Ini Alasan Anda Harus Pakai Shampo Khusus untuk Rambut Berwarna

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Ketika memutuskan untuk memiliki rambut berwarna, tentu Anda membutuhkan shampo dan perawatan khusus. Berbeda dengan perawatan rambut biasanya, menjaga rambut berwarna butuh komitmen. Sehingga rambut tetap terjaga warna dan kesehatannya.

Ada beberapa alasan penting mengapa Anda perlu mengaplikasikan shampo dan perawatan khusus untuk rambut berwarna.

Mengapa harus memakai shampo khusus untuk rambut berwarna?

pakai sampo sama rusak rambut

Setelah mendapatkan warna rambut yang Anda idamkan, pasti Anda berharap agar warnanya bertahan lama. Perawatan yang tidak pas justru bisa membuat rambut jadi memudar. 

Rambut merupakan investasi penampilan dan kepercayaan diri Anda. Biasanya, Anda disarankan untuk tidak keramas selama 24 jam. 

Pertanyaan selanjutnya yang muncul, apakah Anda sudah menggunakan shampo yang tepat? Karena tidak semua shampo sama. Gunakanlah shampo khusus yang diklaim aman untuk rambut berwarna dan tidak mengandung sulfat. 

Pasalnya, penggunaan shampo sulfat dapat membuat rambut tampak kusam dan bisa memudarkan warna. Pilih shampo yang diformulasikan secara khusus untuk membuat warna rambut berwarna Anda tetap terlihat segar.

Secara mudah Anda bisa mendapatkan produk shampo khusus untuk rambut berwarna di supermarket.

Tak terlepas dari poin di atas, pilih juga shampo dan kondisioner yang diformulasikan untuk melindungi rambut berwarna. Biasanya produk tersebut mampu melapisi kutikula rambut dan membuat warna bertahan lama.

Sesudahnya, Anda bisa keramas menggunakan shampo khusus untuk rambut berwarna, setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Sesekali Anda bisa menyelingi dengan menggunakan kondisioner tanpa menggunakan shampo. 

Jika biasanya menggunakan air hangat, kini bilaslah dengan air suam-suam kuku. Karena air hangat juga dapat memudarkan warna rambut dan merusak lapisan luar helai rambut, yang mana sudah terekspos pada saat pewarnaan.

Perawatan rambut berwarna yang perlu diperhatikan

manfaat alpukat

Tak cuma penggunaan shampo dan kondisioner, rambut berwarna butuh perhatian khusus lainnya. Karena rambut berwarna membutuhkan kelembapan ekstra dan juga perawatan agar warnanya tetap terjaga.

Berikut tips perawatan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan rambut berwarna.

1. Masker rambut

Meskipun sudah menggunakan shampo khusus untuk rambut berwarna, Anda bisa menggunakan masker rambut berbahan alpukat sebagai perawatannya. Misalnya, dengan mencampurkan alpukat, minyak almond, dan minyak vitamin E.

Anda bisa mengaplikasikannya secara rata pada rambut yang basah. Tunggu 10 menit, lalu bilas seperti biasa. Alternatif simpel lainnya juga dapat ditempuh seperti Anda juga bisa menerapkan serum atau kondisioner.

2. Pakai topi

Penting untuk melindungi rambut dari panas, termasuk sinar matahari. Perlu diketahui, paparan sinar matahari dapat memudarkan warna rambut Anda. Memakai topi dapat mencegah pembentukan radikal bebas yang membahayakan kesehatan molekul rambut.

Oleh karena itu, bawalah topi ke manapun Anda pergi untuk memproteksi warna rambut Anda dari sinar matahari.

3. Hindari klorin

Selain menggunakan shampo untuk rambut berwarna, Anda perlu memperhatikan aktivitas tertentu. Misalnya, sebisa mungkin menghindari klorin.

Bagi Anda yang hobi berenang, ketahuilah bahwa klorin dapat memudarkan rambut berwarna Anda. Tentu Anda masih bisa berenang dengan menggunakan hair cap. Pastikan seluruh rambut masuk ke dalam hair cap dan jangan sampai ada ruang yang memudahkan air masuk ke dalamnya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 6, 2019 | Terakhir Diedit: November 27, 2019

Sumber