4 Alasan Pentingnya Menjaga Penampilan untuk Pasangan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Anda mungkin pernah mendengar bahwa penampilan seharusnya tidak menjadi faktor utama yang membuat Anda tertarik kepada seseorang. Nyatanya, penampilan fisik sebenarnya memiliki andil besar dalam suatu hubungan. Secara ilmiah, menjaga penampilan untuk pasangan ternyata memberikan sejumlah manfaat.

Pentingnya menjaga penampilan untuk pasangan

Tertarik pada penampilan fisik bukan berarti Anda hanya menyukai sisi luar yang dimiliki seseorang. Ada sejumlah alasan ilmiah di balik pentingnya penampilan fisik dalam suatu hubungan. Berikut di antaranya:

1. Penampilan fisik menggambarkan kesehatan

Secara naluriah, manusia tertarik kepada orang-orang yang tampak sehat. Penampilan fisik yang baik adalah salah satu tanda bahwa seseorang memiliki tubuh yang sehat, bugar sesuai usianya, dan mampu bereproduksi.

Beragam penelitian turut menemukan bahwa saat memilih teman kencan, penampilan fisik menjadi karakteristik yang sangat penting. Penampilan fisik tak selalu berarti wajah yang tampan atau cantik, melainkan cukup memberikan rasa tertarik.

Sadar ataupun tidak, keinginan menjaga penampilan untuk pasangan juga memberikan manfaat bagi diri Anda sendiri. Pasalnya, Anda mungkin akan sering berolahraga, merawat kulit, atau melakukan hal lain yang membuat tubuh Anda semakin sehat.

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Bagi sebagian orang, membicarakan penampilan bisa menimbulkan rasa rendah diri. Namun, Anda sebenarnya dapat mengubah rasa rendah diri tersebut menjadi motivasi untuk meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik lagi.

Menjaga penampilan fisik justru bisa meningkatkan kepercayaan diri. Semakin Anda menjaga penampilan untuk pasangan, semakin tumbuh pula rasa percaya diri Anda. Lambat laun, Anda semakin mampu menghargai diri sendiri.

Kepercayaan diri yang tinggi akan menjauhkan hubungan Anda dari konflik terkait kecurigaan satu sama lain, rasa tidak aman (insecure), serta perasaan minder. Inilah yang membuat hubungan Anda dan pasangan semakin harmonis.

3. Penampilan fisik menggambarkan kebahagiaan

Selain menandakan kesehatan, penampilan fisik juga dapat menggambarkan kebahagiaan seseorang. Bagi sebagian orang, penampilan fisik yang menarik berhubungan erat dengan emosi positif dan rasa bahagia.

Emosi ini berasal dari rasa percaya diri dan kemampuan menghargai diri sendiri. Semakin besar rasa percaya diri Anda, semakin Anda tampak bahagia. Kebahagiaan ini akan tersampaikan kepada pasangan Anda sehingga hubungan semakin langgeng.

Tentu tidak mudah membangun emosi positif dan rasa bahagia. Namun, Anda bisa mengawalinya dengan menjaga penampilan untuk pasangan. Lama-kelamaan, kebahagiaan akan muncul dari dalam diri Anda.

4. Meningkatkan daya tarik seksual

Penampilan bukanlah faktor utama yang menentukan daya tarik seksual seseorang. Meski demikian, tak dapat dipungkiri bahwa penampilan fisik adalah hal pertama yang memantik rasa tertarik kepada seseorang secara seksual.

Seiring bertambahnya usia hubungan, kebanyakan orang telah betah dalam zona nyaman bersama pasangannya. Anda mungkin tidak lagi peduli terhadap penampilan fisik karena pasangan Anda selalu menerima diri Anda apa adanya.

Padahal, saling menjaga penampilan untuk pasangan bisa menyegarkan hubungan. Bahagia dan percaya diri yang terpancar, ditambah tubuh sehat dan terawat, akan meningkatkan daya tarik seksual. Hubungan Anda pun tak terasa menjemukan.

Penampilan memang bukan faktor utama yang menentukan kehamornisan hubungan asmara. Faktor-faktor lain seperti komunikasi, keterbukaan, dan kedewasaan juga turut berperan besar.

Akan tetapi, penampilan fisik tetaplah memiliki porsi dalam kebahagiaan Anda dan langgengnya hubungan. Menjaga penampilan tidak hanya bertujuan untuk menyenangkan pasangan, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca