4 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Kepala Agar Tak Terbakar Matahari

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 03/06/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tak hanya kulit wajah dan badan yang butuh dilindungi dari sinar matahari. Kulit kepala juga. Caranya pun sama; dengan pakai sunscreen tapi yang khusus untuk kulit kepala. Apa bedanya dan bagaimana cara memilihnya?

Penting pakai sunscreen untuk kulit kepala

pakai sunscreen

Menjaga kesehatan kulit kepala sama pentingnya dengan kulit tubuh. Menurut Irene Gladstein, MD., seorang dokter bedah plastik di New York, kulit kepala juga rentan terhadap sengatan matahari.

Dilansir dari laman American Cancer Society, paparan sinar matahari adalah salah satu faktor utama penyebab kanker kulit, khususnya kanker kulit sel basal dan skuamosa.

Sayangnya, banyak orang justru tak sadar bahwa kulit kepala juga perlu dijaga dari paparan sinar matahari. Padahal bukan hanya kulit tubuh saja, kulit kepala pun turut berisiko ditumbuhi sel kanker.

Selain meningkatkan risiko kanker, bahaya sinar matahari lainnya yaitu bisa menyebabkan rambut rontok dan rusak. Hal ini terjadi terutama ketika kulit kepala terbakar sinar matahari sehingga membuat folikel rambut rusak.

Berbagai alasan inilah yang menjadi alasan mengapa menjaga kesehatan kulit kepala dari sinar UV sama pentingnya dengan kulit tubuh serta wajah.

Tips memilih sunscreen yang tepat untuk kulit kepala

sunblock atau sunscreen

Sebelum memilih sunscreen untuk kulit kepala, pertimbangkan berbagai hal penting berikut seperti:

1. Pilih yang SPF-nya minimal 30

Sun protection factor atau SPF adalah penentu seberapa lama Anda bisa berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar saat memakai produk tersebut. Sebagai contoh, produk dengan SPF 15 membuat Anda memiliki waktu 15 kali lipat lebih lama dari yang seharusnya sebelum kulit akhirnya terbakar.

Dilansir dari Skin Cancer Foundation, idealnya gunakan produk sunscreen atau sunblock dengan SPF 30 untuk kulit tubuh, wajah, dan kulit kepala. Selain itu, usahakan untuk memilih sunscreen yang tahan air termasuk keringat terlebih jika Anda sering berkegiatan di bawah terik sinar matahari.

2. Sesuaikan dengan jenis rambut

Sebelum memilih tabir surya untuk kulit kepala, kenali dulu tipe rambut Anda. Apakah tipis, tebal, atau bahkan botak. Hal ini nantinya akan dijadikan acuan untuk memilih produk yang tepat.

Untuk tipe rambut yang tebal misalnya, pilihlah tabir surya dengan tekstur cair agar mudah menyerap dan tidak membuat kulit kepala berminyak. Sementara untuk rambut yang tipis atau botak, bisa menggunakan tabir surya dengan tekstur krim yang lebih pekat.

3. Pilih produk yang paling mudah digunakan

Sekarang ini tabir surya tersedia dalam banyak bentuk dari mulai krim, losion, gel, hingga semprot. Untuk memudahkan, pilihlah produk yang menurut Anda paling mudah digunakan di kulit kepala. Apa pun bentuk yang digunakan selama bisa melindungi kulit kepala secara maksimal tidak masalah.

4. Gunakan yang khusus untuk kulit kepala

Ada banyak sekali produk sunscreen yang dijual di pasaran. Namun untuk kulit kepala, pilihlah produk sunscreen yang memang diformulasikan khusus untuk area tersebut.

Produk yang dirancang khusus untuk kulit kepala akan memberikan perlindungan yang lebih maksimal dibandingkan dengan produk untuk kulit wajah atau tubuh.

Gunakan topi sebagai pelindung tambahan

penyebab kebotakan

Menggunakan topi sebagai pelindung tambahan pada kulit kepala membantu memberikan perlindungan ekstra yang lebih maksimal. Jika memungkinkan, gunakan topi yang memberikan perlindungan UPF (ultraviolet protection factor).

Anda juga bisa menggunakan jaket dengan penutup kulit kepala jika memungkinkan. Kemudian, aplikasikan sunscreen selama dua jam sekali untuk kulit kepala dan area di sekitarnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waktu Penggunaan Sunscreen yang Tepat Demi Kulit yang Lebih Sehat

Sunscreen merupakan produk yang penting untuk kesehatan kulit. Namun, masih ada orang yang belum paham betul waktu pemakaian sunscreen. Kapan harus dipakai?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Kecantikan 16/03/2020 . Waktu baca 3 menit

Tips Menghilangkan Rasa Gatal Pada Kulit Kepala Sesuai Penyebabnya

Anda perlu mengetahui penyebab kulit kepala gatal sebelum melakukan tindakan pengobatan. Penasaran apa penyebab dan bagaimana cara mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Penyakit Kulit, Health Centers 14/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Makeup Mengandung SPF Cukup Untuk Melindungi Kulit dari Sinar UV ?

Berbagai produk makeup kini telah dilengkapi dengan SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Lantas, perlukah menggunakan sunscreen lagi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 30/12/2019 . Waktu baca 4 menit

Sudah Pakai Tabir Surya tapi Kulit Masih Menghitam, Kenapa Begitu?

Tabir surya sudah digunakan, tetapi kulit masih saja bisa menghitam? Berikut beberapa kesalahan saat memakai tabir surya yang mungkin jadi penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Kecantikan 14/12/2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

merawat rambut bagi wanita berhijab

9 Trik Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020 . Waktu baca 6 menit
arti SPF dan PA dalam sunscreen

Apa Arti SPF dan PA pada Tabir Surya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 12/04/2020 . Waktu baca 4 menit
Obat tradisional dermatitis seboroik

6 Rekomendasi Obat Tradisional untuk Atasi Dermatitis Seboroik

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 07/04/2020 . Waktu baca 6 menit
Konten Bersponsor
mencegah kulit terbakar matahari

Tips Melindungi Kulit dari Cuaca Ekstrem Saat Ibadah Haji

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 23/03/2020 . Waktu baca 5 menit