5 Tanda Hubungan Asmara Merusak Tali Pertemanan Anda

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Saat mulai menjalin hubungan asmara dengan seseorang yang baru, wajar bila Anda perlu menghabiskan lebih banyak waktu dengan pasangan dibandingkan teman. Anda tentu memerlukan ruang untuk saling mengenal, menikmati waktu berkualitas, dan membangun komitmen. Namun, sayangnya tak jarang hubungan pertemanan menjadi renggang akibat Anda tidak bisa membagi waktu. Dampak negatif ini sering kali muncul ketika seseorang mulai pacaran dan tidak begitu peka dengan temannya. 

Dampak negatif pacaran terhadap hubungan pertemanan

Ciri ketika hubungan pacaran yang Anda lakukan menimbulkan dampak negatif pada lingkup pertemanan.

1. Batalkan janji dengan teman demi pasangan

Coba ingat kembali, seberapa sering Anda membatalkan janji yang telah dibuat dengan teman demi menghabiskan waktu bersama pasangan? Kebiasaan ini tidaklah salah jika Anda dan pasangan perlu melakukan sesuatu yang mendesak. Namun, teman-teman Anda tentu akan merasa tidak dihargai bila Anda kerap melakukannya tanpa alasan yang jelas.

2. Terus membicarakan hubungan asmara dengan teman

Efek pacaran yang dialami setiap orang dapat berbeda-beda. Sebagian orang bahkan bisa begitu kasmaran hingga terus membicarakan hubungannya saat berkumpul dengan teman-temannya.

Sayangnya, terkadang hal ini menimbulkan dampak negatif yang Bila hal ini selalu menjadi topik utama pembicaraan, maka cobalah memperbaikinya. Bahaslah topik-topik yang lebih berkaitan dengan teman-teman Anda daripada terus terfokus pada kehidupan pribadi Anda dan pasangan.

3. Pasangan cemburu dengan teman Anda

Rasa cemburu merupakan hal yang wajar dalam suatu hubungan. Pasangan Anda mungkin juga mengalaminya saat Anda sedang menghabiskan waktu dengan orang lain.

Namun, hal ini bisa berubah menjadi salah satu efek buruk pacaran bila kecemburuan tersebut tertuju pada teman-teman Anda. Jadi, coba kenali lebih jauh bagaimana karakter pasangan Anda saat cemburu serta bagaimana tanggapannya terhadap teman-teman Anda.

4. Mendengar kabar teman hanya dari media sosial

Teman-teman Anda mungkin akan mendapatkan pekerjaan baru, menjalin hubungan asmara, pergi berlibur, atau mengalami hal lainnya. Jika Anda hanya memperoleh kabar mengenai teman-teman Anda dari media sosial dan bukan melalui interaksi langsung, maka efek buruk pacaran mungkin juga telah memengaruhi kehidupan pertemanan Anda. Ini berarti Anda perlu lebih banyak berinteraksi dengan mereka.

5. Teman merasa segan saat Anda bersama pasangan

Jika teman-teman Anda tampak enggan berinteraksi saat Anda bersama pasangan, ini bisa menandakan bahwa mereka merasa tidak nyaman atau bahkan tidak menyukai pasangan Anda.

Apa pun alasannya, kondisi ini dapat mengganggu hubungan asmara dan pertemanan sekaligus. Anda bisa mencoba berdiskusi dengan teman-teman Anda untuk mengetahui apa yang membuat mereka merasa tidak nyaman.

Bila yang mengalami dampak negatif pacaran adalah sahabat Anda

Tentu sulit rasanya melihat sahabat yang Anda sayangi terjebak dalam hubungan asmara yang tidak sehat. Tidak mudah pula menentukan cara penyampaian yang tepat agar pesan baik yang Anda sampaikan tidak membuatnya tersinggung.

Ada sejumlah kiat yang dapat Anda terapkan untuk menghadapi situasi ini, yaitu:

  • Cobalah memahami bahwa tidak ada orang yang luput dari kesalahan, termasuk sahabat Anda. Sampaikanlah pemikiran Anda dengan cara yang baik tanpa kesan menghakimi.
  • Biarkan sahabat Anda menjalani pilihannya agar ia dapat belajar dan berkembang dari pengalamannya sendiri.
  • Berkomunikasilah dengan efektif. Anda tidak perlu mengulang-ulang pesan serupa yang bisa membuatnya jenuh.
  • Efek buruk pacaran memang dapat memengaruhi sikap seseorang, tapi jangan menjauhi sahabat Anda dalam masa-masa sulitnya.
  • Dengarkan apa yang sahabat Anda katakan. Sekalipun ia melakukan kesalahan, hindari kata-kata yang terkesan menyudutkan.

Keseimbangan adalah kunci utama dalam menjaga keharmonisan hubungan asmara dan pertemanan. Jika Anda mampu memenuhinya, maka dampak pacaran yang sangat negatif sekalipun seharusnya tidak akan memengaruhi hubungan pertemanan Anda.

Saat pasangan dan teman-teman Anda sama-sama menuntut waktu dan perhatian lebih, cobalah tanyakan seperti apa bentuk perhatian yang mereka harapkan. Komunikasi yang berjalan dengan baik dan efektif akan membantu Anda dalam menyeimbangkan keduanya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca