Jika Anda adalah masyarakat abad ke-21, perhatian Anda pasti akan teralihkan setiap tiga menit atau lebih oleh pesan masuk atau dengan hal apapun di handphone Anda menurut profesor informatika Gloria Mark, dari University of California di Irvine. Selain itu, faktor yang ada di dalam diri, seperti kelelahan, gangguan, kurangnya motivasi, dan sebagainya, dapat mengganggu Anda untuk berkonsentrasi. Oleh karena itu, mari kita lihat berbagai cara yang baik agar tetap fokus berikut ini!

Cara-cara untuk tetap fokus

1. Bermeditasi

Meditasi dapat memberikan solusi untuk memecahkan masalah dalam memperhatikan sesuatu. Pada bulan Mei, sebuah laporan dalam jurnal Brain Research Bulletin mengilustrasikan bahwa pelatihan atau meditasi kesadaran dapat meningkatkan fokus seseorang. Dalam studi yang dipimpin oleh Christopher Moore di Massachusetts Institute of Technology, peserta menjalani dua bulan pelatihan untuk meningkatkan presepsi mereka dengan sensasi umum, seperti bernapas.

Ketika Moore dan timnya mengukur aktivitas otak dari masing-masing peserta dengan scan magnetoencephalography, mereka mengamati peningkatan daerah terkait dengan fokus selektif. Sebuah studi di University of North Carolina, mengungkapkan bahwa siswa yang bermeditasi selama hanya 20 menit per empat hari dapat melakukan beberapa tes kognitif lebih baik.

2. Mengurangi multitasking

Orang yang multitasking (multitasker) mungkin tampak seperti manusia super, tetapi menurut studi di Stanford tahun 2009, mereka memiliki kelemahan yang fatal. Dalam sampel 100 siswa Stanford, sekitar setengah dari mereka mengidentifikasi diri sebagai multitasker media, dan setengah lainnya tidak.

Penelitian memeriksa rentang fokus, kapasitas memori, dan kemampuan untuk beralih dari satu tugas ke tugas berikutnya, dan multitasker melakukan setiap tes dengan hasil yang lebih buruk. “Mereka lemah untuk ketidakrelevanan. Semuanya dapat mengalihkan fokus mereka,” menurut Clifford Nass, salah seorang peneliti.

3. Berolahraga secara teratur

Berolahraga tidak hanya lebih baik untuk tubuh, tetapi juga penting untuk mempromosikan kesehatan otak yang penting untuk kapasitas ingatan dan konsentrasi, sahut John Ratey, seorang profesor klinis psikiatri di Harvard Medical School.

Khususnya, para ilmuwan berpikir bahwa olahraga teratur dapat membantu untuk merangsang pelepasan bahan kimia faktor neurotropik yang diturunkan oleh otak. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa olahraga dapat membantu memperbaiki kerusakan rangkaian memori untuk meningkatkan fungsi otak.

4. Mencoba untuk menemukan tempat yang tenang

Kebisingan, seperti suara klakson mobil atau anak-anak yang berteriak, dapat merangsang pelepasan hormon stres kortisol, menurut Mark A.W. Andrews, seorang mantan direktur Lake Erie College of Osteopathic Medicine di Seton Hill University Pennsylvania. Terlalu banyak hormon kortisol dapat merusak fungsi dan menghalangi fokus. Dan sayangnya, semakin kita mendengar kebisingan, semakin tubuh kita merespon kortisol.

5. Minum minuman berkafein

Kafein dan efeknya kepada tubuh, termasuk kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan telah dipelajari secara ekstensif. Dan ternyata, kopi juga dapat meningkatkan fokus kita, meskipun secara tidak langsung. Ini mungkin terjadi karena kafein meningkatkan gairah fisiologis, yang juga dapat membuat seseorang tidak mudah terganggu dan lebih mampu untuk mempertahankan perhatian dalam mengerjakan tugas, jelas, Astrid Nehlig, seorang psikolog Prancis.

6. Menatap sebuah objek yang jauh selama beberapa menit

Banyak orang yang menghabiskan waktunya menatap layar, seperti layar TV, komputer, HP, dan lain-lain. Oleh karena itu, ketegangan pada mata dapat membuatnya sulit untuk tetap fokus. Untuk mengembalikan fokus pada mata, Anda hanya perlu menatap sebuah objek yang jauh selama beberapa menit. Beberapa dokter menyarankan “aturan 20-20-20” kepada wartawan LifeHacker. Maksudnya adalah setiap 20 menit, Anda beristirahat selama 20 detik untuk menatap sebuah objek di kejauhan 20 kaki (6 meter).

7. Bekerja tanpa koneksi internet

Jika Anda dapat memutuskan sambungan internet, maka ada hanya memiliki sedikit hal yang dapat mengganggu Anda. Para ahli berpikir bahwa setiap kali Anda melakukan hal lain antara pekerjaan, seperti melihat pesan baru, media sosial, dan lain-lain, Anda hanya akan memiliki sedikit perhatian pada tugas yang baru saja Anda tinggalkan.

BACA JUGA:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca