5 Pilihan Pengobatan untuk Penyakit Gagal Jantung

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Gagal jantung adalah satu dari beberapa masalah jantung yang ditandai dengan menurunnya fungsi jantung. Jantung tidak dapat memompa darah dengan optimal ke seluruh tubuh. Namun tidak perlu khawatir, dengan pengobatan gagal jantung yang tepat bisa membantu menjaga kesehatan tubuh sekaligus memperpanjang harapan hidup penderitanya.

Apa saja pilihan pengobatan gagal jantung?

Gagal jantung bisa dibilang sebagai penyakit kronis yang butuh perawatan seumur hidup. Perubahan gaya hidup lebih sehat memang dinilai bisa membantu memperbaiki gejala, tapi harus tetap diiringi dengan berbagai pengobatan gagal jantung guna menstabilkan kondisi jantung dan kesehatan tubuh seutuhnya.

Berbagai pilihan untuk mengobati gagal jantung, seperti:

1. Konsumsi obat-obatan

obat antihistamin untuk alergi

Secara keseluruhan, obat-obatan nantinya bertugas untuk mengontrol gejala dan memaksimalkan kerja jantung untuk memompa darah. Dokter akan meresepkan jenis obat tergantung dari gejala yang Anda alami, meliputi:

  • Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor: untuk melebarkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki aliran darah sehingga dapat mengurangi beban kerja jantung.
  • Angiotensin II receptor blockers: manfaatnya tidak jauh berbeda dengan ACE inhibitor, biasanya dijadikan alternatif bagi penderita yang tidak bisa minum ACE inhibitor.
  • Beta blocker: bisa memperbaiki detak jantung yang tidak normal, mengurangi tekanan darah, serta mengurangi kerusakan jantung.
  • Pil diuretik: dapat mengurangi penumpukan cairan abnormal dalam tubuh.
  • Antagonis aldosteron: semacam jenis obat diuretik yang tidak menguras kadar kalsium dalam tubuh, tapi bisa membantu penderita gagal jantung sistolik parah.
  • Inotropik: termasuk obat yang diberikan melalui intravena pada penderita gagal jantung berat, guna meningkatkan fungsi jantung dan menstabilkan tekanan darah.
  • Digoxin: dapat meningkatkan kekuatan otot jantung sekaligus mengurangi gejala gagal jantung pada penderita gagal jantung sistolik. Obat ini juga bisa diberikan pada orang yang punya masalah dengan irama jantung, misalnya fibrilasi atrium.

Anda mungkin perlu satu atau lebih jenis obat untuk memperbaiki kondisi. Pemberian obat lain, seperti untuk meredakan nyeri dada, menurunkan kolesterol, dan mencegah pembekuan darah, dapat diberikan dokter bersama dengan obat gagal jantung.

2. Operasi bypass jantung

biaya operasi bypass jantung

Operasi bypass jantung biasanya lebih ditujukan bagi mereka yang mengalami penyakit jantung koroner, akibat ada penyempitan pembuluh darah arteri yang bertugas untuk memasok oksigen ke jantung. Ketika arteri yang tersumbat ini mengarah pada gagal jantung, maka dokter akan merekomendasikan operasi bypass jantung.

Prosedur ini memanfaatkan pembuluh darah dari bagian tubuh lain sebagai jalan pintas baru pada arteri yang tersumbat, untuk mengalirkan darah kembali ke jantung.

3. Operasi perbaikan atau penggantian katup jantung

penyakit katup jantung

Jika katup jantung yang rusak berpotensi menimbulkan gagal jantung, pilihan pengobatan yang harus dilakukan adalah dengan memperbaiki katup jantung. Perbaikan katup dapat dilakukan dengan menghubungan kembali katup yang rusak, ataupun menyingkirkan jaringan katup yang berlebih agar dapat tertutup sempurna.

Sementara penggantian katup jantung dilakukan ketika sudah tidak memungkinkan untuk mengganti katup. Dalam prosedur ini, katup yang rusak diganti dengan katup buatan.

4. Ventricular assist devices (VAD)

alat pacu jantung

VAD adalah alat yang digunakan untuk mencegah gagal jantung parah. VAD berbentuk pompa implan yang ditanamkan di perut atau dada, dengan peran untuk memompa darah dari ruang jantung bagian bawah (ventrikel) ke seluruh tubuh.

VAD juga bisa digunakan sebagai alternatif bagi penderita gagal jantung parah yang tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung.

5. Transplantasi jantung

operasi kanker pankreas

Transplantasi jantung biasanya jadi pilihan terakhir bagi penderita gagal jantung yang serius, ketika konsumsi obat pun sudah tidak bisa membantu pemulihan. Di sisi lain, transplantasi jantung diyakini bisa meningkatkan kualitas hidup penderita gagal jantung.

Namun tidak dalam proses yang cepat, penderita tetap harus bersabar menunggu datangnya donor jantung yang sesuai. Penting untuk diingat bahwa transplantasi jantung bukanlah metode pengobatan gagal jantung yang bisa dipakai oleh semua orang. Hal ini akan disesuaikan kembali dengan kondisi kesehatan, gejala penyakit, dan manfaatnya bagi tubuh Anda.

Baca Juga: