8 Trik Agar Tetap Bisa Makan Sehat untuk Anda yang Selalu Sibuk

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Apakah Anda memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga sulit untuk memasak, menyiapkan makanan sehat, atau bahkan menerapkan kebiasaan hidup sehat? Memiliki kesibukan yang padat memang membuat banyak orang akhirnya memilih jalan yang serba instan, termasuk soal makanan.

Namun jangan khawatir, untuk memudahkan Anda beraktivitas dan tetap menjaga kesehatan tubuh, berikut tips yang direkomendasikan oleh Christian Andrew, seorang ahli makanan sehat, untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat di tengah kesibukan yang sedang dijalani sehari-hari.

1. Siapkan porsi makanan

Waktu bagi orang yang sibuk sangatlah berharga. Ketika memiliki waktu untuk memasak saat akhir pekan, manfaatlah dengan sebaik-baiknya. Masaklah makanan sehat dalam porsi besar yang diperkirakan bisa untuk beberapa hari ke depan. Lalu bagilah setiap makanan ke dalam wadah secara terpisah. Hal ini juga dapat digunakan untuk cemilan. Simpan persediaan makanan pada sebuah wadah yang kedap udara agar makanan tidak cepat basi.

Mengontrol porsi makanan adalah cara termudah untuk mengontrol berapa banyak kalori yang Anda konsumsi selama makan. Jadi ketika pagi hari datang Anda tinggal mengambil bekal dan bergegas pergi ke kantor tanpa perlu repot menyiapkan bekal lagi.

2. Diblender

Minum jus buah dan sayuran adalah cara yang ampuh untuk mendapatkan gizi makanan yang seimbang. Tidak seperti jus, dalam cara ini semua buah dan sayuran diblender dalam satu wadah tanpa disaring atau dibuang sarinya. Keuntungan diblender buah menjadi lebih halus dan lebih mudah diserap oleh tubuh.

3. Jangan menunda makan

Aturan pertama yang paling penting adalah jangan menunda makan. Hal yang sering terjadi ketika jam makan siang datang namun Anda sedang diburu deadline adalah Anda lebih memilih untuk tidak makan dan menahan rasa lapar. Hal tersebut adalah salah karena ketika Anda menunda makan justru membuat rasa lapar makan tinggi. Tidak hanya itu, bekerja dalam keadaan lapar malah membuat Anda lelah dan tidak produktif.

Ketika dibiasakan secara terus menerus, hal ini memang akan menurunkan berat badan tapi bukan ke arah yang baik karena otot akan lebih banyak menimbun lemak.

4. Hanya pesan makanan sehat

Buatlah program makanan sehat Anda lebih mudah dengan cara memesan makanan sehat dari katering atau rumah makan favorit. Setelah lelah bekerja seharian, Anda pasti tak ingin menghabiskan waktu untuk memasak di dapur. Untungnya, makanan sehat dan segar sekarang bisa diantarkan ke rumah sehingga membuat hidup jadi lebih mudah. Dengan hal tersebut Anda mampu mengehemat hingga 15 jam per minggu untuk masak dan belanja kebutuhan di pasar.

5. Memadupadankan warna

Ternyata warna memiliki pengaruh besar dalam kebisaan makan kita. Pasalnya, warna mampu mempengaruhi nafsu makan kita. Contohnya warna merah yang mampu meningkatkan nafsu makan, sedangkan warna biru justru mampu menahan nafsu makan.

Ketika sedang di kantor ataupun di dapur, buatlah area makan Anda dengan sentuhan warna biru dan gunakanlah warna piring yang kontras dengan warna makanan. Hal ini akan membuat mata terfokus pada warna makanan yang mampu mempengaruhi pikiran seberapa banyak makanan yang akan dikonsumsi nantinya.

6. Mengubah ukuran piring

Percaya atau tidak, rasa kenyang itu dikontrol oleh persepsi seberapa banyak makanan yang Anda konsumsi. Mengubah ukuran piring saji akan membuat sebuah ilusi visual yang mampu mengarahkan pikiran mengenai seberapa banyak makanan yang akan dikonsumsi. Untuk selanjutnya, cobalah menyiapkan sayuran di piring yang besar dan jenis makanan apapun yang tidak sehat di piring yang lebih kecil.

7. Siapkan camilan sehat

Rasa lapar adalah respon natural dari tubuh ketika Anda tidak makan selama 3-4 jam, dan seringnya malah memicu konsumsi makanan yang tidak sehat saat waktu makan. Mengonsumsi camilan akan membantu melewati rasa lapar sesaat sebelum waktu makan ketika gula darah naik.

Usahakan makan makanan yang mengandung sedikitnya 200 kalori dan hindari makanan yang banyak mengandung gula. Pilih makan rendah gula yang akan melepaskan energi Anda secara perlahan seperti yogurt bebas lemak, buah beri, kacang-kacangan atau biji-bijian.

8. Matikan gadgetmu!

Percaya atau tidak, orang yang sering terdistraksi oleh teknologi di jam makan, akan makan lebih banyak dibandingkan mereka yang mematikan gadgetnya sejenak dan fokus pada makanannya. Luangkan waktu Anda untuk mematikan gadget saat makan agar Anda fokus pada makanan, sehingga nafsu makan Anda dapat terkontrol dengan baik.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Maret 30, 2017 | Terakhir Diedit: September 6, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca