Mengenal Enema Kopi, Berikut Manfaat dan Risiko yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kopi dapat digunakan sebagai obat pencahar, sampai-sampai muncul sebuah terapi yang disebut dengan enema kopi, yang ditujukan untuk mencuci bersih semua isi perut Anda dari sisa makanan. Namun, benarkah prosedur ini bermanfaat dan apa risikonya?

Apa itu enema kopi?

enema kopi coffee enema adalah
Sumber Gambar: chicagotribune.com

Enema kopi (coffee enema) adalah teknik pengobatan alternatif yang bertujuan mengeluarkan sisa makanan yang tertinggal di dalam usus dengan bahan utama yaitu kopi.

Biasanya, orang-orang menggunakan air, minyak mineral, atau air yang ditambahkan dengan sedikit sabun. Namun belakangan, mereka mulai menggunakan kopi sebagai pengganti air.

Prosedur enema sendiri melibatkan penyuntikan cairan atau gas ke dalam rektum melalui anus dengan obat yang nantinya akan bekerja untuk membuang isi usus besar.

Enema kopi dipercaya dapat membantu Anda yang sedang sembelit atau susah BAB. Jadi, ketika usus terasa tersumbat akibat sisa makanan yang sulit dikeluarkan, kopi berkafein tersebut diseduh kemudian dimasukkan ke dalam usus besar melalui anus.

Selanjutnya, cairan kopi yang telah mencapai usus besar akan merangsang gerakan mendorong dalam usus yang membuat sisa makan keluar.

Terlebih lagi, beberapa orang percaya enema kopi tak hanya sekedar obat pencahar saja, tetapi dapat mengeluarkan racun, merangsang aliran cairan empedu, serta meningkatkan produksi enzim tubuh yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel.

Selain itu, manfaat lain yang Anda bisa dapatkan dengan melakukan teknik ini yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan bakteri dan kuman penyakit yang ada di dalam sistem pencernaan, hingga membantu membunuh sel kanker.

Tahan Berapa Lama Efek Kopi untuk Bikin Kita Tetap Melek?

Ternyata, enema kopi punya risiko yang penting diketahui

Dari penjelasan sebelumnya, coffee enema tampaknya memberikan manfaat serta baik untuk kesehatan. Hanya saja, manfaat yang telah disebutkan di atas berasal dari pernyataan kelompok orang yang mendukung serta percaya akan teknik ini.

Padahal, hingga saat ini belum ada penelitian dan bukti ilmiah yang membuktikan manfaat enema kopi untuk kesehatan. Malah, beberapa penelitian medis yang telah dilakukan menyatakan jika teknik ini bisa membahayakan kesehatan Anda.

Ada banyak risiko yang bisa Anda alami jika melakukan enema kopi, beberapa di antaranya yaitu:

Bahkan, National Cancer Institute melaporkan bahwa terdapat tiga orang yang meninggal dunia akibat melakukan enema kopi. Kematian ketiganya disebabkan oleh ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Tak hanya itu, penelitian yang dimuat pada American Journal of Gastroenterology menemukan jika proses enema kopi tersebut mengakibatkan proctocolitis, yaitu peradangan kronis pada usus dan rektum (organ yang berada antara usus dengan anus).

Kenapa Perut Kembung Setelah Minum Kopi?

Lalu bagaimana cara aman membuang racun dalam tubuh?

Tenang saja, dalam keadaan yang normal dan sehat tubuh tidak akan mengalami keracunan. Tubuh Anda telah dirancang untuk melakukan pengeluaran serta pembuangan racun, zat sisa, serta sampah yang dapat mengganggu fungsi tubuh.

Hal tersebut dilakukan oleh organ hati dan ginjal. Karena itu, mulai sekarang sayangi hati dan ginjal Anda.

Apabila Anda mengalami sembelit atau sulit BAB, ubah pola makan Anda terlebih dahulu. Kondisi ini dapat terjadi akibat pemilihan makanan serta kebiasaan yang tidak sehat. Perbanyak makan makanan tinggi serat serta minum air yang cukup.

Selain makan makanan sehat, lakukan juga perubahan gaya hidup ke arah yang lebih sehat. Misalnya, Anda bisa mulai dengan tidur yang cukup di jam yang teratur, lebih aktif bergerak, dan menghindari stres.

Sudah banyak diketahui bahwa kelebihan berat badan dapat berujung kepada gangguan pada sistem pencernaan. Maka dari itu, tidur teratur dan berolahraga akan menjauhkan Anda dari risiko ini.

Anda juga mungkin pernah mendengar bahwa sistem pencernaan merupakan otak kedua. Suasana hati dan kesehatan sistem pencernaan Anda berkaitan melalui koneksi otak dan usus. Lakukan teknik relaksasi dan latihan pernapasan ketika stres melanda.

Bila sembelit atau masalah pencernaan lainnya tak kunjung hilang, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan solusi yang terbaik untuk kondisi Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Banyak orang menggunakan obat kumur sebagai pengganti obat sariawan. Apa saja kandungan dalam obat kumur? Benarkah bisa mengobati sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

6 Jenis Pendinginan yang Wajib Dilakukan Setelah Lari

Meluangkan waktu untuk melakukan pendinginan setelah lari bisa menghindari Anda dari risiko cedera. Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Olahraga Kardio, Kebugaran 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Kenapa Bisa Sakit Kepala Setelah Cabut Gigi?

Apakah Anda mengalami sakit kepala setelah cabut gigi? Mungkin dua alasan ini penyebabnya. Bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Hati-hati! Ini 6 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Tikus

Tikus terkenal sebagai hewan yang jorok karena bisa menyebabkan penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh tikus yang perlu diwaspadai.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

luka di vagina

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
daun mimba

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
bakteri asam laktat

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
tidak tumbuh jenggot dan kumis

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit