Wujudkan Rambut Tebal dan Sehat Dengan 7 Makanan Super Ini

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 12/09/2018
Bagikan sekarang

Rambut tebal, kuat, dan sehat tentu menjadi idaman semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Untuk mewujudkannya, Anda mungkin sering terbujuk rayuan iklan sampo yang menawarkan produk penebal rambut. Padahal, hanya dengan rutin makan makanan bergizi seimbang juga bisa membantu menebalkan dan menyehatkan rambut Anda, lho!

Makanan super demi rambut tebal dan sehat

Rambut rontok dan tipis bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya bisa jadi karena Anda kekurangan gizi tertentu. Maka itu, yuk, perbaiki pola makan Anda dengan mengonsumsi makanan sehat berikut ini.

1. Telur

makan telur

Telur adalah makanan terbaik bagi Anda yang ingin memiliki rambut tebal dan sehat. Pasalnya, telur mengandung sejumlah nutrisi penting yang baik untuk kesehatan rambut yaitu protein, biotin, zinc, selenium, dan nutrisi rambut lainnya.

Hampir sebagian besar folikel rambut mengandung protein. Itulah sebabnya, saat Anda kekurangan protein, rambut Anda akan rapuh dan gampang rontok.

Sementara itu, biotin adalah salah satu zat esensial yang berfungsi untuk memproduksi keratin. Keratin itu sendiri adalah sejenis protein rambut yang membuat rambut tumbuh lebat dan sehat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi lebih banyak biotin dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Stroberi

manfaat buah stroberi

Stroberi adalah salah satu buah yang bisa Anda manfaatkan untuk menumbuhkan rambut yang sering rontok. Stroberi kaya akan antioksidan dan vitamin yang dapat mewujudkan keinginan Anda memiliki rambut tebal nan sehat.

Antioksidan pada buah stroberi berfungsi untuk membantu menjaga folikel rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sementara itu, kandungan vitamin C pada stroberi juga dapat membantu tubuh memproduksi kolagen, sejenis protein yang dapat menguatkan rambut dari kerontokan.

Untuk meraup manfaatnya, coba konsumsi satu cangkir yang setara dengan 144 gram stroberi. Hal ini dapat memenuhi 141 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Setelah itu, katakan selamat tinggal pada rambut tipis dan mudah patah.

3. Bayam

makan bayam meningkatkan asam urat

Bagi Anda yang suka makan bayam, teruskan kebiasaan sehat ini. Bayam termasuk salah satu makanan super yang mampu membuat rambut tebal dan sehat, karena mengandung folat, zat besi, vitamin A, dan vitamin C di dalamnya.

Kandungan vitamin A pada bayam membantu kelenjar kulit dalam memproduksi sebum alias minyak alami kulit. Zat berminyak inilah yang akan membantu melumasi folikel rambut dan kulit kepala. Alhasil, rambut Anda akan tampak berkilau, rambut tebal, kuat, dan sehat.

Bayam juga mengandung zat besi yang dapat membantu mengirimkan oksigen ke sel-sel rambut. Dengan mengonsumsi satu cangkir atau 30 gram bayam saja, ini sudah dapat memenuhi 54 persen kebutuhan vitamin A harian Anda.

4. Ikan berlemak

kulit ikan salmon

Berbagai jenis ikan berlemak, misalnya salmon dan tuna, bisa Anda andalkan untuk membantu menjaga kesehatan dan ketebalan rambut. Pasalnya, jenis ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk pertumbuhan rambut.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada 120 wanita yang mengonsumsi suplemen omega-3 dan omega-6. Hasilnya, mereka melaporkan bahwa masalah rambut rontok yang mereka alami jadi berkurang, bahkan rambutnya justru jadi lebih tebal dan sehat, seperti dikutip dari Healthline.

5. Ubi jalar

Ubi jalar yang rasanya manis mengandung sejumlah beta-karoten. Tubuh membutuhkan beta-karoten ini untuk diubah menjadi vitamin A yang nantinya dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut.

Selain membantu melembapkan rambut, kandungan vitamin A pada ubi jalar juga dapat membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat. Alhasil, rambut tebal pun tak lagi hanya sekadar impian bagi Anda.

6. Alpukat

resep alpukat

Siapa yang tak suka buah super yang satu ini. Alpukat dikenal sebagai sumber lemak yang tak hanya terasa enak saat dimakan, tetapi juga bisa membuat rambut tebal dan kuat, lho.

Alpukat tak diragukan lagi sebagai buah yang padat nutrisi. Salah satunya, buah yang memiliki daging berwarna hijau ini mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Hanya dengan makan satu buah alpukat ukuran sedang atau sekitar 200 gram saja sudah dapat memenuhi 21 persen kebutuhan vitamin E harian Anda.

Manfaat vitamin E nyatanya belum berhenti sampai di situ, lho. Vitamin E pada alpukat juga dapat melindungi area kulit kepala dari oksidan penyebab kerusakan. Dengan begitu, folikel rambut Anda jadi lebih kuat dan tidak mudah rapuh.

7. Kacang

kacang tanah
Sumber: Wonderopolis

Kacang sering dijadikan camilan sehat yang bisa mencegah Anda dari kelaparan di tengah malam. Jangan salah, kacang juga bisa memicu rambut tebal dan kuat, lho.

Lagi-lagi, ini ada hubungannya dengan kandungan vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Misalnya saja, konsumsi 28 gram kacang almond dapat memenuhi 37 persen kebutuhan vitamin E harian Anda. Semakin banyak asupan vitamin E harian, semakin kuat dan tebal pula rambut Anda.

Tak hanya itu, kacang juga mengandung vitamin B, zinc, dan asam lemak esensial. Kalau tubuh Anda kekurangan asupan vitamin dan mineral tersebut, maka tak heran bila rambut Anda mudah rontok dan rapuh.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

9 Trik Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Berhijab bukan alasan untuk mangkir merawat rambut bagi wanita. Justru, rambut Anda perlu perhatian ekstra. Bagaimana cara merawatnya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 30/04/2020

Apa Orang Dewasa Boleh Pakai Sampo Bayi?

Ternyata tidak semua orang dewasa cocok pakai sampo yang diformulasikan untuk bayi. Cari tahu alasan selengkapnya berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Pekerja Shift Malam

Pekerja shift malam butuh mengonsumsi makanan bernutrisi untuk membantu meningkatkan energi dan kosentrasinya. Apa saja makanan yang wajib dimakan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 30/01/2020

Bolehkah Kondisioner Digunakan di Kulit Kepala?

Salah satu kekeliruan yang paling sering dilakukan adalah membiarkan conditioner kena kulit kepala. Lantas, apa dampaknya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
menu puasa untuk ibu hamil

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
menu buka puasa untuk penderita maag

4 Pilihan Menu Buka Puasa Bagi Anda yang Punya Sakit Maag

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 04/05/2020