Mengenal Jenis-jenis Kebahagiaan, Tak Melulu Soal Materi

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 06/04/2020
Bagikan sekarang

Siapa yang tak ingin hidup bahagia? Meski ada yang menganggap bahagia hanyalah sebuah emosi yang akan datang dan pergi, banyak juga yang melihat jenis-jenis kebahagiaan sebagai sesuatu yang penting dalam aspek kehidupan manusia.

Terkadang orang menyangka bahwa puncak kebahagiaan akan dirasakan ketika mereka telah mencapai hal-hal yang luar biasa. Padahal, kebahagiaan berwujud dalam banyak jenis dan bisa ditemukan pada hal-hal hal-hal sederhana yang seringnya tidak Anda sadari.

Apa saja jenis-jenis kebahagiaan?

Memang benar kebahagiaan sendiri bisa muncul karena adanya dorongan rasa senang. Namun, bahagia dan senang sebenarnya adalah dua hal yang berbeda.

Bahagia bukanlah emosi sesaat yang mudah muncul dan menghilang seperti rasa senang. Konsep kebahagiaan bersifat abstrak, setiap orang pasti memiliki pandangannya masing-masing tentang sejauh mana seseorang bisa dikatakan bahagia.

Meski demikian, para psikolog percaya bahwa terdapat beberapa jenis emosi positif yang dapat mendorong seseorang merasakan kebahagiaan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Kegembiraan

bahagia senang senyum wanita sehat

Perasaan gembira muncul ketika Anda menikmati momen-momen yang sedang terjadi dan merasa puas dengan apa pun yang Anda miliki saat ini.

Banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk menemukan kegembiraan, misalnya dengan melakukan hal-hal yang Anda senangi, pergi ke tempat-tempat yang ingin dikunjungi, dan mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan.

Kegembiraan juga bisa didapatkan dari orang-orang di sekeliling Anda. Candaan di antara teman-teman yang berhasil membuat Anda tertawa juga sudah menjadi sebuah kegembiraan.

Sayangnya, rasa gembira juga mudah menghilang jika Anda terlalu memikirkan apa yang akan terjadi setelahnya.

Antusiasme

jenis kebahagiaan

Saking tak sabar, Anda mungkin pernah kesulitan tidur karena tak berhenti memikirkan perjalanan untuk liburan esok hari.

Perasaan menunggu-nunggu seperti ini termasuk ke dalam salah satu jenis bentuk kebahagiaan yang sering dirasakan setiap seseorang akan menghadapi hal-hal yang baru.

Antusiasme akan membuat Anda lebih fokus pada aktivitas yang dikerjakan dan lebih siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi, perasaan ini juga akan membantu Anda mengurangi kegelisahan dalam hati.

Namun, antusiasme juga bisa berlalu dengan cepat meskipun efeknya lebih bertahan lama dibandingkan dengan rasa gembira.

Kebanggaan

anak pertama lebih cerdas

Terkadang merasa bangga dengan pencapaian diri memberikan dampak yang baik untuk kebahagiaan Anda.

Bukan bermaksud menyombongkan diri, merasa bangga pada prestasi yang telah ditorehkan akan membuat Anda merasa lebih bersyukur.

Tak harus menjadi juara pada sebuah ajang bergengsi, pencapaian kecil pada pekerjaan atau pendidikan juga patut dihargai. Niscaya hal ini juga akan berdampak pada tingkat kepercayaan diri.

Bukan tak mungkin nantinya Anda jadi tak ragu untuk melakukan hal yang menantang dan kembali menemukan potensi diri yang sebelumnya tidak pernah Anda ketahui.

Kepuasan

jenis kebahagiaan

Merasa puas berarti Anda senang dengan apa yang Anda miliki saat ini.

Meski terlalu sering merasa puas juga tak baik, tapi jika dilakukan secukupnya kepuasan bisa membantu Anda mengurangi rasa kecewa akan kekurangan dalam hidup.

Optimisme, bentuk kebahagiaan yang bertahan lama

wanita sikap optimis

Menurut beberapa studi, menjadi pribadi yang optimis dapat membantu seseorang untuk meraih hasil pencapaian yang lebih besar dalam hidup.

Orang yang bersifat optimis percaya bahwa mereka memiliki kemampuan yang akan membantu dalam melakukan upaya untuk mencapai kesuksesan.

Ketika mereka mengalami kesulitan dan kegagalan, mereka akan memikirkan cara agar dapat melakukan yang lebih baik di kemudian hari dengan turut melihat kembali faktor-faktor yang sekiranya bisa mengurangi kesalahan.

Setelah mereka berhasil, mereka akan menganggapnya sebagai pertanda baik pada hal-hal yang akan datang nanti.

Jenis emosi positif ini sudah menyangkut pada bagaimana cara seseorang memandang hidupnya secara menyeluruh, sehingga datangnya juga memerlukan usaha dan tidak secepat bentuk kebahagiaan lainnya.

Kabar baiknya, bersikap optimis dapat membuat tubuh Anda terasa lebih sehat.

Cinta dan kasih sayang sebagai sumber kebahagiaan

ucapan terima kasih untuk ibu

Tak bisa dipungkiri, cinta adalah salah satu sumber kebahagiaan yang tidak akan lekang oleh waktu.

Tidak hanya pasangan, kehadiran orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman-teman, bahkan hewan peliharan Anda juga bisa menjadi penyumbang kebahagiaan dalam hidup Anda.

Oleh karena itu, mempererat kembali hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar juga penting jika Anda ingin merasa lebih bahagia.

Terkadang kebahagiaan juga bisa muncul ketika Anda bisa membuat mereka bahagia. Menghabiskan lebih banyak waktu bersama orang-orang terkasih akan membuat Anda mengenal dan memahami mereka lebih dekat.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ternyata Marah-Marah Bisa Bikin Orang Bahagia, Ini Alasannya

Beberapa orang mengakui bahwa marah bisa bikin bahagia. Bagaimana ceritanya Anda merasa bahagia saat marah? Apakah ini hal yang normal?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Hidup Sehat, Psikologi November 27, 2019

Ternyata, Ini Alasan Mengapa Anda Jadi Tidak Produktif Saat Patah Hati

Tak bisa dipungkiri, orang bisa merasa sangat sedih akibat patah hati. Namun, tahukah Anda jika hal ini bisa sampai berdampak pada kinerja Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Hidup Sehat, Seks & Asmara April 17, 2019

Bagaimana Mau Hidup Bahagia Jika Masih Punya 4 Pola Pikir Ini?

Salah satu faktor yang membuat Anda hidup tidak bahagia adalah pola pikir dan kebiasaan yang negatif. Ingat, pola pikir negatif jangan dipelihara!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Psikologi Oktober 24, 2018

Kenapa Cinta Pertama Itu Sulit untuk Dilupakan?

Anda salah satu orang yang sulit move on dan melupakan cinta pertama? Sebenarnya, apa, sih, yang membuat cinta pertama itu sangat berkesan di hati?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Hidup Sehat, Seks & Asmara Agustus 25, 2018

Direkomendasikan untuk Anda

mengubah sedih jadi senang

4 Cara Jitu Mengubah Hati Sedih Kembali Jadi Senang

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Tanggal tayang Mei 24, 2020
kebahagiaan anak

Sebetulnya, Apakah Anak Punya Ukuran Kebahagian Tersendiri?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Tanggal tayang April 25, 2020
pengaruh kebahagiaan

Pengaruh Kebahagiaan dengan Kesehatan Tubuh

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Tanggal tayang April 7, 2020
eustress

Kebahagiaan Bisa Jadi Pereda Stres, Lho! Ini Penjelasannya

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Tanggal tayang April 5, 2020