home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Cara Efektif Mengatasi Rambut yang Terus Menipis

7 Cara Efektif Mengatasi Rambut yang Terus Menipis

Bagi wanita maupun pria, memiliki rambut yang terus menipis tentu sangat menjengkelkan, bahkan mengkhawatirkan. Rambut yang menipis biasanya mengacu pada kerontokan rambut tingkat rendah hingga sedang. Tidak seperti kerontokan rambut secara umum, rambut yang menipis biasanya tidak menyebabkan kebotakan. Hanya saja, rambut akan terlihat jarang sehingga kulit kepala lebih terlihat jelas. Rambut yang menipis umumnya terjadi secara bertahap. Oleh karena itu, Anda masih punya kesempatan untuk mengatasi rambut tipis yang Anda miliki.

Penyebab penipisan rambut

Penipisan rambut terjadi karena banyak faktor, baik itu genetik, gaya hidup, atau kombinasi keduanya. Berbagai produk perawatan rambut yang tidak cocok juga bisa memicu Anda mengalami rambut yang terus menipis. Berdasarkan American Academy of Dermatology (AAD), normalnya kerontokan atau penipisan rambut terjadi antara 50-100 helai rambut per hari.

Berikut beberapa hal yang berkontribusi terhadap penipisan rambut, yaitu:

  • Penataan rambut yang berlebihan seperti pewarnaan, pencatokan, serta pengeritingan.
  • Menggunakan produk perawatan rambut yang keras seperti hair spray dan gel rambut.
  • Mengikat rambut terlalu kencang.
  • Kurang mengonsumsi zat besi, asam folat, dan mineral lainnya yang dapat membantu memproduksi rambut secara natural.
  • Stres yang tidak terkontrol. Stres yang tidak terkontrol dapat memicu pelepasan hormon kortisol. Terlalu banyak hormon kortisol yang dilepaskan dapat membunuh rambut-rambut baru yang akan tumbuh dari folikel rambut.
  • Berhenti menggunakan pil KB.
  • Berada dalam fase perubahan hormon seperti saat sedang menstruasi atau pasca melahirkan.
  • Sedang dalam masa pengobatan penyakit autoimun.
  • Mengalami infeksi atau kelainan kulit tertentu.
  • Memiliki kebiasaan menarik rambut.
  • Demam tinggi.
  • Mengalami gangguan makan dan kehilangan berat badan lebih dari 9 kg dalam waktu singkat.

Cara mengatasi rambut tipis

Mengatasi rambut tipis memang tidak mudah. Namun, biasanya Anda masih bisa mengatasinya tanpa harus pergi ke dokter. Akan tetapi, jika penipisan rambut terasa mengganggu dan semakin parah, maka Anda bisa mengonsultasikannya ke dokter untuk meminta perawatan terbaik. Berikut beberapa cara mengatasi rambut tipis:

1. Mengonsumsi makanan yang dapat memicu pertumbuhan rambut

Cobalah untuk memerhatikan asupan nutrisi yang Anda makan. Makan-makanan yang mengandung protein, zat besi, zinc, dan vitamin B12 bisa merangsang pertumbuhan rambut. Daging tanpa lemak, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan ikan bisa Anda sisipkan dalam menu makan dan camilan Anda sehari-hari.

2. Memijat kulit kepala

Cara termudah dan termurah untuk mendapatkan rambut yang lebih tebal dan menghentikan penipisan rambut ialah dengan memijat kulit kepala. Ketika Anda keramas, cobalah untuk memberikan sedikit pijatan saat menuangkan dan meratakan sampo dengan jari-jari Anda.

Selain membantu penyerapan sampo menjadi lebih maksimal, memijat kulit kepala Anda secara perlahan juga berfungsi untuk melancarkan aliran darah di kepala. Hal ini dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut baru. Dengan memijat kulit kepala, sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala yang mungkin memicu penipisan rambut juga bisa terangkat.

3. Menggunakan minyak esensial

Minyak esensial terbuat dari tanaman tertentu yang biasanya digunakan dalam berbagai jenis aromaterapi dan pengobatan alternatif lainnya. Dikutip dari Dr. Axe, minyak rosemary merupakan salah satu minyak esensial terbaik yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Minyak ini dipercaya bisa meningkatkan metabolisme sel yang dapat menstimulasi pertumbuhan rambut sehingga rambut menjadi lebih tebal.

Walaupun belum banyak bukti bahwa minyak esensial dapat mengatasi rambut tipis, tetapi Anda bisa mencobanya di rumah sebagai perawatan tambahan. Pastikan untuk menguji reaksi alergi sebelum Anda mengaplikasikannya di kepala. Teteskan sedikit minyak di lengan atau belakang telinga.

Jika dalam waktu 24 jam kulit Anda tidak menimbulkan reaksi alergi yang ditandai dengan kemerahan dan gatal-gatal, maka Anda bisa melanjutkan pemakaiannya di kulit kepala. Perlu diingat, minyak esensial wajib diencerkan dengan minyak lainnya seperti minyak zaitun atau minyak jojoba.

4. Menghindari penataan rambut yang berlebihan

Cara mengatasi rambut tipis lainnya ialah dengan menghindari penataan rambut yang berlebih. Kurangi pemakaian pengering rambut, catokan, pewarna rambut, dan serangkaian penataan lainnya yang sangat berkontribusi pada kerusakan dan penipisan rambut.

5. Sampo yang dikhususkan untuk rambut tipis

Sampo untuk rambut tipis biasanya bekerja dengan dua cara. Pertama, menambah volume rambut Anda sehingga terlihat lebih tebal. Cara ini biasanya membantu orang yang memiliki rambut tipis alami. Kedua, sampo ini mengandung vitamin dan asam amino yang akan membuat kulit kepala lebih sehat sehingga mampu menghasilkan lebih banyak rambut dari waktu ke waktu.

6. Akupunktur

Menurut praktisi pengobatan tradisional Tiongkok, kesehatan rambut berkaitan dengan dua hal, yaitu energi ginjal dan darah, di mana keduanya beperan dalam memelihara kesehatan rambut. Maureen Conant, seorang praktisi Acupuncture di Seattle menyatakan bahwa pada beberapa kasus, akupunktur membantu penipisan rambut pada wanita berhenti dan berangsur-angsur membaik dalam hitungan minggu hingga bulan setelah perawatan.

7. Mengelola stres

Stres bisa menjadi pemicu sebagian besar penyakit, termasuk penipisan rambut. Oleh karena itu, Anda perlu mengelola stres dengan berbagai cara yang sekiranya cocok untuk Anda. Entah dengan jalan-jalan, olahraga, atau meditasi. Usahakan agar tubuh dan pikiran tetap rileks walaupun Anda sedang berada dalam masalah besar agar tubuh tetap terjaga kesehatannya, termasuk kulit kepala.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

12 Highly Effective treatment for Hair Loss

https://www.prevention.com/beauty/12-highly-effective-treatments-for-hair-loss accessed on February 21st 2018

12 Ways to Stop Hair Thinning

https://www.healthline.com/health/thinning-hair#takeaway accessed on February 21st 2018

Rosemary, Cedarwood, & Sage hair Thickener

https://draxe.com/hair-thickener/ accessed on February 21st 2018

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 27/02/2018
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x