4 Tips Ampuh Menghadapi Pasangan yang Dulunya Playboy

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Pacar Anda sudah insaf dari sifat playboy-nya zaman dulu, tetapi Anda masih merasa tidak aman setiap ia berdekatan dengan lawan jenis? Nah, agar rasa cemas Anda hilang, simak beberapa cara mengatasi pacar yang dulunya playboy berikut ini.

Mengapa ada istilah playboy?

Sebelum mengetahui cara mengatasi pacar yang dulunya playboy, mari berkenalan dulu dengan istilah tersebut.

Playboy merupakan seseorang yang sulit untuk berkomitmen dalam sebuah hubungan. Umumnya, mereka tahu apa yang harus dikatakan, memperlakukan pasangannya, hingga meyakinkan pasangannya kalau mereka benar-benar ingin berkomitmen.

Tipu daya tersebut akhirnya memikat orang-orang. Tak jarang, setelahnya para playboy ini kemudian akan meninggalkannya.

Bagi kebanyakan playboy, kebiasaan ini akan sulit dihentikan. Hal tersebut dikarenakan adanya adrenalin yang terpacu dan euforia ketika mereka tahu pesonanya berhasil memikat seseorang.

Walaupun banyak yang mengaku sulit menghentikannya, ada di antara mereka yang berhasil jatuh cinta kepada satu orang saja dan berkomitmen.

Ketika menjadi orang yang terpilih, Anda bisa jadi tetap merasa cemas karena khawatir sifat playboy pasangan kembali kumat. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa cara khusus mengatasi masalah seputar pasangan yang dulunya playboy

Cara mengatasi pacar playboy

Kunci utama dari sebuah hubungan adalah kepercayaan dan kejujuran. Jika Anda sulit memercayai pasangan Anda, tentu akan susah untuk membangun hubungan yang sehat.

Pacar yang dulunya playboy memang membuat hati tidak tenang. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa strategi untuk mengatasi masalah ini.

1. Mencari tahu kepribadiannya

salah paham dengan pasangan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi pasangan yang dulunya playboy adalah dengan mengenalnya lebih dalam lewat kepribadiannya.

Walaupun mengetahui riwayat percintaannya cukup buruk, rasa cinta padanya mungkin tidak luntur begitu saja. Tetap ada kemungkinan bahwa kali ini dia benar-benar serius hanya pada Anda seorang.

Akan tetapi, tak ada salahnya untuk tetap waspada. Salah satu caranya adalah dengan mengenal kepribadiannya lebih dalam.

Umumnya, kepribadian seseorang tidak akan berubah dalam sekejap sekalipun telah berniat menjalin hubungan serius. Di sinilah Anda perlu berkomunikasi dengannya.

2. Ramah dengan teman-temannya

mengenalkan pacar ke sahabat

Biasanya, para playboy memiliki lingkaran pertemanan yang tahu bahwa pasangan Anda tidak pernah berada dalam hubungan jangka panjang yang serius.

Cobalah untuk memperhatikan bagaimana teman-teman pasangan Anda memperlakukan Anda.

Apabila mereka melihat Anda sebagai orang yang hanya akan datang dan pergi dalam sekejap, mungkin itu menjadi tanda bahwa pasangan Anda memang belum benar-benar insaf.

Misalnya, teman-teman pasangan Anda tidak terlalu ingin mengenal Anda, sehingga pada saat Anda dikenalkan mereka cenderung acuh tak acuh.

Itu sebabnya mengenal dan ramah dengan teman-temannya bisa Anda lakukan agar mereka tahu bahwa Anda tidak seperti pasangan-pasangan yang sebelumnya.

Setidaknya, buat mereka mengingat bahwa Anda adalah orang yang dipilih pasangan Anda ketika ia memutuskan untuk “berhenti” menjadi playboy.

3. Mengikuti arus

pasangan perfeksionis

Nah, salah satu cara ampuh mengatasi pacar playboy adalah go with the flow, alias ikuti saja alur hubungan ini. Anda mungkin menyukai pasangan dan begitu juga sebaliknya.

Akan tetapi, terlalu menjaga hubungan yang sebenarnya masih belum terlalu dalam juga berisiko tinggi.

Entah Anda yang terlalu lelah dengan perasaan cemas Anda atau pasangan yang akan merasa dikekang. Oleh karena itu, menikmati hubungan ini sebagaimana biasanya adalah alternatif yang cukup ampuh.

Anda dan pasangan bisa memikirkan apakah Anda berdua benar-benar yakin untuk menjalin hubungan ke jenjang yang lebih serius. Bangunlah fondasi yang kuat agar hubungan Anda berdua tidak rapuh oleh kecemasan Anda.

4. Mengakhiri hubungan

sedih akibat putus karena ldr

Apabila ketiga cara di atas sudah dilakukan, Anda masih terbebani dengan pikiran negatif tersebut. Kemungkinan besar jalan keluarnya adalah mengakhiri hubungan.

Menghadapi pasangan yang playboy memang dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Akan tetapi, jika Anda merasa pasangan tidak berubah, mungkin sudah saatnya untuk keluar dari hubungan ini.

Hal ini dapat dilakukan sejak dini sebelum perasaan Anda atau pasangan semakin dalam dan menjadi sangat tersakiti ketika mengakhiri hubungan.

Intinya, cara menghadapi pasangan yang playboy adalah tetap percaya dengan pasangan Anda. Jika kepercayaan sudah tidak lagi bisa diperoleh, akan sulit untuk mendapatkan hubungan yang langgeng dan sehat.

Oleh karena itu, apabila Anda sulit untuk memercayai pasangan, mungkin Anda harus berpikir ulang, apakah dia memang orang yang tepat atau bukan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca