Siapa yang tidak suka alpukat? Ya, buah hijau yang satu ini cocok dikonsumsi oleh siapa pun di segala usia, mulai dari anak-anak, remaja, ibu hamil, hingga orang dewasa. Selain enak dimakan langsung atau dibuat jus, Anda juga bisa mengolah alpukat menjadi menu dessert praktis dan menggugah selera. Apa saja, ya? Simak daftarnya berikut ini.

Pilihan menu dessert alpukat yang sehat dan lezat

Alpukat adalah salah satu buah yang cocok dikonsumsi sebagai dessert, alias makanan penutup. Dilansir dari Self, American Heart Association mengungkapkan bahwa alpukat mengandung 75 persen lemak tak jenuh (lemak sehat) dan 6 gram serat.

Berikut ini adalah pilihan menu dessert berbahan dasar alpukat yang bisa Anda coba di rumah:

1. Cookies alpukat

menu dessert alpukat kue kering

Ketika membuat kue kering, Anda tentu akan menggunakan mentega dan minyak sebagai bahan pelengkapnya. Ternyata, alpukat bisa Anda gunakan sebagai pengganti mentega dan minyak, lho!

Walaupun tanpa mentega dan minyak, alpukat dapat memberikan tekstur lembut dan gurih pada kue kering. Selain itu, alpukat juga memberikan asupan serat dan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan jantung.

Supaya kue kering buatan Anda lebih sehat, ganti tepung terigu dengan tepung gandum. Pasalnya, tepung gandum kaya akan serat beta-glukan, sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL alias kolesterol jahat.

2. Es loli (popsicle) alpukat

menu dessert alpukat es loli popsicle

Es loli atau popsicle adalah salah satu menu dessert yang disukai anak-anak. Biasanya, es loli terbuat dari campuran air, gula, serta pewarna buatan berwarna-warni yang menarik.

Agar lebih sehat, buatlah es loli bikinan Anda sendiri dengan menggunakan potongan alpukat yang lebih segar.

Kandungan lemak sehat pada alpukat dapat membuat Anda kenyang lebih lama meski hanya sekadar makan satu buah es loli. Selain itu, alpukat juga mengandung kalium, salah satu elektrolit yang akan hilang bersama keringat saat Anda berolahraga.

Terlebih, anak-anak Anda mungkin sedang aktif-aktifnya bermain sehingga mudah berkeringat. Nah, dengan makan es loli alpukat, anak Anda akan cepat mengisi energinya dan siap beraktivitas kembali.

3. Puding alpukat

menu dessert alpukat puding

Sudah pernah coba menu dessert berupa puding alpukat? Jika belum, Anda wajib mencobanya.

Anda mungkin jarang menggunakan alpukat sebagai bahan dasar puding karena takut puding menjadi lembek dan tidak kenyal. Nyatanya, tekstur alpukat yang halus justru bisa menjadikan puding buatan Anda menjadi lebih sempurna.

Puding alpukat mengandung sejumlah vitamin E yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, makan puding alpukat bisa membuat kulit Anda lebih bercahaya, lho!

4. Es krim alpukat

menu dessert alpukat es krim

Bagi Anda penikmat es krim, cobalah untuk membuat menu dessert yang satu ini dengan campuran alpukat. Nyatanya, daging alpukat memberikan sensasi creamy pada es krim yang bisa digunakan sebagai pengganti susu.

Ini artinya, es krim buatan Anda tentu menjadi lebih sehat karena tidak mengandung lemak jenuh seperti saat Anda menggunakan susu biasa. Campurkan alpukat dengan pisang untuk membentuk adonan es krim yang lezat dan bergizi.

5. Muffin alpukat

menu dessert alpukat muffin

Muffin yang dijual di pasaran biasanya terbuat dari cokelat atau keju. Nah, cobalah untuk membuat muffin versi Anda dengan menggunakan buah alpukat yang lebih bergizi dan praktis.

Satu buah muffin alpukat mengandung 6 gram lemak, 4 gram protein, dan 5 gram serat yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Alhasil, Anda tak lagi tergoda untuk ngemil macam-macam setelah makan muffin alpukat buatan Anda sendiri.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca