6 Jenis Buah untuk Bantu Meredakan Sakit Kepala

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala. Setidaknya ada 6 jenis buah untuk sakit kepala yang dapat Anda konsumsi. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Buah untuk meredakan sakit kepala

Tidak menutup kemungkinan apabila sakit kepala terjadi karena faktor gaya hidup, yaitu pemilihan makanan. Dikutip dari Cleveland Clinic, komposisi serta kandungan kimiawi pada makanan bisa menjadi salah satu pemicu sakit kepala. Pilihlah makanan yang seimbang dan tambahkan asupan sayur serta buah.

Ada beberapa pilihan buah-buahan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi atau meredakan penyebab sakit kepala. Buah-buahan ini bisa bermanfaat jika dikonsumsi berdasarkan penyebab munculnya rasa sakit di kepala.

1. Semangka

Semangka adalah salah satu jenis buah untuk sakit kepala yang disebabkan oleh  dehidrasi. Menurut sebuah penelitian yang dimuat di dalam British Journal of Nutrition, dehidrasi memang dapat menyebabkan rasa sakit kepala sebelah atau migrain.

Buah semangka memang mengandung 92% air di dalamnya. Bahkan, satu cangkir semangka sebesar 154 gram mengandung 118 mililiter air, serta kandungan lain seperti serat, vitamin C, vitamin A, dan magnesium. Oleh sebab itu, buah ini cocok untuk mencegah dehidrasi yang dapat menjadi penyebab sakit kepala.

Selain kandungan airnya yang melimpah, buah semangka termasuk buah yang rendah kalori sehingga Anda tidak perlu khawatir takut gemuk jika ingin mengonsumsi buah ini dalam jumlah banyak.

Jika Anda ingin mengonsumsinya, Anda bisa menggunakannya sebagai camilan atau makanan penutup. Anda juga bisa menambahkan buah ini ke dalam salad yang Anda buat.

Namun, perlu dicatat bahwa Anda harus mengonsumsi buah penghilang sakit kepala ini dalam kondisi yang sempurna. Artinya, buah masih belum sepenuhnya matang, atau sudah terlalu matang dan hampir busuk. Mengapa? Pasalnya dalam proses pembusukannya, buah ini memproduksi amina biogenic yang disebut dengan tyramine.

Tyramine berpotensi menyebabkan sakit kepala migrain jika Anda tidak memiliki enzim monoamine oxidase (MAO) di dalam tubuh. Pasalnya, enzim ini dapat membantu tubuh memproses tyramine, sehingga kurangnya enzim ini dapat meningkatkan potensi Anda mengalami sakit kepala migrain.

2. Pisang

Pisang juga bisa Anda manfaatkan sebagian buah untuk penghilang sakit kepala. Tidak hanya buah, kulit pisang juga bisa Anda manfaatkan untuk meredakan rasa sakit di area kepala, khususnya sakit kepala tegang.

Buah pisang kaya akan kalium dan bisa membantu Anda mengembalikan kadar kalium yang hilang di dalam tubuh. Biasanya, kadar kalium dan natrium bisa menghilang jika Anda mengonsumsi alkohol.

Tidak hanya itu, saat mengonsumsinya, alkohol juga dapat menghalangi produksi hormon yang membantu tubuh Anda menyerap air, sehingga Anda bisa mengalami dehidrasi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala.

Maka dari itu, Anda bisa mengonsumsi buah pisang yang sudah matang untuk membantu mengatasi sakit kepala yang mungkin terjadi akibat mengonsumsi alkohol. Tidak hanya buahnya, kulit dari buah ini juga bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala.

Untuk mendapatkan manfaat dari kulit pisang, Anda bisa membekukannya terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menggunakannya untuk meredakan sakit kepala dengan cara meletakkan kulit pisang yang sudah beku di dahi atau leher bagian belakang.

3. Alpukat

Kekurangan magnesium di dalam tubuh bisa menjadi salah satu gejala sakit kepala kluster. Maka dari itu, meningkatkan kadar magnesium berpotensi mengatasi sakit kepala yang Anda rasakan. Anda bisa meningkatkan kadar magnesium di dalam tubuh dengan mengonsumsi buah alpukat sebagai buah penghilang sakit kepala.

Buah penghilang sakit kepala jenis ini dapat membantu meningkatkan kadar magnesium di dalam tubuh sehingga meredakan sakit kepala cluster yang Anda alami. Satu buah alpukat saja mengandung 58 miligram magnesium atau sebesar 16% dari kebutuhan magnesium harian Anda.

Tidak hanya mengandung magnesium, alpukat juga kaya akan nutrisi lainnya. Misalnya, buah ini juga mengandung lemak sehat, vitamin B, vitamin K, vitamin E, dan juga kalium.

4. Nanas

Buah untuk sakit kepala berikutnya adalah buah nanas. Buah ini mungkin bisa Anda gunakan untuk meredakan sakit kepala yang terjadi akibat infeksi sinus atau sinusitis. Di dalam buah nanas, terdapat bromelain, yaitu campuran enzim yang bisa diekstrak dari buah atau batangnya.

Sebuah penelitian yang diadakan pada tahun 2016 dan dimuat dalam jurnal Biomedical Reports menyatakan bahwa bromelain berpotensi mengurangi durasi dari sinusitis, khususnya yang terjadi pada anak-anak. Selain itu, buah ini juga dapat meningkatkan pernapasan dan mengurangi peradangan pada saluran pernapasan.

Namun, mengonsumsi buah ini secara berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping. Misalnya, sakit perut atau gangguan menstruasi pada wanita. Agar dapat tetap mengonsumsi buah ini dalam mengatasi sakit kepala sinus secara aman, Anda bisa mengonsumsi buah ini sebanyak 12 gram setiap harinya. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari efek samping yang tidak diinginkan.

5. Kranberi

Walaupun buah yang satu ini termasuk populer dan bermanfaat untuk penyakit infeksi saluran kemih, Anda juga bisa menggunakannya sebagi buah untuk penghilang sakit kepala. Hal ini dikarenakan kranberi mempunyai kandungan berupa salicylic acid yang cukup besar dan fungsinya penting untuk aspirin.

Apabila Anda mengonsumsi jus kranberi secara teratur, maka akan meningkatkan senyawa asam salisilat di dalam tubuh. Kandungan ini pula yang dapat mengurangi pembengkakan dan mencegah pembekuan darah yang menjadi penyebab sakit kepala.

6. Apel

Para peneliti bersama dengan The Smell and Taste Treatment dan Research Foundation menemukan bahwa aroma apel hijau memiliki efek yang dapat mengurangi keparahan gejala migrain. Terdapat 15 orang yang menyatakan adanya pengurangan signifikan dari keparahan sakit kepala.

Selain menjadi buah yang bisa langsung dimakan, Anda juga bisa mengonsumsi apple cider vinegar atau cuka sari apel karena mempunyai kandungan zat besi, kalium, serta kalsium.

Kandungan didalamnya secara tidak langsung dapat membantu meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

Buah yang sebaiknya dihindari untuk sakit kepala

Meski ada beberapa jenis buah penghilang sakit kepala di atas, namun ada pula buah-buahan lain yang mungkin justru menjadi pemicu munculnya sakit kepala tertentu. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin sakit kepala, akan lebih baik Anda mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang masih tergolong wajar.

Contohnya, buah yang diduga dapat memicu munculnya migrain pada beberapa orang adalah buah-buahan sitrus seperti lemon dan jeruk. Meski begitu, tidak semua orang yang mengonsumsi buah-buahan ini pasti akan mengalami sakit kepala migrain. Pasalnya, penyebab terjadinya migrain pada setiap orang mungkin berbeda-beda.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin mengetahui penyebab dari migrain, cobalah untuk menulis buku harian yang mencatat waktu terjadinya sakit kepala yang Anda alami. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memahami apa penyebab dari munculnya sakit kepala.

Buah penghilang sakit kepala dapat Anda konsumsi untuk membantu meredakan sakit kepala yang Anda alami. Meski demikian, jika sakit kepala yang Anda alami sungguh mengganggu atau menimbulkan rasa tidak nyaman, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Oktober 29, 2019 | Terakhir Diedit: Februari 21, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca