3 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kecantikan Kulit Remaja

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 30/08/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Masa remaja bisa dikatakan sebagai masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Di masa inilah terjadi banyak perubahan, baik secara fisik maupun mental, dalam diri remaja. Salah satunya pada kulit. Kulit remaja membutuhkan asupan nutrisi yang tepat agar terlihat cantik dan tentunya sehat. Lantas, nutrisi kulit apa saja yang diperlukan oleh remaja?

Kenapa, sih, kulit remaja perlu nutrisi yang tepat?

Berbeda dengan masa kanak-kanak, saat memasuki masa remaja, maka Anda akan lebih disibukkan dengan berbagai kegiatan. Itu sebabnya, kita dituntut untuk senantiasa merawat kebersihan dan kesehatan kulit.

Kulit yang sehat tidak hanya berperan penting dalam penampilan saja, tapi juga sebagai penghalang antara lingkungan luar dengan organ dalam tubuh.

Untuk mendapatkan semua hal tersebut, salah satu yang tidak boleh dilewatkan yakni mencukupi kebutuhan nutrisi kulit remaja. Ya, perawatan kulit yang baik, memang dimulai dari asupan nutrisi yang tepat.

Nyatanya, selain tubuh, kulit juga memerlukan “makanan” yang tepat agar dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Jika tidak, akan timbul efek samping yang merugikan bagi jaringan dan struktur kulit remaja, terlebih di masa pertumbuhannya.

Lalu, apa saja nutrisi kulit yang harus dipenuhi oleh remaja?

Demi menjaga kulit remaja selalu dalam keadaan yang sehat, perawatan yang dilakukan pun tidak boleh sembarangan. Maka itu, pastikan nutrisi kulit Anda senantiasa tercukupi secara optimal, misalnya dari berbagai zat gizi berikut ini:

1. Vitamin A

Vitamin A mungkin lebih banyak dikenal untuk menjaga kesehatan mata. Namun ternyata, vitamin tidak kalah hebat dalam merawat kesehatan kulit. Vitamin A dipercaya mampu memudarkan bintik coklat yang sering muncul akibat paparan sinar matahari.

Di samping itu, vitamin A yang tercukupi dengan baik bisa membantu memperbaiki jaringan kulit yang mengalami kerusakan.

Vitamin A bisa didapatkan dengan mudah dari sayur-sayuran seperti wortel, bayam, kangkung, ubi, daun selada; hingga buah misalnya mangga, semangka, pepaya, dan lain sebagainya.

2. Vitamin C

Vitamin C tidak hanya mampu menjaga sistem imun tubuh Anda, melainkan juga merawat kesehatan kulit. Pasalnya, vitamin C berperan sebagai antioksidan yang bertugas memerangi radikal bebas pemicu kerusakan kulit. Selain itu, salah satu alasan penting lainnya mengapa vitamin C diperlukan untuk nutrisi kulit remaja adalah karena vitamin C mendorong produksi kolagen, yang berfungsi mengencangkan dan menjaga kekenyalan kulit.

Anda bisa mengonsumsi buah jeruk, stroberi, tomat, kiwi, nanas, serta mangga, sebagai sumber vitamin C yang baik.

tips berkomunikasi dengan anak remaja

3. Vitamin E

Selain vitamin C, vitamin E juga termasuk antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit remaja dalam melawan serangan radikal bebas. Bahkan, vitamin E diyakini mampu menjaga kulit agar tidak mudah kering sekaligus melindungi kulit dari sengatan sinar ultraviolet (UV).

Itu mengapa kandungan vitamin E banyak ditemukan di dalam produk-produk perawatan kulit. Namun, Anda juga bisa memaksimalkan asupan vitamin E dari kacang-kacangan, bayam, alpukat, brokoli, tomat, mangga, dan lainnya.

Selain dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin, Anda juga bisa memenuhi nutrisi kulit untuk menjaga kesehatan sekaligus memberi perlindungan dari kuman dan bakteri, dengan memberikan produk perawatan kulit yang tepat.

Salah satu pilihannya adalah dengan menggunakan sabun cair anti bakteri dengan kandungan butiran scrub aprikot alami. Pasalnya, aprikot merupakan salah satu buah yang kaya akan berbagai vitamin guna menjaga kesehatan dan kecantikan kulit remaja Anda.

Menariknya, dikutip dari laman Healthline, sebuah penelitian membuktikan bahwa kombinasi dari vitamin C dan E (yang keduanya ada dalam buah aprikot) baik yang dikonsumsi maupun yang terkandung dalam produk perawatan kulit, akan bekerja lebih efektif untuk menyehatkan dan mencerahkan kulit.

Bukan hanya itu, butiran scrub aprikot alami juga mampu meluruhkan kotoran yang mengendap dalam pori-pori, serta melindungi kulit dari kuman dan bakteri guna menciptakan kulit yang sehat dan terawat. Maka itu, jangan ragu untuk memberikan perawatan dan nutrisi kulit yang terbaik bagi kecantikan Anda, demi meningkatkan kepercayaan diri saat beraktivitas sehari-hari.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Glass skin adalah tren kecantikan kulit bening bercahaya berasal dari Korea Selatan. Bagaimana langkah perawatan kulit untuk mendapatkannya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 03/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Dua Vitamin dan Mineral yang Paling Diperlukan Tubuh Selama Puasa

Ketika bulan puasa, banyak orang yang mudah sakit dan merasa cepat lemas. Karena itu, Anda butuh minum vitamin C dan zinc untuk mengatasinya. Mengapa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hari Raya, Ramadan 01/05/2020 . Waktu baca 4 menit

10 Jenis Sayur dan Buah yang Bisa Jadi Sumber Vitamin C Saat Sahur

Kurangnya asupan makanan saat puasa membuat kebutuhan vitamin Anda tidak terpenuhi. Apa saja makanan atau minuman untuk memenuhi vitamin C saat sahur?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hari Raya, Ramadan 27/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Meskipun kulit aman dari polusi, faktor lainnya di rumah bisa memicu masalah kulit. Ini sederet tips merawat kulit saat karantina.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 27/04/2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
menghadapi kecemasan di new normal

Tips Menghadapi Kecemasan Kembali Beraktivitas di Era New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 03/08/2020 . Waktu baca 5 menit
skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 18/06/2020 . Waktu baca 4 menit
perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020 . Waktu baca 4 menit