9 Kebiasaan Buruk di Kantor yang Ternyata Merusak Kesehatan

Oleh

Jika Anda bekerja di kantor, duduk di balik meja dan memandangi layar komputer adalah tentu menjadi hal yang paling sering Anda lakukan. Stres dan tuntutan pekerjaan dapat membuat Anda hanya terfokus pada pekerjaan Anda, dan bukan pada kesehatan fisik. Jika dihitung-hitung, Anda berarti dapat saja melakukan kebiasaan buruk selama 40 jam setiap minggunya. Namun, jangan khawatir, hanya dengan beberapa penyesuaian, Anda dapat mengganti kebiasaan buruk di kantor yang sering Anda lakukan, dan menciptakan kondisi yang lebih sehat dalam bekerja.

1. Meja yang berantakan

Area kerja yang tidak terurus dapat menyebabkan stress dan menyebabkan pekerjaan menjadi lebih tidak efisien. Parahnya lagi, meja, telepon genggam, dan komputer Anda dapat menjadi sarang yang baik bagi kuman-kuman. Setiap minggu sekali, cobalah untuk membersihkan lingkungan kerja Anda. Susun meja kerja Anda dan letakan benda pada tempat yang seharusnya.

2. Postur tubuh yang buruk

Anda mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di meja kerja Anda dibandingkan di tempat lain. Jadi, ketika Anda duduk di meja kerja, sangatlah penting bagi Anda untuk melakukannya dengan benar. Atur ketinggian bangku sehingga kaki Anda dapat berpijak pada lantai. Selain itu, siku dan lengan Anda juga harus dalam posisi sudut 90 derajat. Atur pula layar komputer Anda sehingga mata Anda sejajar dengan sudut teratas layar. Atur kemiringan layar agar sedikit menghadap keatas menuju mata Anda.  

3. Duduk lama dalam posisi yang sama

Saat Anda duduk dalam waktu yang lama, tubuh Anda dapat dianggap seperti sedang tertidur. Untuk itu, setiap satu jam sekali, cobalah untuk bangun dari tempat duduk dan berjalan, atau melakukan peregangan. Hal ini akan aliran darah mengalir lebih lancar ke seluruh tubuh dan otak Anda.

Jangan lewatkan setiap kesempatan untuk beranjak dari meja, Anda juga dapat mencoba mengadakan rapat sambil berdiri. Daripada memanggil rekan kerja Anda atau mengirimkan e-mail kepada mereka, cobalah untuk berjalan dan menyampaikan pesan Anda secara langsung. Penelitian menunjukan bahwa hal ini dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

4. Bergosip

Drama dalam lingkungan kerja bukan hanya mengurangi produktivitas, tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan psikologis dan membuat stress bagi mereka yang terlibat. Cobalah untuk menghindari gosip di kantor, dan jika Anda mendapatkan informasi personal mengenai rekan kerja Anda, simpanlah untuk diri Anda sendiri. Jika Anda pergi dengan rekan Anda, cobalah untuk tidak membahas cerita-cerita yang menyinggung lingkungan kerja Anda.

5. Ngemil yang tidak sehat

Makanan ringan mungkin dapat membuat pikiran Anda tetap terjaga dan memberi tambahan tenaga bagi Anda. Selain itu, kebiasaan mengemil juga membuat Anda merasa tetap kenyang hingga dapat membuat Anda mengurangi porsi makan siang atau makan malam Anda. Tetapi mengonsumsi 1 kantong keripik kentang sebagai cemilan tentu lebih memberi akibat yang buruk daripada menyehatkan. Solusinya, Anda dapat mencoba mengonsumsi buah potong, kacang-kacangan, snack granola batangan, atau sedikit dark chocolate sebagai cemilan Anda.

6. Tidak makan siang

Tidak makan siang merupakan kebiasaan buruk yang tidak boleh dibiarkan. Jangan biarkan pekerjaan Anda mengganggu jadwal makan Anda. Bukan hanya membuat Anda tidak bertenaga, melewatkan makan siang juga membuat konsentrasi dan kemampuan berpikir Anda menurun.  Selain itu, perut yang lapar juga akan membuat Anda makan lebih banyak dari porsi yang seharusnya pada waktu makan malam.

7. Makan di meja kerja Anda

Makan tepat waktu dan mengonsumsi camilan yang sehat merupakan hal yang baik. Namun, bukan berarti Anda disarankan untuk makan di meja kerja. Makan siang merupakan kesempata bagi pikiran Anda untuk beristirahat. Cobalah sayangi tubuh Anda, dengan tidak makan siang sambil bekerja. Selain itu, makan di meja kerja juga tidak menyehatkan karena remah-remah dari makanan dapat menjadi habitat yang baik bagi kuman untuk tumbuh.

8. Tidak cukup minum

Mi um air putih seharusnya menjadi kebiasaan bagi Anda. Tidak hanya untuk menjaga tubuh dan pikiran Anda agar tetap segar, air putih juga membantu menekan nafsu makan sehingga Anda dapat mengontrol nafsu makan. Anda dapat menyimpan satu botol air di meja kerja Anda dan membuat target jumlah air yang harus Anda minum setiap harinya.

9. Jam kerja yang lama

Anda mungkin sering merasa tidak ada cukup waktu dalam satu hari untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Namun, kehidupan kerja yang sehat dan seimbang adalah hal yang diperlukan agar Anda tetap berenergi dan produktif. Cobalah untuk membatasi jam kerja Anda, dan buatlah batasan antara jam kerja dan jam istirahat. Jangan menerima panggilan pekerjaan di luar jam kerja, dan buatlah waktu di luar jam kerja Anda semenyenangkan mungkin agar Anda dapat mengistirahatkan pikiran Anda.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 3, 2017 | Terakhir Diedit: September 5, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca