3 Langkah Mudah Mencegah Bibir Terbakar Sinar Matahari

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 08/07/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bukan hanya kulit badan dan wajah saja yang bisa terbakar matahari, bibir juga lho! Sebab lapisan kulit bibir kita tipis dan termasuk bagian wajah yang paling mudah terpapar sinar matahari langsung. Bibir yang terbakar matahari akan terasa sangat sakit, bahkan juga meningkatkan peluang terkena kanker kulit. Tenang dulu, ada banyak cara untuk mencegah agar bibir Anda tidak terbakar sinar matahari. Yuk, disimak!

Cara mencegah bibir terbakar sinar matahari

Bibir bawah paling sering menjadi “korban” sengatan matahari karena bentuknya yang lebih menonjol dari bibir atas. Namun bukan hanya akan terasa panas dan nyeri, bibir yang terbakar sinar matahari juga berwarna lebih gelap.

Jika ingin menjaga bibir tetap sehat dan warnanya cerah, yuk lindungi dengan berbagai cara berikut:

1. Hindari sinar matahari langsung di waktu tertentu

radiasi matahari pada kulit

Jika Anda berencana pergi ke luar rumah, hindari waktu di antara pukul 10 pagi hingga 4 sore kecuali memang mendesak.

Sinar matahari di waktu ini paling terik dan kuat yang bisa merugikan kulit. Apalagi jika tidak dilindungi oleh tabir surya atau pakaian tertutup.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin gunakan masker penutup hidung untuk melindungi bibir dari sengatan matahari langsung yang bisa merusaknya.

Debra M. Langlois, M.D., asisten dosen kedokteran anak di University of Michigan,jugamenyarankan untuk memakai topi dengan tepian yang lebar atau payung demi mencegah supaya bibir tidak terbakar matahari.

2. Pakai tabir surya

cara kerja sunblock

Tabir surya bukan hanya ditujukan untuk melindungi kulit wajah dan tubuh saja. Termasuk juga bibir agar tidak terbakar matahari.

Menurut Adena Rosenblatt, M.D., Ph.D., dokter kulit anak di Amerika Serikat, gunakan krim tabir surya ber-SPF minimal 30 yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Tabir surya ini membantu menangkal paparan sinar matahari yang berbahaya terserap ke kulit bibir.

Selain tabir surya, Anda juga bisa menambah perlindungan bibir dengan menggunakan lipstik atau lip balm yang mengandung SPF. Caranya oleskan dulu tabir suryanya dan tunggu sampai kering, baru oleskan lipstik atau lipbalm tersebut.

Produk pelindung bibir ini wajib dipakai sebelum Anda mulai berkegiatan di luar ruangan. Bahkan meski cuaca di luar mendung karena radiasi sinar matahari tetap bisa sampai ke kulit bibir. Oleh sebab itu, selalu gunakanlah tabir surya terlepas dari apa pun kondisi cuaca saat itu. Jangan sampai tidak.

Perlu diingat bahwa memakai tabir surya tidak cukup sekali untuk mencegah bibir terbakar matahari. Tabir surya atau sunblock perlu dioleskan berulang kali minimal setiap 2 jam sekali karena mudah luntur. Apalagi menggosok bibir, menjilat bibir, makan, dan minum bisa membuat lapisan perlindungan sunblock cepat hilang. Begitu pula dengan mengulang mengoleskan lipstik atau lipbalm ber-SPF.

3. Oles petroleum jelly

Manfaat Petroleum Jelly Vaseline

Petroleum jelly tidak bisa menangkal radiasi sinar matahari. Namun, jangan lewatkan pemakaian petroleum jelly untuk membantu mencegah bibir terbakar matahari. Produk ini membantu menjaga bibir tetap lembap sehingga tidak mudah kering meski terus terpapar sinar matahari dan angin.

Para pakar merekomendasikan mengoleskan petroleum jelly pada bibir setidaknya 30 menit sebelum keluar rumah. Kemudian, jangan lupa untuk mengoleskannya kembali sepanjang hari terutama setelah makan atau minum.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Makeup Mengandung SPF Cukup Untuk Melindungi Kulit dari Sinar UV ?

Berbagai produk makeup kini telah dilengkapi dengan SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Lantas, perlukah menggunakan sunscreen lagi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 30/12/2019 . Waktu baca 4 menit

Sudah Pakai Tabir Surya tapi Kulit Masih Menghitam, Kenapa Begitu?

Tabir surya sudah digunakan, tetapi kulit masih saja bisa menghitam? Berikut beberapa kesalahan saat memakai tabir surya yang mungkin jadi penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Kecantikan 14/12/2019 . Waktu baca 5 menit

Kulit Sudah Keriput, Masih Perlukah Pakai Skincare di Usia Senja?

Meski kulit lansia umumnya sudah keriput, bukan berarti tidak perlu merawat kulit. Rejime perawatan kulit untuk lansia tidak serumit milik anak muda, kok!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Perawatan Lansia 07/11/2019 . Waktu baca 4 menit

5 Poin Penting Dalam Memilih Sunscreen untuk Kulit Eksim

Suncreen wajib digunakan sebelum beraktivitas, apalagi bagi orang dengan masalah eksim. Agar tak keliru, begini cara tepat memilih sunscreen untuk eksim.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/10/2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

arti SPF dan PA dalam sunscreen

Apa Arti SPF dan PA pada Tabir Surya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 12/04/2020 . Waktu baca 4 menit
mencegah kulit terbakar matahari

Tips Melindungi Kulit dari Cuaca Ekstrem Saat Ibadah Haji

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 23/03/2020 . Waktu baca 5 menit
kesalahan memakai sunscreen

4 Kesalahan Umum Memakai Sunscreen Pada Wajah

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 07/02/2020 . Waktu baca 5 menit

Tidak Sengaja Tertelan Petroleum Jelly, Ini Efek Samping yang Mungkin Muncul

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 02/01/2020 . Waktu baca 4 menit