Menurunkan Berat Badan Dengan Cuci Usus, Apakah Aman dan Efektif?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Tahukah Anda bahwa terdapat 2,5 kg atau lebih sampah makanan di dalam usus Anda? Tanpa disadari, Anda telah menumpuk semua sampah-sampah makanan tersebut dan membuat usus kotor. Jumlah sisa makanan yang terlalu banyak di dalam usus tentu saja mempengaruhi berat badan Anda. Semakin banyak sampah yang menumpuk, maka angka timbangan Anda akan naik. Lalu apakah benar membersihkan usus yang kotor bisa membuat berat badan turun? Bagaimana cara membersihkan usus dari semua sisa makanan tersebut?

Bagaimana cara membersihkan usus?

Beberapa orang percaya, cuci usus adalah tindakan yang sehat dan dapat membuat berat badan turun dalam waktu yang cukup cepat. Racun memang bisa saja tertumpuk di dalam usus akibat makanan-makanan yang kurang sehat yang selalu Anda konsumsi itu. Apalagi, ketika pencernaan tidak lancar, entah seberapa banyak sisa makanan yang menumpuk di dalam usus.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan usus, yaitu:

  • Menggunakan cairan atau obat pembersih usus, seperti obat laksatif, cairan enema, teh herbal dan sebagainya. Metode ini adalah cara yang paling sederhana karena menggunakan mulut untuk memasukkan obatnya ke dalam tubuh. Tetapi metode ini biasanya akan mengakibatkan Anda mengalami diare.
  • Melakukan hidroterapi usus, yaitu sebuah tindakan medis yang mencuci usus dengan cara memasukkan air ke dalam usus. Selang kecil akan dimasukkan melalui rektum, kemudian mengalirkan air yang cukup banyak ke dalam usus. Setelah air telah berada di dalam usus, terapis atau ahli medis kan memijat bagian perut Anda. Selanjutnya, air akan keluar melalui proses pencernaan biasa. Kotoran akan dikeluarkan seiring dengan pengeluaran air.

Ingin kurus dengan cara cuci usus, apakah aman?

Tentu saja jika Anda menghilangkan sisa-sisa makanan di usus, berat badan akan turun. Tetapi pertanyaan lain muncul, apakah aman melakukan cuci usus demi menurunkan berat badan?

Memang sampai saat ini cara yang paling baik dan aman jika ingin berat badan turun adalah dengan melakukan diet gizi seimbang, berolahraga rutin, serta menerapkan pola hidup sehat. Cuci usus bisa dibilang sebagai cara cepat apabila Anda mau angka timbangan berat badan menurun secara drastis, tidak perlahan.

Tentu saja, semua hal yang terjadi secara drastis dan tiba-tiba akan kurang baik hasilnya. Demikian halnya dengan membersihkan usus, penurunan berat badan yang terjadi hanya sementara. Dan hal ini yang membuatnya semakin berbahaya, karena penurunan yang sementara ini kemudian akan dilanjutkan dengan kenaikan berat badan yang lebih banyak dari sebelumnya.

Cuci usus membuat jumlah bakteri baik berkurang

Tidak hanya itu, cuci usus dengan cara apapun dapat menurunkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Bakteri baik yang ada di dalam perut Anda berperan penting dalam proses pencernaan. Bahkan, jumlah dari bakteri baik juga dapat mempengaruhi perubahan berat badan Anda. Dan percaya atau tidak, bakteri baik juga ikut bertanggung jawab atas perubahan suasana hati.

Jadi, jika bakteri baik di dalam usus berkurang, bukan sekadar pencernaan saja yang mengalami gangguan, beberapa fungsi tubuh lain juga akan mengalaminya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 menit baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Keluar dari Lubang Hitam Anda Lewat Psikoterapi

Sedang mengalami masa sulit yang seakan mengisap energi dan pikiran Anda ke dalam lubang hitam? Psikoterapi bisa membantu Anda mencari solusinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 20/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca