?

Anda mungkin sudah familiar dengan susu kedelai atau susu almond sebagai pengganti susu sapi. Terlebih, kedua jenis susu tersebut memang lebih sering direkomendasikan untuk anak yang punya alergi susu sapi.

Supaya tidak bosan dengan jenis susu yang itu-itu saja, cobalah beralih ke susu kacang polong. Seorang ahli gizi sekaligus penulis buku The MIND Diet, Maggie Moon, R.D.N, mengungkap bahwa susu nabati ini bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda atau si kecil yang tidak suka makan sayuran atau alergi susu sapi.

Soal rasa, Anda tak perlu khawatir. Rasa susu kacang polong tidak hambar seperti saat Anda makan kacang polong, kok. Rasanya cenderung gurih, manis, dan lebih creamy ketimbang susu almond. Warnanya pun tidak hijau seperti kacang polong.

Ini karena proses pembuatannya tidak sama seperti cara pembuatan susu kedelai. Kacang polong diolah menjadi tepung terlebih dahulu, kemudian diproses dengan memisahkan protein kacang dari serat dan pati.

Proses ini membuat protein kacang yang dihasilkan jauh lebih murni sehingga tidak meninggalkan rasa kacang polong sama sekali. Setelah itu, barulah tepung kacang polong dicampur dengan air dan bahan lainnya, termasuk minyak bunga matahari, garam, vitamin B12, dan jenis vitamin lainnya.

Kandungan nutrisi susu kacang polong

kacang polong
Sumber: Eat Drink Paleo

Kacang polong adalah salah satu sumber protein nabati terbaik yang bisa Anda konsumsi, terlebih jika Anda seorang vegan atau vegetarian yang kerap kali kekurangan protein. Dilihat dari kandungan nutrisi lengkapnya, segelas susu kacang polong (240 ml) mengandung:

  • Kalori: 100 kalori
  • Protein: 8 gram
  • Lemak total: 4,5 gram
  • Kalium: 13 persen kebutuhan harian
  • Kalsium: 45 persen kebutuhan harian
  • Vitamin A: 10 persen kebutuhan harian
  • Vitamin D: 30 persen kebutuhan harian
  • Zat besi: 15 persen kebutuhan harian

Menariknya lagi, susu kacang polong ini sangat aman dikonsumsi oleh Anda yang punya intoleransi laktosa. Jenis susu yang satu ini tidak mengandung laktosa, sejenis gula alami yang terdapat pada susu atau keju. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan mengalami perut kembung atau diare setelah minum susu dari kacang polong ini.

Bahkan, jenis susu ini juga aman dikonsumsi jika Anda sedang diet atau punya diabetes. Pasalnya, susu ini mengandung kalori dan karbohidrat yang rendah. Dengan begitu, berat badan dan gula darah Anda tidak akan cepat melonjak setelah rutin minum susu kacang polong.

Bisakah susu sapi diganti dengan susu kacang polong?

minum susu saat sahur

Saat Anda mencari alternatif pengganti susu sapi, pilihlah susu dengan bahan utama yang mengandung tinggi protein dan kalori yang mirip dengan susu sapi. Anda boleh saja memilih susu yang terbuat dari kacang almond yang mengandung beberapa protein di dalamnya.

Akan tetapi, jika Anda ingin meraup lebih banyak protein dalam sekali minum, susu kacang polong adalah solusinya. Di dalam bukunya yang berjudul The Pediatrician’s Guide to Feeding Babies and Toddlers, dr. Anthony Porto, dan dr. Dina DiMaggio, mengungkapkan perbedaan jumlah kalori dan protein pada susu sapi dan susu kacang polong.

Dalam satu gelas susu sapi (240 ml) mengandung 149 kalori dan 8 gram protein. Sementara dalam takaran yang sama, susu kacang polong mengandung 100 kalori dan 8 gram protein. Terlihat jelas bahwa kandungan proteinnya setara dengan protein susu sapi.

Selain itu, jenis susu nabati ini juga mengandung 50 persen lebih banyak kalsium, kalium, dan vitamin D yang tak kalah banyak dibandingkan susu sapi. Maka tidak salah jika kacang polong yang diolah menjadi susu ini tak kalah bernutrisi dibandingkan susu sapi. Mulai sekarang, Anda tak perlu ragu saat memilih susu kacang polong sebagai pengganti susu sapi.

Cara membuat susu kacang polong di rumah

dampak negatif susu

Ada dua jenis kacang polong yang dijual di pasaran, yaitu susu yang plain alias tanpa rasa dan yang punya rasa tertentu. Sebaiknya pilihlah susu yang plain untuk menjaga kadar gula darah dan berat badan Anda tetap stabil.

Ketimbang membeli di toko swalayan atau supermarket, Anda sebetulnya bisa membuat susu kacang polong sendiri di rumah, lho. Begini caranya:

  1. Rebus 1,5 gelas (340 gram) kacang polong ke dalam 4 gelas (950 ml) air.
  2. Kecilkan apinya, lalu biarkan selama 1 sampai 1,5 jam hingga mendidih.
  3. Masukkan kacang polong yang sudah matang ke dalam blender, lalu tambahkan 3,5 gelas (830 ml) air, 2 sdm ekstrak vanili, dan 3 buah kurma.
  4. Blender hingga semuanya tercampur rata. Anda boleh menambahkan air sampai teksturnya sesuai dengan selera.
  5. Saring susu kacang polong supaya teksturnya jadi lebih halus.
  6. Susu kacang polong siap disajikan.

Susu kacang polong ini bisa Anda campurkan dengan oatmeal, sereal, smoothies, kue, dan sebagai dressing saladTertarik untuk mencobanya?

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca