Mana yang Lebih Bikin Ngantuk: Sarapan Pagi Atau Tidak?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/10/2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda tim yang mana: harus selalu sarapan pagi atau tidak terbiasa makan sarapan? Setiap orang memang punya kebiasaannya masing-masing di pagi hari. Uniknya, dua kebiasaan yang berbeda, yaitu sarapan dan tidak sarapan, bisa saja menghasilkan efek yang sama, yaitu mengantuk. Baca terus penjelasan berikut ini untuk mengetahui apa sebabnya.

Kenapa saya ngantuk kalau tidak sarapan?

sering ngantuk sepanjang malam

Bangun tidur, Anda mungkin sudah terbiasa untuk langsung beraktivitas tanpa mengisi bahan bakar dengan makanan dan minuman bernutrisi. Kalau memaksakan diri sarapan, Anda mungkin malah merasa tidak enak.

Nah, masalahnya banyak orang yang tidak biasa sarapan mengeluh sudah merasa mengantuk di pagi hari menjelang siang. Padahal, di pagi hari seharusnya Anda merasa segar dan produktif. Seorang ahli gizi sekaligus Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, menjawab persoalan ini.

“Kalau kita tidak makan pagi, kita tidak mendapatkan glukosa yang cukup untuk (diantarkan ke) otak. Sedangkan otak itu makanannya glukosa,” papar Prof. Ali Khomsan ketika ditemui di Hotel Fairmont Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu (3/10). Lebih jauh, beliau juga menjelaskan bahwa tanpa glukosa, otak jadi kurang energi sehingga Anda akan merasa mengantuk.

Glukosa (gula) sendiri bisa didapatkan dari makanan dan minuman yang disantap ketika Anda sarapan pagi. Di dalam tubuh, glukosa akan diolah dan diubah menjadi sumber energi bagi organ-organ manusia, termasuk otak. Itulah kenapa Anda mudah mengantuk di pagi hari bila melewatkan sarapan.

Sarapan pagi juga bisa bikin ngantuk

ngantuk setelah makan

Kalau tidak sarapan bisa bikin ngantuk, berarti sarapan pagi merupakan jaminan Anda bebas dari kantuk? Belum tentu. Sebagian orang malah mengeluh cepat mengantuk kalau pagi-pagi dimulai dengan sarapan.

Namun, menurut Prof. Ali Khomsan, sebetulnya bukan makan paginya yang membuat Anda lesu, melainkan porsi makannya. “Kalau Anda kelebihan makan pagi, maka oksigennya lari ke perut semua. Padahal, otak makanannya oksigen juga. Jadi kalau oksigen lari ke perut dan otak kekurangan oksigen, Anda pun mengantuk,” ungkap Prof. Ali Khomsan.

Oksigen memang dibutuhkan tubuh guna menjalankan fungsi organ-organ manusia. Di antaranya yaitu fungsi pencernaan. Jadi ketika Anda makan terlalu banyak, sistem pencernaan harus bekerja ekstra keras untuk memproses makanan tersebut. Dalam prosesnya, oksigen akan lebih banyak dipakai oleh perut sehingga otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

Jadi sebaiknya sarapan apa tidak?

porsi sarapan ideal

Menurut hemat Prof. Ali Khomsan, Anda tetap harus sarapan pagi untuk menunjang aktivitas dan fungsi tubuh yang optimal sepanjang hari.

Kuncinya supaya tidak mengantuk adalah memperkirakan porsinya supaya tidak berlebihan. Selain itu, Anda harus sarapan dengan asupan gizi yang tepat serta seimbang, dalam hal ini yaitu karbohidrat dan protein. Jangan sampai karbohidratnya terlalu banyak atau sarapan pagi Anda hanya mengandung lemak jenuh yang tinggi. Kesalahan tersebut juga akan membuat Anda jadi mengantuk.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari, Sebaiknya Makan atau Mandi Dulu?

Beberapa orang terbiasa langsung mandi setelah bangun tidur, tapi tak sedikit pula yang lebih memilih untuk makan. Jadi, sebaiknya makan atau mandi dulu?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 26/08/2019 . Waktu baca 4 menit

4 Alasan Sarapan Lebih Baik Dimakan, Bukan Cuma Minum

Anda butuh sarapan pagi untuk mengawali hari. Dibanding minum susu atau teh manis, makan sarapan ternyata lebih baik. Lho kok bisa? Ini alasannya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 30/04/2019 . Waktu baca 4 menit

Yuk, Bujuk Anak yang Malas Sarapan Pagi Dengan 3 Trik Ini

Menghadapi anak malas sarapan kadang bikin para ortu jadi jengkel. Tenang dulu. Daripada memaksanya makan, lebih baik bujuk si kecil dengan trik jitu ini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Parenting, Tips Parenting 22/02/2019 . Waktu baca 5 menit

Tak Cuma Cegah Lapar, Rutin Sarapan Pagi Juga Bisa Bikin Anak Berprestasi!

Bukan cuma memastikan perut anak tetap kenyang saat belajar di sekolah, manfaat sarapan pagi juga bisa tingkatkan prestasi anak di sekolah, lho! Kok bisa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Parenting, Nutrisi Anak 21/02/2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

smoothies untuk sahur

7 Resep Smoothies untuk Sahur yang Bikin Kenyang Seharian

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020 . Waktu baca 5 menit
sarapan minum susu

Hanya Minum Susu untuk Sarapan, Sehatkah Kebiasaan Ini?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 11/04/2020 . Waktu baca 4 menit
sarapan diet atkins

Menu Sarapan Sehat untuk Anda yang Menjalani Diet Atkins

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 14/09/2019 . Waktu baca 4 menit
sarapan untuk menurunkan berat badan

Ingin Menurunkan Berat Badan, Sebaiknya Sarapan Atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 28/08/2019 . Waktu baca 5 menit