Sambil Nonton TV, Manfaatkan Waktu dengan 4 Perawatan Tubuh Sederhana Ini

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 06/07/2019
Bagikan sekarang

Nonton TV menjadi bagian dari rencana Anda untuk menghabiskan waktu luang. Umumnya, Anda akan menonton sambil tidur-tiduran atau ngemil. Akan tetapi, waktu nonton TV juga bisa Anda manfaatkan dengan kegiatan lainnya, seperti perawatan tubuh. Apa saja perawatan tubuh yang mudah dilakukan sambil nonton TV? Berikut rekomendasinya.

Perawatan tubuh yang mudah dilakukan sambil nonton TV

Kebanyakan orang akan ngemil saat menonton TV. Meski menyenangkan, hal ini cenderung tidak menyehatkan tubuh. Studi yang diterbitkan pada Cognitive Neuroscience Channel menyebutkan bahwa nonton TV sambil ngemil menjadi kebiasaan yang bisa meningkatkan risiko obesitas.

Menonton TV membuat fokus Anda pada makanan terpecah. Akibatnya, Anda akan makan lebih dari porsi seharusnya. Apalagi, jika pilihan camilan tidak sehat dan mengandung banyak kalori, kenaikan berat badan bisa terjadi.

Ketimbang ngemil, ada aktivitas lain yang lebih bermanfaat yang bisa Anda lakukan sambil nonton TV. Apakah itu? Ya, perawatan tubuh sederhana tanpa perlu pergi ke salon atau spa.

Beberapa rekomendasi perawatan tubuh yang mudah dilakukan di rumah sambil nonton TV, antara lain:

1. Masker bibir

bibir gatal

Sering bermasalah dengan bibir kering? Tenang, perawatan tubuh berikut ini bisa membantu Anda mengatasi bibir kering. Sebelum menyalakan TV, siapkan berbagai bahan yang diperlukan. Misalnya, satu sendok teh minyak kelapa dan madu.

Sambil menonton TV, Anda dapat membuat pasta campuran madu dan minyak kelapa. Begitu pasta jadi, Anda dapat mengoleskannya pada bibir sambil memberikan pijatan.

Perawatan untuk menjaga kelembapan bibir ini bisa mencegah Anda ngemil sembarangan saat nonton TV.

Lakukan perawatan tubuh yang sederhana ini selama 5 menit. Anda bisa membersihkannya di sela iklan sehingga aktivitas menonton TV tidak terganggu.

2. Masker wajah

memilih masker wajah

Perawatan tubuh sederhana lainnya yang bisa Anda lakukan bahkan sambil nonton TV adalah masker wajah.

Perawatan ini bisa membantu mencerahkan, melembapkan, dan melembutkan kulit serta mengangkat komedo dan kotoran yang terjebak di pori-pori.

Siapkan masker kemasan atau masker buatan sebelum Anda menonton TV. Anda bisa mencoba masker alpukat dengan menggunakan 1/2 potong buah alpukat, 1 sendok makan yogurt, dan 1 sendok makan madu. Anda juga dapat menambahkan 1 atau 2 tetes minyak zaitun agar lebih melembapkan kulit Anda.

Sambil menonton TV, oleskan masker pada wajah dan biarkan selama 15 hingga 30 menit. Setelahnya, bilas dengan air bersih.

3. Masker rambut

membuat masker rambut alami

Jika masih ada sisa alpukat dari masker wajah, Anda bisa memanfaatkannya untuk masker rambut. Jika harus membuatnya dari awal, Anda dapat menyiapkan 1 buah alpukat dan 1 butir telur.

Campurkan kedua kedua bahan dalam wadah dan aduk hingga rata.

Sebelum menonton TV, bersihkan rambut Anda lebih dahulu. Setelahnya, barulah oleskan masker alpukat saat rambut masih basah sambil menonton TV. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Masker alpukat ini mengandung vitamin, minyak esensial, dan mineral yang dibutuhkan rambut. Perawatan tubuh yang mudah ini dapat membantu mengembalikan kilau, mencegah rambut kering, dan mudah patah.

4. Perawatan kulit sekitar mata

manfaat mentimun untuk mata

Tidak hanya wajah, bagian kulit sekitar mata sering kali menjadi masalah. Mulai dari munculnya kerutan, bengkak, hingga menghitam. Meski di mata, Anda tetap dapat melakukan perawatan tubuh yang satu ini dengan mudah sambil menonton TV.

Biasanya, Anda akan menggunakan timun untuk mengatasi masalah kulit sekitar mata saat tidur. Nah, Anda juga bisa memanfaatkan cara ini saat di sela-sela iklan.

Irislah timun yang telah disimpan di dalam kulkas, dan tempelkan di mata Anda selagi iklan. Mata Anda pun bisa menjadi lebih segar.

Perawatan ini dapat Anda lakukan setelah Anda melakukan masker wajah. Tidak perlu lama-lama, cukup 15 menit untuk menempelkan timun pada mata Anda. Timun mengandung antioksidan dan air yang bisa mengurangi peradangan dan meningkatkan kelembapan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Kesalahan yang Membuat Kulit Rentan Rusak Selama Bulan Puasa

Apabila tidak dijaga dengan baik, kulit wajah Anda bisa menjadi kurang nutrisi sampai rusak saat puasa. Ketahui beberapa penyebabnya di bawah ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Hari Raya, Ramadan 02/05/2020

Mana yang Lebih Baik: Eksfoliasi Pakai Chemical Peeling atau Scrub?

Mungkin Anda bingung lebih baik pilih chemical peeling atau scrub untuk perawatan kulit. Ternyata perawatan kulit perlu menyesuaikan kondisi kulit Anda.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

4 Trik Mengatasi Kulit Kering di Bawah Mata

Mengatasi kulit kering di bawah mata dapat dilakukan dengan perawatan dan konsumsi asupan bernutrisi untuk menjaga kelembapan kulit.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

Harus Pakai Skin Care Berapa Lama Hingga Hasilnya Terlihat?

Kira-kira, berapa lama produk skin care akan menunjukkan hasil dan perubahan pada kulit wajah Anda? Untuk tahu jawabannya, simak artikel berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat menonton tv

Sering Menonton Serial TV Selama Karantina? Ternyata Ada Manfaatnya

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020
cara membersihkan gunting kuku

Cara Membersihkan Gunting Kuku yang Tepat dan Mudah

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 11/05/2020
perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020