7 Hal yang Pantang Dilakukan Jika Anda Punya Penyakit PCOS

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sindrom ovarium polikistik atau disebut juga dengan PCOS adalah kondisi yang terjadi ketika terdapat banyak kista yang mengakibatkan sel telur tidak matang. Wanita dengan PCOS biasanya mengalami resistensi insulin dan peningkatan hormon laki-laki yaitu androgen. Kondisi ini sering ditandai dengan periode menstruasi yang tidak teratur. Wanita PCOS memiliki berbagai pantangan yang sebaiknya tidak dilakukan demi kesehatan tubuh dan reproduksi. Apa saja ya kira-kira? Simak ulasannya berikut ini.

Berbagai hal yang sebaiknya tidak dilakukan oleh wanita PCOS

Berikut ini berbagai pantangan yang sebaiknya dihindari saat Anda memiliki memiliki PCOS, yaitu:

1. Makan makanan tinggi gula

kadar gula dan lemak darah picu depresi

Orang dengan PCOS biasanya mengalami resistensi insulin. Kondisi mengakibatkan tubuh tidak dapat mengolah dan memproses gula dalam darah secara normal.

Oleh karena itu, wanita PCOS sangat tidak disarankan untuk makan makanan yang tinggi gula karena dapat menyebabkan diabetes dan bisa memperburuk komplikasi masalah kesehatan yang sedang Anda alami. Selain itu, hindari berbagai makanan olahan yang biasanya tinggi akan gula.

2. Bermalas-malasan

malas olahraga, bisa jadi bawaan lahir

Olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh. Bahkan, orang sehat pun tetap membutuhkan olahraga untuk menjaga tubuh tetap bugar dan juga segar.

Jika Anda memiliki PCOS, maka jangan pernah bermalas-malasan dan tidak melakukan olahraga sama sekali. Pasalnya, olahraga membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan obesitas yang sangat rentan menyerang orang dengan PCOS.

Tidak perlu pergi ke pusat kebugaran dan melakukan olahraga mahal. Anda hanya perlu melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit sehari atau melakukan latihan sederhana di rumah.

Olahraga beban juga sangat bagus dilakukan oleh wanita dengan PCOS karena membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kerja insulin.

3. Tidak mencatat jadwal menstruasi

menstruasi tidak normal

Orang dengan PCOS biasanya memiliki periode menstruasi yang tidak teratur. Sayangnya, saking terbiasanya mendapatkan periode yang tidak teratur, Anda tidak lagi mencatat dan mengingatnya. Padahal, hal tersebut bisa jadi tanda bahwa Anda mengalami gangguan kesehatan yang lebih serius, seperti kanker endometrium.

Oleh karena itu mulai sekarang Anda perlu rajin mencatat dan menandai di kalendar kapan terakhir kali Anda haid. Jika selama beberapa waktu berturut-turut Anda mengalami telat menstruasi selama lebih dari 40 hingga 5o hari, maka segera periksakan ke dokter.

4. Merokok

pakai behel. merokok

Merokok pada dasarnya tidak memiliki manfaat sama sekali dan justru membahayakan kesehatan. Terlebih, orang dengan PCOS memiliki risiko yang jauh lebih tinggi terhadap penyakit yang diakibatkan oleh rokok seperti penyakit jantung, aterosklerosis, dan diabetes. Oleh karena itu, jagalah kesehatan diri dengan menghindari rokok.

5. Menyepelekan waktu tidur

yang terjadi pada tubuh saat begadang

Tidur sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mengembalikan kembali energi yang hilang setelah seharian penuh beraktivitas. Selain itu, tidur yang cukup juga membantu mengendalikan hormon lapar pada tubuh.

Sebaliknya, tidak cukup tidur justru dapat membuat Anda merasa terus lapar dan mengonsumsi banyak kalori. Akibatnya, Anda berisiko terkena obesitas yang bisa berujung pada berbagai komplikasi. Usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup selama 6 hingga 8 jam tiap malamnya.

6. Tidak teratur minum obat

obat nyeri haid

Wanita dengan PCOS biasanya diresepkan berbagai obat untuk membantu mengatasi kondisinya. Namun perlu diingat bahwa obat akan bekerja efektif hanya jika Anda mengonsumsinya secara teratur sesuai dengan yang diresepkan. Oleh sebab itu, pastikan untuk minum obat sesuai dosis dan anjuran yang diresepkan oleh dokter secara teratur.

7. Melewatkan jadwal konsultasi dengan dokter

pergi ke dokter kandungan

Saat Anda berobat, biasanya dokter akan memberikan jadwal rutin kapan Anda perlu berkonsultasi lagi. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari komplikasi yang mungkin terjadi dan memantau perkembangan kesehatan Anda secara berkala.

Apalagi jika Anda sedang menjalani perawatan untuk mengatasi ketidaksuburan akibat PCOS. Maka komitmen untuk menjalani pengobatan teratur wajib Anda terapkan. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak melewatkan jadwal konsultasi dengan dokter agar perawatan yang sedang dijalani membuahkan hasil yang maksimal.

Selain itu, jangan takut untuk membicarakan kemajuan pengobatan yang Anda rasakan. Jika Anda merasa berbagai perawatan yang dilakukan tidak menunjukkan kemajuan yang signifikan, katakan sejujurnya. Dengan begitu, dokter akan mencarikan alternatif perawatan lain yang sesuai dengan kondisi Anda.

Berapa Banyak Kalori yang Anda Butuhkan?

Selain rajin berolahraga, mengetahui berapa banyak asupan kalori yang harus dikonsumsi juga penting untuk menjaga kesehatan. Cari tahu kalori harian yang Anda butuhkan di sini.

Cari Tahu!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Bahaya Jika Darah Haid yang Keluar Sedikit (Hipomenorea)?

Kondisi saat Anda mendapati bahwa darah menstruasi yang dikeluarkan sedikit atau hipomenorea memang tidak berbahaya. Namun, tetap perlu Anda waspadai.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Wanita, Menstruasi 18 Juni 2019 . Waktu baca 4 menit

5 Penyebab yang Bisa Bikin Wanita Punya Kumis Tebal Seperti Pria

Selain faktor hormon dan keturunan, ada banyak kondisi yang bisa jadi seorang wanita memiliki kumis tebal. Apa saja? Cari tahu di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Wanita 23 Desember 2018 . Waktu baca 3 menit

Perut Kembung Setelah Berhubungan Seks, Apa Penyebabnya?

Apa yang biasanya Anda rasakan setelah seks? Capek dan ngantuk, tapi bahagia? Atau malah kembung dan begah? Apa penyebab kembung setelah berhubungan seks?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Seksual, Tips Seks 17 Oktober 2018 . Waktu baca 4 menit

Apakah Wanita dengan PCOS Bisa Hamil? Perlu Waktu Berapa Lama?

Wanita dengan PCOS bisa hamil, dengan perubahan gaya hidup pengobatan yang tepat! Apa saja yang harus dilakukan dan perlu waktu berapa lama bisa hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 8 September 2018 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pcos atau sindrom ovarium polikistik adalah

PCOS (Sindrom Ovarium Polikistik)

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 2 Januari 2021 . Waktu baca 17 menit
resistensi insulin adalah

Mengenal Resistensi Insulin, Kondisi yang Bisa Menyebabkan Diabetes Tipe 2

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 8 September 2020 . Waktu baca 5 menit
fibroid rahim dan pcos

Apa Bedanya Fibroid Rahim dan Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 8 April 2020 . Waktu baca 4 menit
pengobatan pcos obat

6 Pilihan Pengobatan Bagi Pengidap PCOS

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 4 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit