4 Manfaat Melakukan Seks di Pagi Hari

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017
Bagikan sekarang

Kapan waktu yang paling sering Anda dan pasangan gunakan untuk melakukan seks? Malam hari seperti kebanyakan orang atau di pagi hari? Bagi beberapa orang, waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual adalah di malam hari, ketika semua aktivitas hari itu sudah terselesaikan. Biasanya, sambil menunggu Anda berdua mengantuk, seks bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun, tahukah Anda seks pagi hari juga memberikan manfaat yang tidak Anda dapatkan di malam hari? Berikut ulasannya.

Apa manfaat melakukan seks pagi hari?

Padatnya kesibukan sehari-hari sering kali menjadi kendala bagi pasangan untuk melakukan hubungan seks di malam hari. Stres pekerjaan ditambah jarak tempuh antara rumah dan kantor yang menyita waktu sudah lebih dulu menghabiskan energi Anda berdua. Padahal, bercinta jadi salah satu kunci keharmonisan rumah tangga.

Bagi Anda yang mengalami permasalahan seperti yang disebutkan, hubungan seks pagi hari bisa menjadi solusi. Jika Anda biasanya memulai hari dengan secangkir kopi atau teh hangat, tidak ada salahnya jika Anda mencoba memulai hari dengan permainan panas bersama pasangan, karena seks pagi hari ternyata juga membawa banyak keuntungan untuk Anda. Apa saja? Ini jawabannya.

1. Hidup Anda akan lebih sehat dan bahagia

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Debby Herbenick seorang peneliti di Amerika serikat, seseorang yang bercinta di pagi hari ternyata tidak hanya merasa lebih bersemangat sepanjang hari. Namun, juga membuat sistem kekebalan tubuh mereka lebih kuat.

Studi tersebut menunjukkan bahwa seseorang yang memulai hari mereka dengan cara ini akan lebih sehat dan lebih bahagia dibandingkan mereka yang hanya memilih secangkir teh sebelum menuju ke luar rumah.

Tidak hanya membuat mereka lebih kecil kemungkinannya untuk terkena flu, seks pagi hari juga dapat meningkatkan kualitas rambut, kulit, dan kuku Anda. Berhubungan seks pagi hari membuat Anda melepaskan hormon oksitosin, yang membuat pasangan merasa dicintai, bahagia dan terikat sepanjang hari.

2. Membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik

Aktivitas yang menyenangkan, seperti makan, dan seks, tidak hanya memberikan kesenangan untuk Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Proceedings of The National Academy of Science di tahun 2010 menemukan bahwa seks di pagi hari dapat mengurangi stres dengan menghambat respons kecemasan di otak, dan meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih baik.

Selama berhubungan seks, Anda akan melepaskan hormon oksitosin, hormon ini memiliki banyak efek positif pada tubuh Anda. Hal ini membuat Anda merasa lebih dekat dengan pasangan, dan membuat Anda tetap gembira, terutama setelah berhubungan seks.

3. Membuat Anda terlihat lebih muda

Seks di pagi hari bisa membuat Anda terlihat lima sampai tujuh tahun lebih muda. Hal ini disebabkan oleh pelepasan hormon endorfin saat Anda melakukan seks.

David Weeks, seorang mantan kepala psikologi usia lanjut di Rumah Sakit Royal Edinburgh, mengajukan pertanyaan kepada pria dan wanita tentang kehidupan seks mereka. Ia menemukan bahwa mereka yang terlihat lebih muda dari usia mereka mengaku memiliki hubungan seks rata-rata 50 persen lebih banyak, dalam kelompok usia 40 sampai 50 tahun, yang disamakan dengan tiga kali seminggu, bukan dua kali.

Seks ternyata dapat menyebabkan pelepasan hormon pertumbuhan manusia, yang bisa membuat kulit terlihat lebih elastis, di antara reaksi biologis lain.

4. Membakar kalori

Tahukah Anda bahwa melakukan seks pagi hari dapat membakar kalori di dalam tubuh Anda? Menurut penelitian, kalori yang Anda bakar saat seks adalah 4,2 kalori untuk pria per satu menit dan 3,1 kalori untuk wanita per satu menit. Seks di pagi hari adalah olahraga yang lebih baik dibandingkan berjalan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Suami Tiba-tiba Mengaku Gay, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Suami akhirnya mengaku bahwa ia gay setelah Anda mencurigai tanda dan sikapnya selama ini. Apa yang bisa istri lakukan pada situasi ini?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

Mengatasi Trauma Memulai Hubungan Baru Setelah Bercerai

Setelah bercerai, pasti banyak orang yang mengalami trauma dan takut memiulai hubungan baru. Bagaimana cara mengatasi trauma setelah bercerai?

Ditulis oleh: Novita Joseph

5 Tanda-Tanda Anda Tidak Cinta Lagi Dengan Pasangan

Sudah lama menjalin hubungan dengan dia dan kini merasakan tanda sudah tidak cinta lagi? Simak apa saja tanda cinta Anda ke dia mulai pudar.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

4 Tips Memilih Lingerie yang Nyaman dan Menggoda untuk Bercinta

Persiapan bercinta malam ini bisa dilakukan dengan memilih lingerie. Adakah tips untuk memilih lingerie yang pas, nyaman, dan menggoda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

Direkomendasikan untuk Anda

air mani keluar saat puasa

4 Cara Mencegah Keluar Air Mani Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
seks rutin mencegah lansia

Hubungan Seks Secara Rutin Bisa Mencegah Pikun, Benarkah?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 15/04/2020
seks memperlambat menopause

Rutin Berhubungan Seks Bisa Memperlambat Datangnya Menopause

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 03/04/2020
tanda-tanda selingkuh

6 Tanda Pasangan Anda Selingkuh

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 17/02/2020