Kata valentine biasanya identik dengan ungkapan hari kasih sayang. Ya, pada momen inilah Anda bisa mengungkapkan perasaan pada orang terkasih dengan bertukar bingkisan. Cokelat adalah salah satu hadiah yang paling sering jadi andalan para muda-mudi untuk mengungkapkan rasa cintanya. Namun hati-hati, tidak semua cokelat aman bagi kesehatan, lho. Untuk menyiasatinya, mengapa tidak Anda coba buat sendiri cokelat valentine supaya lebih spesial, tapi juga tetap sehat? Yuk, intip resep mudahnya berikut ini!

Pilih dulu jenis cokelat yang tepat

Sebelum membuat cokelat valentine untuk pasangan, Anda harus tahu dulu jenis cokelat apa yang aman dan baik untuk kesehatan. Meskipun bisa membuat mood jadi lebih baik, ternyata ada beberapa jenis cokelat yang bisa bikin berat badan naik dan memicu obesitas, lho!

Jika dilihat sekilas, tidak sedikit orang yang menganggap bahwa cokelat putih (white chocolate) lebih sehat daripada cokelat hitam (dark chocolate). Padahal, kenyataannya justru sebaliknya.

Cokelat putih alias white chocolate terbuat dari cocoa butter, gula, dan susu yang mengandung tinggi lemak jenuh. Bahkan, cokelat putih biasanya diberikan tambahan gula sebagai pemanis. Akibatnya, makan cokelat putih terlalu banyak bisa bikin berat badan Anda naik drastis dan memicu obesitas.

Padahal di sisi lain, manfaat cokelat untuk kesehatan sebetulnya sudah tidak diragukan lagi. Nah, untuk meraup manfaat ini dengan maksimal, pilihlah jenis cokelat hitam alias dark chocolate.

Memang, cokelat hitam cenderung lebih pahit karena kandungan kakaonya masih banyak. Namun jangan salah. Menurut sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2005, cokelat hitam justru mengandung lebih banyak antioksidan yang memberikan banyak khasiat. Mulai dari membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, hingga menjaga kesehatan pembuluh darah.

Berbagai resep cokelat valentine yang sehat dan lezat

Anda bisa mengkreasikan cokelat valentine ke dalam berbagai bentuk, entah kue kering, cake, permen, atau bahkan hanya sekadar cokelat batangan. Hal ini tergantung dari kesukaan Anda dan pasangan masing-masing.

Tak perlu bingung. Berikut ini berbagai resep cokelat valentine sederhana yang bisa Anda contek. Tenang saja, dijamin lebih sehat dan tetap lezat, kok!

1. Sate buah dibalut cokelat

Sumber: Livestrong

Untuk membuat camilan cokelat valentine yang sehat tapi sederhana, coba buat sate buah. Anda bisa memanfaatkan buah apa pun yang Anda sukai seperti stroberi, potongan buah nanas, atau buah-buahan lainnya.

Buah nanas, misalnya, mengandung vitamin C dan enzim bromelain yang dapat mengurangi pembengkakan pada tubuh. Setelah itu, Anda hanya tinggal menyiapkan lelehan cokelat hitam dan potongan buah nanas dengan ukuran sesuai selera.

Cara membuat:

  1. Lelehkan cokelat hitam di dalam mangkuk tahan panas.
  2. Potong buah nanas atau buah favorit Anda lainnya, lalu tusuk dengan tusuk sate kecil.
  3. Celupkan setiap sate buah ke dalam lelehan cokelat, kemudian tiriskan sampai sisa-sisa cokelat tak lagi menetes.
  4. Masukkan ke dalam freezer setidaknya 2 jam. Diamkan selama 5 menit di luar kulkas sebelum disajikan.

2. Cokelat batang berbentuk hati

Sumber: Independent

Ingin mengungkapkan perasaan cinta pada pasangan dengan cara yang romantis? Coba berikan cokelat valentine berbentuk hati ini. Namun, sebelum membuatnya, lagi-lagi pastikan Anda sudah menyiapkan cokelat hitam supaya rasanya lebih lezat dan sehat tentunya.

Alat dan bahan:

  • 1 sdm minyak kelapa
  • 115 gram bubuk kakao
  • 100 ml sirup maple
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • Sejumput garam
  • Potongan buah stroberi (atau buah lainnya sesuai selera)

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak kelapa dalam panci dengan api kecil, lalu masukkan bubuk kakao dan aduk rata.
  2. Tambahkan sirup maple, ekstrak vanila, dan sedikit garam. Aduk terus selama 1-2 menit.
  3. Siapkan beberapa cetakan berbentuk hati yang ukurannya kecil, lalu masukkan beberapa potong buah ke dalam masing-masing cetakan.
  4. Tuang campuran cokelat ke dalam cetakan. Sisihkan sampai uap panasnya hilang.
  5. Masukkan ke dalam freezer selama 30 menit.
  6. Keluarkan cokelat dari cetakan dan sajikan.

3. Brownies cokelat beri

Sumber: Livestrong

Bosan memberikan potongan cokelat batangan yang itu-itu saja? Yuk, coba buat kreasi cokelat valentine lainnya dengan brownies cokelat bertabur buah beri ini!

Brownies ini tak hanya memiliki rasa yang lezat, tapi juga kaya nutrisi. Pasalnya, Anda tak lagi membutuhkan tepung putih seperti saat membuat kue pada umumnya, tapi menggunakan tepung gandum yang kaya serat.

Tambahan buah beri, entah itu stroberi, raspberry, atau blueberry, pada brownies dapat menambah asupan serat dan antioksidan. Maka tak heran kalau brownies cokelat valentine ini dijamin sehat dan baik untuk kesehatan jantung.

Alat dan bahan:

  • 172 gram tepung gandum
  • 115 gram bubuk kakao
  • 5 buah telur
  • 1 1/4 sdt ekstrak vanila
  • 5 buah telur
  • 300 gram cokelat hitam
  • 350 gram buah beri (stroberi, blueberry, atau raspberry sesuai selera)
  • 120 ml minyak kelapa

Cara membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 162 derajat Celcius.
  2. Siapkan loyang, lalu lapisi bagian bawahnya dengan kertas roti. Oleskan mentega di atasnya supaya tidak lengket.
  3. Siapkan mangkuk ukuran sedang, lalu masukkan tepung, bubuk kakao, dan garam. Aduk hingga rata dan sisihkan.
  4. Siapkan mangkuk dengan ukuran yang lebih besar, kemudian kocok telur dan ekstrak vanili sampai tercampur rata.
  5. Lelehkan cokelat hitam di dalam mangkuk tahan panas, lalu tambahkan sedikit minyak kelapa. Aduk di atas api sedang atau rendah sampai benar-benar mengental.
  6. Masukkan campuran lelehan cokelat hitam ke dalam mangkuk berisi telur.
  7. Sambil di aduk, masukkan campuran tepung tadi dan aduk terus sampai merata.
  8. Masukkan sebagian potongan buah beri ke dalam adonan. Aduk hingga rata.
  9. Tuang adonan ke dalam loyang. Taburi sisa buah beri di atas adonan.
  10. Masukkan adonan brownies ke dalam oven dan panggang selama 50 menit.
  11. Dinginkan brownies beberapa saat. Potong menjadi beberapa bagian dan sajikan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca