7 Cara Mengatasi Masalah Seksual Akibat Penyakit Kronis

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Menerima diagnosis penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, penyakit ginjal, kanker, atau epilepsi bisa mengubah hidup Anda. Pasalnya, penyakit kronis memengaruhi setiap aspek kehidupan pasien dan keluarganya. Tak hanya sisi kesehatan dan gaya hidup saja, kehidupan seksual juga termasuk. Anda mungkin mengalami berbagai masalah seksual karena penyakit kronis.

Jangan biarkan kondisi Anda bikin kehidupan seks jadi tak nikmat lagi. Anda dan pasangan bisa mengembalikan keintiman dengan berbagai siasat berikut ini.

Bagaimana penyakit kronis memengaruhi kehidupan seks?

Tergantung pada penyakit yang diidap dan pengobatan yang Anda jalani, kehidupan seks Anda bisa berubah cukup drastis. Ini hal yang lumrah terjadi, tapi untungnya bisa diatasi. Beginilah perubahan yang mungkin terjadi jika Anda atau pasangan mengidap penyakit kronis.

  • Jadi kurang peka terhadap sentuhan atau rangsangan
  • Disfungsi ereksi  
  • Vagina kering atau terasa sakit saat seks
  • Kehilangan stamina, jadi mudah lelah
  • Kehilangan gairah seks karena depresi
  • Cemas atau tidak percaya diri karena perubahan pada tubuh Anda

Tips mengatasi masalah seksual karena penyakit kronis

Bila Anda dan pasangan mengalami masalah seksual karena penyakit kronis, silakan coba tujuh tips berikut ini untuk kembali mendekatkan diri lewat seks.

1. Menjaga kemesraan lewat hal-hal kecil

Agar hasrat bagi satu sama lain tetap menyala, lakukan hal-hal kecil nan romantis yang bisa membuat pasangan Anda luluh hatinya. Anggap saja Anda dan pasangan masih seperti pasangan muda yang sedang pacaran. Misalnya memberi kejutan makan malam istimewa berdua, membawakan bunga kesukaan pasangan, atau mengajak jalan-jalan ke tempat favoritnya.

2. Menjaga komunikasi

Kejujuran adalah kunci hubungan yang hangat dan penuh gairah. Maka, jangan segan atau takut canggung untuk membicarakan soal keinginan atau keresahan Anda soal seks. Namun, jangan sampai Anda terkesan menuntut pasangan. Cukup ceritakan saja apa yang Anda rasakan saat ini dan apa yang menurut Anda bisa dilakukan sebagai solusinya.

3. Periksa ke dokter

Bila Anda dan pasangan sudah mencoba tapi masalahnya ada pada gangguan ereksi atau gairah seksual menurun, konsultasikan dengan dokter atau terapis. Dokter mungkin menganjurkan terapi hormon atau obat-obatan tertentu. Jangan malu untuk cerita pada dokter Anda. Memang sudah jadi bidang keahlian serta tanggung jawab dokter untuk membantu Anda.

4. Cari waktu dan tempat yang paling pas untuk bercinta

Kondisi kesehatan Anda mungkin tidak memungkinkan Anda untuk berhubungan intim di sembarang waktu dan tempat. Anda dan pasangan harus menerima kenyataan ini, tapi bukan berarti Anda menyerah begitu saja. Bila Anda tak bisa bercinta di kamar mandi seperti dulu karena bahaya, ciptakan suasana yang tak kalah panas di kamar tidur. Contohnya pasang lilin beraroma lembut.  

Atau sekarang Anda butuh waktu lebih lama untuk membangkitkan gairah. Jadwalkan waktu khusus untuk berduaan dengan pasangan. Misalnya satu sampai dua jam tanpa gangguan apapun seperti pekerjaan atau anak-anak.

5. Pakai pelumas atau mainan seks

Vagina kering bikin seks terasa sakit. Untuk itu, siasati dengan pelumas seks berbahan dasar air. Anda dan pasangan juga bisa menggunakan mainan seks seperti vibrator untuk memanjakan dan menjelajahi tubuh satu sama lain.

6. Luangkan waktu untuk foreplay

Kata siapa seks harus diakhiri dengan penetrasi? Meningkatkan keintiman tak melulu lewat penetrasi penis ke vagina, kok. Anda dan pasangan bisa melakukan pemanasan yang mesra dan penuh aksi lewat foreplay.

Cobalah saling memijat, berpelukan, berciuman, atau melakukan seks oral. Saling menyentuh mesra satu sama lain tanpa penetrasi juga bisa jadi cara mengekspresikan kasih sayang dengan intim.

7. Jangan cuma mencari orgasme

Bila selama ini Anda menganggap tujuan seks hanyalah orgasme dan menghasilkan keturunan, kehidupan seks Anda dan pasangan bisa terasa hambar. Setiap gagal orgasme, Anda dan pasangan jadi kecewa atau stres.

Pada kenyataannya, orgasme bukanlah tolak ukur yang sahih dalam kualitas seks.  Salah satu tujuan seks yaitu memperkuat ikatan batin dan kasih sayang antara suami dan istri. Bila Anda memfokuskan hal tersebut saat bercinta, Anda akan lebih rileks dan bisa menikmati kebersamaan dengan pasangan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Stroke pada Anak, Apakah Masih Bisa Sembuh?

Banyak orangtua yang mencemaskan dampak dan peluang sembuh pada anak yang mengalami stroke. Ternyata masih ada kemungkinan pulih dari masalah kesehatan ini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Stroke, Health Centers 28/06/2020 . 4 menit baca

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . 5 menit baca

Apakah Seseorang yang Mengalami Aritmia Jantung Bisa Sembuh?

Aritmia merupakan jenis penyakit kardiovaskuler yang mempengaruhi denyut jantung. Lantas, apakah Aritmia Jantung Bisa Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Jantung, Aritmia 24/06/2020 . 5 menit baca

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

kelainan katup jantung bawaan pada bayi

Mengenal Kelainan Katup Jantung Bawaan dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 01/07/2020 . 7 menit baca
menjaga kesehatan anak dengan penyakit jantung bawaan

Panduan Menjaga Kesehatan Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 01/07/2020 . 10 menit baca
gagal jantung akut

Gagal Jantung Akut, Apa Bedanya dengan Gagal Jantung Kronis?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 01/07/2020 . 5 menit baca
endokarditis adalah

Endokarditis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . 1 menit baca