5 Cara Diet yang Salah yang Mungkin Anda Lakukan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Dalam upaya menurunkan berat badan, pasti Anda banyak mencari referensi dan menerima saran dari sahabat, ahli gizi, dan internet. Namun, jika beberapa saran seakan sudah Anda patuhi namun tidak ada perubahan signifikan pada tubuh Anda, bisa jadi saran tersebut tidak sepenuhnya valid.

Artikel ini akan memaparkan beberapa saran untuk menurunkan berat badan yang ternyata tidak benar. Namun, memang pada dasarnya saran-saran tentang diet tidak pasti berhasil pada semua jenis tubuh orang. Maka dari itu, Anda harus pintar-pintar memilah saran-saran diet dan lihat mana yang paling cocok untuk Anda.

1. Menghindari makan lemak

Tricia Psota, RD, ahli gizi asal Washington DC menegaskan bahwa tidak semua lemak membuat Anda gemuk. Benar adanya memang lemak yang ditemui pada cookies, keripik kentang, dan makanan berminyak mengandung lemak dan kolesterol yang meningkatkan risiko menambah berat badan.  Namun, ternyata lemak yang terkandung pada kacang-kacangan, alpukat, dan salmon ternyata merupakan lemak yang manfaatnya adalah melindungi kesehatan jantung Anda. Justru, lemak yang baik dapat menolong Anda untuk membuat kualitas hidup yang lebih sehat.

2. Olahraga dengan perut kosong

Saran bahwa membakar kalori dalam keadaan perut kosong lebih efektif dalam menurunkan berat badan ternyata hal yang salah. Cara tersebut ternyata malah merugikan badan Anda karena perpaduan membakar kalori dan keadaan perut kosong dapat menyebabkan berkurangnya volume otot.

Terkadang untuk mengisi energi sebelum membakar kalori dengan olahraga, Anda mengganti makan dengan minum minuman olahraga atau cairan isotonik. Cara tersebut salah, dan juga berbahaya untuk kesehatan Anda. Sanda Moldova, DDS, MS, CNS, seorang diplomat dari American Academy of Periodontology mengatakan bahwa hal tersebut memang membuat otot Anda menjadi lebih kuat, namun berbahaya bagi kesehatan dalam tubuh Anda.

3. “Cheat day” saat weekend

Anda pasti sedang mendengar kalimat ‘weekend itu waktunya libur diet’. Namun, ternyata Anda bisa terkecoh pada pola diet seperti itu dan menggagalkan usaha yang Anda lakukan selama lima hari weekdays. Di akhir pekan, kita cenderung untuk banyak tidur. Bayangkan kalau hal itu Anda kombinasikan dengan makan banyak dan tidak mengontrol gizi.

Menurut Anda, efektifkah diet Anda saat Anda menghilangkan setengah kilogram dalam lima hari dan Anda menambah 1 kilogram di akhir pekan? Jadi, berhenti diet di akhir pekan sudah selayaknya dihindari. Saran yang terbaik adalah, makanlah makanan yang enak dan berkalori namun tetap batasi porsinya.

4. Mengonsumsi sayur dan buah dalam bentuk jus

Banyak yang berkata bahwa jus adalah cara menyenangkan untuk mengonsumsi sayur dan buah. Namun, ternyata banyak gizi yang hilang dari buah dan sayur saat dijadikan jus. Gizi pada jeruk berpusat pada bulirnya, namun dengan Anda mengolah jeruk menjadi jus, Anda menghancurkan (bahkan membuang) bulirnya.

Untuk sayur, dengan Anda menghancurkan dan menjadikannya jus, Anda membuang serat yang jelas memperbaiki sistem pencernaan Anda. Anda pasti tahu bahwa lancarnya sistem pencernaan dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

5. Tidak sarapan

Banyak orang yang sengaja melewatkan sarapan demi tujuan menurunkan berat badan, namun ternyata hal tersebut tidak berpengaruh pada turunnya berat badan. Sarapan baik untuk kesehatan dan ketahanan energi Anda dalam suatu hari.

Hal yang membuat diet Anda efektif adalah waktu makan yang sama setiap harinya. Pola makan teraturlah yang membuat diet Anda berhasil. Pola makan teratur dapat membentuk metabolisme tubuh yang baik untuk Anda.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

Benarkah frozen yogurt memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dari es krim? Cari tahu di sini untuk memastikan apakah frozen yogurt memang lebih sehat.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Yang Perlu Anda Tahu Seputar Pangan Rekayasa Genetika

Sudah saatnya kita meluruskan isu-isu seputar pangan rekayasa genetika (PRG) atau genetically modified foods yang penuh kontroversi ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit

3 Resep Dessert Vegan yang Mudah dan Lezat

Kata siapa seorang vegan tak bisa menikmati berbagai pencuci mulut yang menggugah selera? Tiga dessert vegan yang mudah dibuat ini nikmatnya berani diadu!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

diet eliminasi

Mengenal Diet Eliminasi (Elimination Diet) untuk Tahu Intoleransi Makanan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 05/07/2020 . Waktu baca 5 menit
mitos hepatitis C

Kenali Mitos Seputar Hepatitis C yang Perlu Diketahui Kebenarannya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 27/06/2020 . Waktu baca 5 menit
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit