4 Tips Mencegah Pasien PCOS Ngidam Makanan yang Tidak Sehat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah kelainan hormon yang terjadi pada wanita. Kondisi ini menimbulkan gejala beragam, salah satunya ngidam atau ingin makan ini dan itu yang belum tentu sehat. Padahal berat badan mereka mudah sekali naik secara drastis dan ini dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Lantas, bagaimana mencegah rasa ngidam pasien dengan PCOS? Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

Kenapa pasien PCOS sering ngidam?

PCOS merupakan gangguan hormon yang memengaruhi fungsi ovarium dan proses kematangan sel telur. Selain menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur, kondisi ini juga berkaitan dengan perilaku makan yang berlebihan.

Menurut studi pada jurnal Appetite, sebanyak 39% pasien PCOS memiliki nafsu makan yang tinggi dan sering ngidam. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar hormon insulin pada mereka dibandingkan wanita sehat.

Insulin adalah hormon yang mengatur gula darah sekaligus merangsang nafsu makan. Bila kadarnya tinggi, keinginan untuk makan ini dan itu juga semakin tinggi. Jika ngidam ini terus dituruti, bisa jadi penderitanya mengalami kenaikan berat badan yang tidak terkendali. Akibatnya, risiko obesitas dan penyakit kronis lainnya jadi semakin besar.

Cara mencegah ngidam tidak sehat pada pasien PCOS

Menjaga pola makan menjadi salah satu perawatan pasien PCOS. Oleh karena itu, pasien tidak boleh menuruti nafsu makannya yang tinggi atau keinginan makan makanan yang tidak sehat. Meski tidak mudah, ada beberapa cara untuk membantu pasien menekan masalah tersebut, seperti:

1. Jangan melewatkan jam makan

cara diet dengan puasa

Makan tepat waktu adalah cara paling mudah untuk mencegah ngidam yang tidak sehat pada pasien PCOS. Jangan biarkan kesibukan membuat Anda melewatkan jam makan.

Pasalnya, menunda makan bisa membuat perut lapar dan porsi makan jadi lebih besar. Sering kali hal ini meningkatkan keinginan Anda untuk makan makanan yang tidak sehat, salah satunya junk food.

2. Pilih makanan yang lebih sehat

diet keto untuk epilepsi

Ngidam makanan tidak sehat menjadi pantangan bagi pasien PCOS. Pasalnya, pilihan makanan yang tidak sehat bisa memengaruhi hormon dan kesehatan pasien secara menyeluruh.

Ngidam sebenarnya boleh masih Anda turuti asal pilihan makanannya bernutrisi dan porsinya sesuai. Ketimbang memilih makan kentang goreng, cokelat batangan, atau minum minuman bersoda lebih baik Anda memilih makanan yang mengandung protein.

Makanan mengandung protein menjadi salah satu cara untuk mencegah ngidam tidak sehat pada pasien PCOS. Alasannya, protein tidak meningkatkan kadar insulin dengan cepat.

Malah dengan cukup mengonsumsi protein, kadar gula darah jadi lebih stabil. Alih-alih makan goreng atau minum soda, lebih baik memilih telur rebus atau smoothie.

3. Pastikan jika Anda benar-benar lapar

makanan untuk yang punya endometriosis

Mencegah ngidam yang tidak sehat pada pasien PCOS bisa dilakukan dengan memastikan bahwa  perut memang sedang lapar.  Perlu Anda ketahui bahwa keinginan makanan ini dan itu tidak hanya muncul karena rasa lapar, tapi juga emosional, contohnya stres.

Alih-alih memilkirkan lezatnya makanan ini dan itu, akan lebih baik jika Anda mengalihkan perubahan emosi dengan kegiatan lain. Anda bisa melakukan latihan pernapasan, jalan santai di taman, atau melakukan berbagai hal yang Anda sukai.

4. Minum obat yang diresepkan dokter

obat asma alergi

Jika nafsu makan dan ngidam cukup tinggi, pasien PCOS bisa mencegah hal ini dengan minum obat yang diresepkan dokter. Nafsu makan yang tidak terkontrol ini kemungkinan disebabkan oleh tubuh yang resisten terhadap insulin.

Untuk menstabilkan insulin, biasanya dokter akan memberikan obat seperti metformin atau suplemen inositol. Dengan pertimbangan, efek samping dari penggunaan obat dapat ditoleransi oleh pasien.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca