Manfaat Scrubbing Badan dan Cara Melakukannya di Rumah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Kulit bekerja keras setiap hari untuk melindungi tubuh dari berbagai macam partikel asing. Sama seperti wajah, tubuh pun perlu dibersihkan dengan baik. Tanpa scrubbing yang rutin, kotoran dapat menumpuk pada kulit sehingga menjadi sarang kuman dan bakteri.

Bakteri dan kuman yang menumpuk bisa mengakibatkan berbagai masalah kulit serta membuat kulit kusam. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk melakukan scrub badan secara rutin. Scrub seperti apa yang Anda butuhkan dan seberapa sering Anda perlu melakukannya?

Manfaat scrubbing untuk kesehatan dan kecantikan kulit

scrub

Rata-rata orang dewasa melepaskan 50.000 sel kulit mati setiap menitnya sebagai bagian dari proses peremajaan sel. Sayangnya, sel kulit mati yang dilepaskan tersebut terkadang dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan komedo dan jerawat.

Scrub badan adalah salah satu bentuk perawatan eksfoliasi. Perawatan ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dari luar sekaligus mengeluarkan debu dan kotoran yang mungkin terjebak dalam pori-pori. Dengan begitu, kulit akan terlihat lebih sehat.

Selain membuat kulit terlihat lebih sehat, scrub badan juga bisa membantu melawan penuaan dini. Seiring dengan bertambahnya usia, proses pergantian sel akan semakin melambat dan kulit akan mulai terlihat kusam.

Gerakan menggosok dan memijat dari scrubbing dapat merangsang aliran darah dan aliran getah bening serta mampu mempercepat pergantian sel. Kulit pun mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang diperlukan untuk meremajakan diri.

Scrub badan sebaiknya tidak dipakai pada wajah

cara membuat lulur

Bila Anda bertanya-tanya mengapa scrub badan sebaiknya tidak dipergunakan untuk wajah, jawabannya sama seperti sabun. Sabun mandi pun tak seharusnya digunakan untuk membersihkan wajah.

Struktur kulit di badan berbeda dengan kulit di wajah. Secara fisik, kulit di badan lebih tebal dan “tahan banting” ketimbang kulit wajah yang sensitif dan tipis.

Maka dari itu, butir scrub untuk scrubbing badan umumnya bertekstur lebih kasar dan tebal daripada scrub wajah. Bahan aktif yang terkandung dalam scrub badan biasanya juga memiliki konsentrasi asam yang lebih kuat dibandingkan produk untuk wajah.

Ketika scrub badan dipakai untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah, hal ini justru bisa menyebabkan iritasi kulit. Iritasi pada kulit wajah akibat pemakaian scrub tubuh dapat menimbulkan jerawat dan bahkan luka gores.

Macam-macam bentuk scrub untuk badan

scrub masker perawatan kulit kopi cokelat

Scrub untuk badan tersedia dalam berbagai bentuk, baik yang berupa produk skincare seperti sabun maupun alami yang bisa Anda buat sendiri. Berikut macam-macam scrub yang dapat Anda gunakan.

1. Sabun mengandung scrub

Penggunaan sabun dengan butiran scrub untuk membersihkan tubuh memang tidak diragukan lagi keampuhannya. Produk ini juga mudah digunakan, bervariasi, dan dapat memberikan manfaat tertentu sesuai jenis sabun yang Anda gunakan.

Ketika membeli sabun mandi, sesuaikan ukuran butir scrub-nya dengan kebutuhan Anda. Scrub ukuran besar ampuh menghancurkan lapisan kulit mati yang menumpuk, sedangkan scrub berbutir halus cocok untuk menghaluskan permukaan kulit.

2. Scrub gula

Butiran gula cenderung lebih bulat dan tidak banyak mengikis sehingga lebih lembut untuk kulit. Gula juga merupakan sumber alami dari alpha-hydroxy acid (AHA) yang membantu menghaluskan permukaan kulit dan menjaga kelembapannya.

3. Scrub garam

Butiran garam lebih kasar menyerupai pasir sehingga cocok untuk scrubbing di area kulit yang tebal seperti siku dan kaki. Garam juga mengandung mineral yang mampu membersihkan pori-pori dari kotoran. Kulit pun menjadi lebih bersih dan sehat.

4. Scrub buatan sendiri

Scrub buatan sendiri memiliki keunggulan, yakni Anda bisa menggunakan bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Di bawah ini merupakan bahan-bahan yang sering digunakan sebagai scrub dan manfaatnya.

  • Kopi: memudarkan selulit (tumpukan lemak yang menumpuk pada jaringan ikat sehingga kulit tampak menggumpal).
  • Brown sugar: mengelupas lapisan kulit mati dengan cepat.
  • Garam laut: bersifat antibakteri sehingga membantu mencegah jerawat.
  • Teh hijau: mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas.
  • Madu dan gula: bersifat antibakteri dan mengandung antioksidan.

Cara scrub badan yang benar

body scrub untuk mencerahkan kulit

Scrubbing badan tidaklah sulit, tetapi Anda perlu melakukannya dengan benar untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Mandilah dengan air bersuhu suam-suam kuku selama 5 – 10 menit hingga kulit terasa lebih kenyal dan lembut.
  2. Oleskan produk scrub pada kulit Anda. Mulailah dari kaki menuju ke atas untuk meningkatkan aliran darah.
  3. Gosokkan produk scrub dengan gerakan memutar. Sesuaikan tekanan dengan kenyamanan Anda; jangan menggosok terlalu pelan atau terlalu keras.
  4. Bilas seluruh permukaan kulit hingga tidak ada scrub yang tersisa.
  5. Keringkan badan dengan handuk yang lembut. Segera gunakan pelembap saat kulit masih setengah lembap.

Seberapa sering Anda perlu melakukan scrubbing?

cara membuat lulur sendiri di rumah

Dibandingkan kulit wajah, daya tahan kulit tubuh tergolong cukup kuat sehingga Anda bisa melakukan scrubbing lebih sering di seluruh badan. Bahkan para ahli kesehatan menyarankan untuk melakukan perawatan ini setidaknya 2 – 3 kali dalam seminggu.

Meski demikian, Anda tetap tidak boleh terlalu sering scrubbing bila Anda memiliki kulit sensitif. Anda pun tidak perlu menggosok tubuh terlalu keras agar sel kulit mati rontok. Cukup lakukan dengan lembut, tapi hasilnya bersih menyeluruh.

Jika Anda menggosok tubuh terlalu keras, Anda bisa secara tidak sengaja mengikis lapisan kulit yang masih sehat. Bila kulit berubah kemerahan (terjadi ruam kulit) atau terasa perih setelah scrubbing, itu tandanya Anda perlu mengurangi tekanan saat menggosok tubuh.

Scrubbing secara berlebihan malah akan membahayakan kulit dan menghilangkan manfaatnya. Menggunakan produk scrub yang salah, contohnya yang berbahan kimia keras atau memiliki butiran yang terlalu besar, juga dapat menimbulkan iritasi.

Baca petunjuk untuk menentukan seberapa sering produk scrub sebaiknya digunakan sehingga Anda terhindar dari efek negatif. Hindari menggosok scrub di dekat wajah, kulit yang baru terluka, maupun bagian kulit lainnya yang lebih sensitif.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ngantuk atau lemas habis makan adalah hal yang biasa. Lalu, bagaimana kalau Anda justru sakit kepala setelah makan? Cari tahu penyebabnya di sini, yuk.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Produk skincare antiaging fungsinya adalah mencegah penuaan dini. Namun, kalau baru pakai antiaging di usia 50 tahun ke atas, apa hasilnya akan sama?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit